West Bandits Solo

West Bandits Solo adalah tim bola basket yang berasal dari Solo. Mereka menggunakan GOR Sritex Arena sebagai kandang.


zoom-inlihat foto
West-Bandits-Solo.jpg
Instagram/@westbandits
West Bandits Solo

West Bandits Solo adalah tim bola basket yang berasal dari Solo. Mereka menggunakan GOR Sritex Arena sebagai kandang.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - West Bandits Solo adalah tim bola basket yang berasal dari Solo.

Mereka menggunakan GOR Sritex Arena sebagai kandang.

Saat ini West Bandits Solo berkompetisi di IBL 2021 dengan seragam berwarna putih hitam.

Setelah sekian lama tak punya wakil di liga basket nasional, Kota Solo dalam waktu dekat bisa saja punya jagoan baru yang diperkuat oleh beberapa pemain nasional seperti Widyanta Putra Teja dan Mei Joni, serta pemain veteran yang sudah pensiun tiga tahun, Pringgo Regowo.

Kehadiran West Bandits Solo ini diharapkan oleh banyak pihak dapat membuat gairah olahraga basket di Kota Bengawan makin kuat.

 

  • Sejarah


Berawal di tahun 2018 sebagai hobi dan komunitas, 2 bersaudara bernama James Winson dan William Ongkowijaya mendirikan komunitas ini karena kecintaannya terhadap bola basket.

Komunitas ini diharapkan bisa menjadi wadah untuk mengembangkan bakat dan talenta bibit-bibit pemain basket.

Pada tahun 2019 mengikuti Piala Walikota Surabaya dan keluar sebagai juara.

Dari basket jalanan, lalu menjadi juara di divisi 1 KU 24-35 DKI Jakarta, dan pada September 2020 klub ini dipastikan akan mengikuti kompetisi tertinggi di tanah air yaitu Indonesian Basketball League (IBL) dan akan mewakili kota Solo, Jawa Tengah.

Rencana ini terealisasi setelah pada Rabu (5/8/2020), Persatuan Bola Basket (Perbasi) Solo menerima kedatangan klub West Bandits Jakarta.

Pada pertemuan itu terjalin kesepakatan bahwa klub ibu kota itu siap ber-home base di Kota Bengawan.

Tentunya, mereka akan langsung mengubah nama menjadi West Bandits Solo.

Pertemuan pekan lalu itu juga dihadiri klub-klub basket di Kota Solo, akademisi, KONI Kota Solo, Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Solo, hingga Pengprov Perbasi Jawa Tengah.

Dalam debutnya di ajang IBL, West Bandits Solo berhasil meraih kemenangan dengan skor 61-56 melawan Amartha Hangtuah Jakarta.

  • Perjalanan di IBL


Widy dan rekan-rekan kesulitan menang pada awal musim, mereka sempat diperkirakan tidak akan lolos playoff dengan rekor buruk, 1 menang-5 kalah.

Menurut Ebos (pelatih West Bandits), awal-awal kompetisi sangat sulit karena tim belum harmonis. Para pemain belum mengenal satu sama lain, ditambah lagi, skuad belum bisa menerjemahkan kemauan sang pelatih.

Sebab, Ebos baru direkrut sebagai pelatih pada sebulan sebelum liga dimulai.

”Sulit karena saya juga baru. Apalagi, tim ini, kan, dari semipro, pasti banyak yang harus diubah. Dari game plan, disiplin, sampai visi misi. Di sini, saya fokus pada komunikasi. Bagaimana kami menyatukan persepsi agar bisa satu arah. Sekarang, kami sudah mulai berada di jalan yang benar, hasilnya mulai terlihat,” ucap mantap pelatih Bima Perkasa itu.

Perubahan itu tampak jelas pada seri ketiga hingga sekarang. West Bandits bangkit dan memenangi 4 dari 5 laga. Rentetan itu membuat mereka melaju ke playoff. ”Kami bertahap memperbaiki hal-hal kecil. Utamanya bermain konsisten dari awal sampai akhir. Meskipun belum signifikan, ada naik dan turun. Mudah-mudahan ke depan bisa lebih konsisten,” ujarnya.

Di tengah waktu terbatas, kepemimpinan pemain dalam tim jadi faktor penting. Beruntungnya, West Bandits punya pemain veteran, seperti Pringgo, Fadlan Minallah, dan Merio Ferdiansyah. Mereka banyak membantu kapten tim, Widy, untuk membimbing pemain-pemain muda.

Pemain Satria Muda Britama Galank Gunawan (kiri) berusaha memasukkan bola dengan dihalangi pemain Dell Aspac, Pringgo Regowo, pada liga basket Speedy NBL Indonesia seri III di GOR Bimasakti, Malang, Sabtu (23/2/2013). Pringgo Regowo setelah pensiun kembali bermain di IBL musim 2021 bersama klub West Bandits Solo.

Ditambah lagi, performa Widy dan Pringgo sangat menjanjikan pada paruh kedua musim. Widy sangat konsisten sebagai pengatur serangan tim dengan sumbangan rata-rata 11,9 poin, 5,8 rebound, dan 6,1 asis. Pringgo yang baru kembali dari pensiun pada Desember juga jadi sosok penting dengan kontribusi 11 poin, 5,7 rebound, dan 1,3 asis.

Pringgo pernah merasakan gelar juara liga nasional (NBL) bersama Aspac Jakarta. Baginya, West Bandits punya skuad yang menjanjikan musim ini. Namun, mereka perlu satu atau dua pemain lagi serta waktu lebih untuk bisa bersaing juara.

”Tim bisa juara, kan, karena ada waktu, proses. Karena semua tidak bisa instan juga. Kami hanya berharap semakin ke sini semakin membaik. Chemistry tim perlahan mulai dapat. Sekarang fokus kami hanya ingin berkembang di setiap pertandingan,” ucap mantan Most Valuable Player NBL tersebut.

Juara atau tidak musim ini, perjalanan West Bandits sudah sangat menginspirasi. Mereka yang sebelumnya hanya komunitas jalanan bisa berbicara banyak karena keseriusan menatap kompetisi. Tim satu-satunya dari Kota Solo ini justru bisa melampaui tim yang sudah punya banyak pengalaman, seperti NSH dan Hangtuah.

Kehadiran mereka semestinya akan memacu tim-tim lama untuk berbenah musim depan. West Bandits membuktikan persaingan di liga sudah semakin berkualitas dan lebih merata. Juga, prestasi ini mungkin bisa menghadirkan tim-tim baru lagi ke depannya yang pasti akan mengakselerasi industri bola basket Tanah Air.

  • Pemain/Roster


Height  Shirt Number  Player Position

178 15 Andre Adrianno  SG

179  30 Cassiopeia Thomas Manuputty  PG

190  12 Fadlan Minallah  C

185  7 Fransisco Yogi Da Silva  SF

188  3 Habib Tito Aji  PF

188  17 Mei Joni  SF

180  2 Merio Ferdiansyah Sudrajat  SG

199  10 Moh Saroni  C

188  11 Moh Alan As'adi  SF

187  8 Patrick Nikolas  PF

190  6 Pringgo Regowo  PF

185 9 Rio Disi SG

170 24 Rioga Deswara PG

182 13 Rizki Akbar Maulana SF

180 71 Widyanta Putra Teja PG

(Tribunnewswiki.com/Khairul)



Nama West Bandits Solo
Homebase Sritex Arena, Solo
Alamat Jl. R.M. Said no. 59, Ketelan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah, 57132
   


Sumber :


1. kompas.com
2. iblskor.id
3. iblindonesia.com


Editor: Natalia Bulan Retno Palupi






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved