FC Porto

Futebol Clube do Porto atau FC Porto adalah klub sepak bola yang berasal dari Portugal.


zoom-inlihat foto
FC-Porto.jpg
Instagram/fcporto
FC Porto

Futebol Clube do Porto atau FC Porto adalah klub sepak bola yang berasal dari Portugal.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Futebol Clube do Porto adalah sebuah klub olahraga di Portugal yang paling dikenal lewat klub sepak bolanya.

Klub olahraga ini didirikan pada tahun 1893 oleh António Nicolau de Almeida di Porto.

Bersama dengan Sporting Lisboa dan Benfica, klub sepak bola Porto adalah tiga klub terbesar di Portugal.

Stadion klub sepak bolanya adalah Estádio do Dragão (sejak 2003, sebelumnya Estádio das Antas).

Porto telah dua kali menjuarai Liga Champions (pertama kali pada tahun 1987 dan kemudian pada tahun 2004 di bawah asuhan José Mourinho) dan sekali menjuarai Piala UEFA (2003).

Baca: Newcastle Jets FC

  • Sejarah


1893 - Ini adalah tahun di mana António Nicolau d'Almeida, seorang olahragawan dengan keunggulan dan pedagang anggur Porto yang baik, memulai proyeknya untuk memiliki klub sepak bola di kota.

Perjalanan António Nicolau d'Almeida ke Inggris berkontribusi besar pada hasratnya pada permainan dan keinginannya untuk membentuk grup untuk bermain.

Pada 25 Oktober, dia mengundang Club Lisbonense ke pertandingan sepak bola, yang akan diadakan pada 2 Maret 1894, di Campo Alegre, di Porto.

Club Lisbonense menang, 1-0, dengan Raja Carlos I dan Ratu Amélia hadir, bersaksi tentang pentingnya acara tersebut. Namun, di tahun-tahun berikutnya, klub memasuki masa aktivitas yang lebih sedikit.

1906 - Kegiatan FC Porto kembali berlangsung pada tahun 1906, ditangan José Monteiro da Costa, masuknya beberapa olahraga bersama sepak bola.

Dari debat di meja bundar, José Monteiro da Costa mengaktifkan kembali latihan sepak bola di klub, bahkan jika dia tidak bisa mengandalkan temannya António Nicolau d'Almeida, yang mengundurkan diri dari sepak bola.

José Monteiro da Costa memilih untuk mengecat FC Porto dengan warna biru dan putih, lalu warna bendera nasional, dan menyetujui lambang pertama: bola sepak biru dengan inisial FCP dengan warna putih.

1922 - Pada 18 Juni, FC Porto mengalahkan Sporting 3-1, di super final Kejuaraan Portugis, kompetisi nasional resmi pertama dalam sepak bola.

The Dragons dengan demikian menjadi juara Portugis pertama dalam sepak bola, pada tahun yang sama mereka mengadopsi lambang saat ini: pesepakbola Simplício, yang juga seorang seniman grafis, menggabungkan simbol waktu dengan lambang kota.

1935 - FC Porto memenangkan edisi pertama Liga (1934/35), berganti nama menjadi Kejuaraan Divisi Pertama Nasional pada tahun 1938. The Dragons memenangkan dua edisi pertama dengan nama baru (1938/39 dan 1939/40).

Tim tersebut kemudian dipimpin oleh Mihaly Siska, Pinga adalah salah satu bintang saat itu, yang hingga hari ini, pencetak gol terbanyak keempat Porto, di tingkat senior.

1952 - Pada tanggal 28 Mei, Estádio das Antas diresmikan, panggung yang penuh emosi selama lebih dari 50 tahun. Stadion ini diperbaiki selama bertahun-tahun, dengan penekanan pada pekerjaan untuk menurunkan lapangan, yang meningkatkan kapasitasnya, pada tahun 1986.

Pada tahun 1933, pembangunan stadion baru diusulkan di Sidang Umum, tetapi baru akan siap hampir 20 tahun kemudian, jadi tim biru putih harus bermain di lapangan pinjaman, jauh dari Campo da Constituição, yang merupakan warisan dari klub sampai hari ini.

1982 - Jorge Nuno Pinto da Costa terpilih sebagai ketua untuk pertama kalinya pada 17 April 1982, dan siklus baru dimulai untuk klub, yang penuh dengan prestasi. Pedroto kembali ke bangku cadangan biru dan putih lagi dan trofi pertama adalah Piala Super (Desember 1983) dan Piala Portugis (1984).

1987 - Pada 27 Mei, FC Porto memenangkan gelar sepak bola Eropa pertama berkat tumit Madjer, yang menghidupkan kembali harapan untuk gol kemenangan yang dicetak oleh Juary. Bayern Munich yang perkasa jatuh, 2-1, di Stadion Prater di Wina.

Pada bulan-bulan berikutnya, prestasi klub akan berkembang pesat dengan Piala Interkontinental di Tokyo, Jepang, melawan Peñarol (2-1, setelah perpanjangan waktu, gol yang dicetak oleh Gomes dan Madjer), dan Piala Super Eropa, melawan Ajax (1- 0 kemenangan di kedua leg, dengan gol yang dicetak oleh Rui Barros dan Sousa).

Baca: Stadion Signal Iduna Park


Modernitas membuat FC Porto, harus membuat stadion modern, yang lebih fungsional, nyaman, dan lebih sesuai dengan tuntutan sepak bola di level tertinggi, dalam keunggulan itu adalah konstanta dalam sejarah biru dan putih.

Kejuaraan Eropa 2004 menyebabkan FC Porto pindah dari Estádio das Antas ke Estádio do Dragão.

Dirancang oleh arsitek Manuel Salgado, terletak hanya beberapa ratus meter di jalan, mengambil peran, dengan menghormati masa lalu dan kebanggaan di masa sekarang, dari panggung ke prestasi biru dan putih.

Estádio do Dragão memiliki kapasitas untuk 50033 penonton dan memiliki keunggulan unik yang, didukung oleh kawasan hijau dan penataan kembali akses sekitarnya ke kompleks olahraga, perumahan, dan kawasan komersial, mengubahnya menjadi pusat baru Porto.

Stadion ini menjadi acuan dalam hal olahraga dan budaya di kota dan daerah.


22x Super Cup
17x Portugal Cup
29x Liga NOS
2x UEFA Europa League
2x Club World Cup
2x UEFA Champions League
1x European Super Cup
4xChampionship of Portugal

Baca: Phil Foden

  • Pemain FC Porto 2020/2021


1 Argentina GK Agustín Marchesín
3 Portugal DF Pepe (captain)
4 Portugal DF Diogo Leite
5 Spanyol DF Iván Marcano
6 Senegal MF Mamadou Loum
7 Kolombia MF Luis Díaz
8 Kolombia MF Mateus Uribe
9 Iran FW Mehdi Taremi
11 Mali FW Moussa Marega
12 Nigeria DF Zaidu Sanusi
14 Portugal GK Cláudio Ramos
15 Portugal MF Carraça
16 Serbia MF Marko Grujić (pinjaman dari Liverpool)
17 Meksiko MF Jesús Corona
18 Portugal DF Wilson Manafá
19 Demokratik KongoDF Chancel Mbemba
21 Portugal MF Romário Baró
23 Portugal FW João Mário
25 Brasil MF Otávio
27 Portugal MF Sérgio Oliveira
28 Brasil MF Felipe Anderson (pinjaman dari West Ham United)
29 Spanyol FW Toni Martínez
30 Brasil FW Evanilson
31 Guinea-Bissau DF Nanú
32 Prancis DF Malang Sarr (pinjaman dari Chelsea)
50 Portugal MF Fábio Vieira
71 Portugal GK Francisco Meixedo
85 Portugal FW Francisco Conceição
99 Portugal GK Diogo Costa

(Tribunnewswiki.com/Khairul)

 


Nama Klub FC Porto (Futebol Clube do Porto)
Lokasi Portugal
Tahun Didirikan 1893
Pendiri António Nicolau de Almeida
   


Sumber :


1. www.fcporto.pt
2. wikipedia.com


Editor: Archieva Prisyta






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved