Pemerintah Kategorikan KKB Papua Sebagai Kelompok Teroris

Mahfud MD mengumumkan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua sebagai teroris, Selasa (27/4/2021).


zoom-inlihat foto
Menkopolhukam-Mahfud-MD-terkait-pertemuan-Presiden-Joko-Widodo-dengan-Amien-Rais.jpg
Tribunnews/HO/Biro Pers Setpres/Rusman
Pemerintah melalui Menkopolhukam, Mahfud MD mengumumkan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua sebagai teroris, Selasa (27/4/2021).


TRIBUNNEWSWIKI.COM – Menteri Koordinator Politik, Hukum dan HAM (Menkopolhukam) Mahfud MD mengumumkan kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua sebagai teroris.

“Pemerintah menganggap bahwa organisasi dan prang-orang di Papua yang melakukan kekerasan masif dikategorikan sebagai teroris,” ujar Mahfud MD seperti dikutip dari tayangan KompasTV, Kamis (29/4/2021).

Keputusan tersebut diambil sesuai dengan Undang-Undang (UU) Nomor 5 Tahun 2018 tentang Perubahan atas UU Nomor 15 Tahun 2003 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti UU Nomor 1 Tahun 2002 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme menjadi UU.

Berdasarkan aturan tersebut, Mahfud MD menjelaskan bahwa mereka yang dikatakan teroris adalah siapapun yang merencanakan, menggerakkan dan mengorganisasikan terorisme.

 

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan HAM Mahfud MD saat menjadi Inspektur upacara Peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke-57 Tahun 2021 di Kemenkumham, Jakarta, Selasa (27/4/2021).
Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan HAM Mahfud MD saat menjadi Inspektur upacara Peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke-57 Tahun 2021 di Kemenkumham, Jakarta, Selasa (27/4/2021). (instagram.com/mohmahfudmd)

Sedangkan terorisme, ialah setiap perbuatan yang menggunakan kekerasan atau ancaman kekerasan yang menimbulkan suasana terror atau rasa takut secara meluas.

“Yang dapat menimbulkan korban secara masal, dan atau menimbulkan kerusakan atau kehancuran terhadap objek vital secara strategis terhadap lingkungan hidup, fasilitas publik atau fasilitas internasional dengan motif ideologi, politik, dan keamanan," kata Mahfud.

Mengacu dengan undang-undang tersebut, apa yang dilakukan KKB dan segala nama organisasinya, dan orang-orang yang berafiliasi dengannya adalah tindakan teroris.

“Untuk itu pemerintah sudah meminta kepada Polri, TNI, BIN dan apparat-aparat terkait untuk segera melakukan tindakan cepat, tegas dan terukur.

Terukur menurut hukum, yang berarti jangan sampai menyasar kepada masyarakat sipil,” ujarnya.

Dua rumah di Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, yang tengah terbakar. Kejadian tersebut dilakukan KKB yang telah berada di lokasi tersebut sejak 8 April 2021, Papua, Selasa (13/4/2021)
Dua rumah di Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, yang tengah terbakar. Kejadian tersebut dilakukan KKB yang telah berada di lokasi tersebut sejak 8 April 2021, Papua, Selasa (13/4/2021) (Dok Humas Polda Papua)




Halaman
12






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

  • Ramalan Zodiak Besok Selasa 27

    Berikut ini adalah ramalan zodiakmu untuk hari esok
  • Ramalan Zodiak Cinta Besok Selasa

    Berikut ramalan zodiak cinta besok Selasa 27 Juli
© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved