Zhang Yixing (Lay EXO)

Zhang Yixing (张艺兴) atau lebih dikenal dengan nama panggung Lay (레이) adalah seorang penyanyi, rapper, penulis lagu, penari, dan aktor asal Tiongkok.


zoom-inlihat foto
Lay-EXO-Zhang-Yixing.jpg
instagram @layzhang
Lay EXO (Zhang Yixing)

Zhang Yixing (张艺兴) atau lebih dikenal dengan nama panggung Lay (레이) adalah seorang penyanyi, rapper, penulis lagu, penari, dan aktor asal Tiongkok.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Zhang Yixing (张艺兴) atau lebih dikenal dengan nama panggung Lay (레이) adalah seorang penyanyi, rapper, penulis lagu, penari, dan aktor asal Tiongkok.

Ia debut pada tahun 2012 sebagai anggota boy group Korea Selatan-Tiongkok, EXO berserta subunitnya EXO-M di bawah naungan SM Entertainment.

Pria yang lahir di Changsha, Hunan, 7 Oktober 1991 ini mulai dikenal setelah mengikuti ajang pencarian bakat Tiongkok, Star Academy pada tahun 2005.

Selain aktif dalam kegiatan bermusik, ia juga membintangi banyak drama dan film seperti Ex-Files 2 (2015), The Mystic Nine (2016), Kung Fu Yoga (2017), The Island (2018), dan The Golden Eyes (2019).

Pada tahun 2015, Lay Zhang mendirikan agensi pribadi yang beroperasi sebagai perusahaan manajemen dan label rekaman untuk menaungi kegiatan solonya.

Ia juga menerbitkan buku autobiografi pemecah rekor berjudul 'Standing Firm at 24' pada tahun yang sama.

Pada tahun 2016, Lay Zhang ditunjuk sebagai duta publisitas Liga Pemuda Komunis Tiongkok dari Changsha, menjadikannya sebagai selebriti pertama yang dipercaya menyandang gelar semacam ini.

Baca: EXO (Boyband)

Baca: Suho EXO (Kim Jun Myeon)

Zhang Yixing
Zhang Yixing (Instagram @zyxzjs)

Pada Oktober 2016, ia merilis album mini pertamanya yang bertajuk 'Lose Control' dan berhasil mendulang kesuksesan di pasaran Korea Selatan maupun Tiongkok.

Album ini berhasil menempati posisi nomor satu di Gaon Album Chart dan nomor empat di tangga World Albums Billboard.

Pada tahun 2016, Lay Zhang menduduki peringkat 23 dalam daftar Top 100 Selebriti Paling Bernilai versi perusahaan riset pasar Kantar dan majalah bisnis Tiongkok CBN Weekly.

Ia juga menduduki peringkat 20 dalam daftar Forbes China Celebrity 100 pada tahun 2017 dengan estimasi penghasilan sebesar 120 juta yuan dan berhasil menduduki peringkat 11 dan 5 pada tahun 2019 dan 2020.

  • Awal Karier


1998 - 2011: Pra-Debut

Pengalaman akting pertama Lay didapatkannya pada usia enam tahun saat ia berperan sebagai Huan Huan dalam drama televisi Tiongkok We The People pada tahun 1998.

Pada tahun 2000, saat berusia sembilan tahun, Lay Zhang berpartisipasi dalam sebuah acara televisi Tiongkok sebagai anggota klub penggemar penyanyi dan aktor asal Taiwan, Jimmy Lin

Ia merintis kariernya sebagai bintang cilik lokal setelah berhasil meraih juara ketiga dalam sebuah kompetisi yang diselenggarakan oleh acara televisi yang berbasis di Hunan, Star Academy, pada tahun 2005.

Ia juga pernah tampil di salah satu episode acara ragam Tiongkok Yue Ce Yue Xin Kai dan Na Ke Bu Yi Yang antara tahun 2005 dan 2006.

Pada tahun 2008, Lay Zhang mengikuti audisi global yang diadakan SM Entertainment di Changsha.

Saat mengikuti audisi tersebut, ia masih berusia 16 tahun dan sedang mengeyam pendidikan di sekolah menengah atas yang berafiliasi dengan Universitas Normal Hunan dan dikenal sebagai siswa berprestasi di sekolah tersebut.

Setelah lolos audisi, Lay pindah ke Korea Selatan untuk menjalani masa trainee.

Pada tahun 2011, sebelum debut bersama EXO, ia pernah bekerja dengan Shinee saat tur Shinee World sebagai dancer pengganti Jonghyun.

2012–2014: Debut bersama EXO

Zhang debut sebagai idola K-pop dengan nama panggung "Lay".

Ia pertama kali diperkenalkan ke publik bersama tiga anggota EXO asal Tiongkok lainnya dalam sebuah video teaser berjudul "Phoenix" pada Januari 2012.

Setelah single "What Is Love" dan "History" dirilis, ia bersama sebelas anggota lainnya menggelar showcase pra-debut mereka di Stadion Olimpiade Seoul pada 31 Maret 2012 sebelum menggelar showcase kedua dan konferensi pers di Aula Besar Universitas Bisnis dan Ekonomi Internasional Beijing.

EXO debut pada tanggal 8 April 2012 dengan single utama berjudul "Mama", dan penampilan perdana EXO-M di Tiongkok disiarkan di televisi pada acara penghargaan Yinyue Fengyun Bang ke-12.

Pada Desember 2012, Lay tergabung dalam proyek grup dance SM Entertainment, SM the Performance, bersama rekan satu grupnya Kai, dan rekan satu labelnya, Yunho, Eunhyuk, Donghae, Minho dan Taemin.

Pada tanggal 29 Desember, grup tersebut membawakan single mereka yang berjudul "Spectrum", yang dirilis pada keesokan harinya, di SBS Gayo Daejeon 2012.

Menyusul kesuksesan grupnya di pasaran, album studio pertama EXO yang bertajuk XOXO menjadi album pertama di Korea Selatan yang berhasil terjual lebih dari satu juta kopi dalam kurun waktu 12 tahun.

Album mini mereka, Overdose, yang dirilis pada tahun 2014 berhasil masuk dalam tangga Billboard 200.

Pada awal tahun 2014, Lay Zhang menciptakan dan membawakan lagu "I'm Lay" untuk penampilan solonya saat tur konser pertama EXO, The Lost Planet.

Kemudian pada tahun yang sama, ia membawakan lagu yang ia ciptakan sendiri berjudul "I'm Coming" pada program televisi spesial akhir tahun di Hunan TV.

Lay juga membuat lagu "Promise" yang dimuat dalam edisi rilisan ulang album studio kedua EXO, Love Me Right.

Ia juga menulis lirik bahasa Mandarin dari lagu tersebut, sedangkan lirik bahasa Koreanya ditulis oleh Chen dan Chanyeol.

Baca: Byun Baekhyun

Baca: Kai EXO

2014–2015: Solo Karier dan Awal Karier Akting

Pada Agustus 2014, Lay bergabung dengan acara ragam pertamanya, Star Chef sebagai anggota pemain.

Pada April 2015, SM Entertainment mengumumkan bahwa agensi pribadi telah didirikan untuk mengatur kegiatan solo Lay di Tiongkok.

Pada Mei 2015, ia tergabung menjadi anggota pemain tetap acara realitas Tiongkok Go Fighting!.

Ia juga membintangi musim kedua hingga keempat Go Fighting! dan membuatnya semakin dikenal di Tiongkok.

Pada tanggal 18 September, edisi terbatas buku autobiografi Lay yang berjudul Standing Firm at 24 diterbitkan, sementara edisi standarnya mulai tersedia pada tanggal 7 Oktober.

Buku tersebut berisi tentang berbagai peristiwa penting di sepanjang hidupnya dan berhasil memecahkan rekor penjualan daring dengan mengumpulkan 68.375 kopi penjualan dalam kurun waktu 24 menit pertama setelah penjualan dibuka.

Setelah mengumpulkan royalti sebesar 1,4 juta yuan dalam kurun waktu kurang dari tiga bulan setelah diterbitkan, ia menduduki peringkat 4 dalam Daftar Penulis Selebriti Tiongkok ke-10, menjadi selebriti termuda dalam daftar tersebut.

Ia juga merupakan pemenang Penjualan Buku Selebriti Tahunan edisi tahun 2015 dan juga pernah menempati posisi teratas di tangga Buku Terbaik Asia sebanyak dua kali pada tangga bulanan dan enam kali pada tangga mingguan.

Buku tersebut juga masuk dalam daftar Rakuten dengan 400.000 kopi penjualan dalam waktu enam bulan.

Pada November 2015, Lay memulai debut layar lebarnya dengan membintangi film komedi romantis Tiongkok, Ex-Files 2: The Backup Strikes Back, yang menjadi hit box office dan meraup 2 miliar penjualan dalam kurun waktu 10 hari setelah dirilis.

Ia kemudian memenangkan penghargaan untuk kategori Aktor Pendukung Terbaik di Festival Film Tiongkok Britania 2016 berkat penampilannya dalam film tersebut.

Ia juga menulis dan merekam lagu tema untuk film tersebut berjudul "Alone (One Person)", yang berhasil menempati posisi nomor satu di Tangga Musik Baidu dan kemudian memenangkan penghargaan Lagu Tema Film Terbaik di Top Chinese Music Awards ke-16 dan V-Chart Awards ke-4.

Lay juga membintangi film komedi Tiongkok berjudul Oh My God dan berduet dengan lawan mainnya Coco Jiang Wen dan Li Xiaolu dalam lagu tema berjudul "Happy Youth" yang menduduki posisi nomor delapan di Billboard V Chart.

Baca: Kim Jongdae (Chen EXO)

Baca: Jadi Artis Korea Pertama, Kai EXO Beri Alasan Pilih Aksen Beruang dalam Kolaborasinya bersama GUCCI

  • Diskografi


Chinese :

Album Studio

• Lay 02 Sheep (2017)

• Namanana (2018)

• Lit (2020)

• PRODUCER (2021)

Mini Album

• Lose Control (2016)

Album Spesial

• Winter Special Gift (2017)

• Honey (2019)

Single Digital

• "Monodrama" (2016)

• "What U Need?" (2016)

• "I'm Not Fine" (2019)

• "Good Night" (2019)

• "外婆" (2019)

• "Namanana (Remix)" (2020)

• "Jade" (2020)

• "Boom" (2020)

Single Kolaborasi

• "Sheep (Alan Walker Relift)" (2018)

English :

Album Studio

• Namanana (2018)

Single Digital

• "Give Me a Chance" (2018)

• "When It's Christmas" (2018)

Single Kolaborasi

• "Let's Shut Up & Dance" (with Jason Derulo & NCT 127) (2019)

Featuring

• Far East Movement - "Lovebird" (2019)

• Steve Aoki - "Love You More" (2020)

Baca: Dibully Warganet karena Plagiat MV Lay EXO, Young Lex Mengaku Dirinya Tak Perlu Minta Maaf

Baca: Xiumin EXO Akan Menyumbangkan Suaranya untuk OST Drama Mr. Queen, Usai Kembali dari Wajib Militer

(Tribunnewswiki/Septiarani)



Nama Asli Zhang Yixing
Nama Lahir Zhang Jiashuai
Tempat Lahir Changsha, Hunan, Tiongkok
Tanggal Lahir 07 Oktober 1991
Grup EXO
Posisi Grup Main Dancer, Vocalist, Rapper
Debut 8 April 2012 (EXO), 28 Oktober 2016 (Solois)
Agensi SM Entertainment (2012–sekarang), Zhang Yixing Studio (2015–sekarang)


Sumber :


1. id.wikipedia.org
2. kpop.fandom.com


Editor: Natalia Bulan Retno Palupi






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved