Profil Marzuki Alie, Dipecat Tak Hormat AHY, Kini Jabat Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat KLB

Sebelum mengikuti KLB, Marzuki dan enam kader Demokrat dipecat secara tidak hormat oleh Partai Demokrat pimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).


zoom-inlihat foto
marzuki-alie-1.jpg
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Marzuki Alie


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Inilah profil Marzuki Alie, ketua dewan pembina Partai Demokrat versi KLB yang dipecat tak hormat AHY.

Mantan Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Marzuki Alie ditetapkan sebagai Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat periode 2021-2025 versi kongres luar biasa (KLB) yang dilaksanakan oleh kubu kontra Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Deliserdang, Sumatera Utara pada Jumat (5/3/2021).

Penetapan tersebut dilakukan setelah Marzuki kalah suara dari Moeldoko yang ditetapkan sebagai Ketua Umum Partai Demokrat versi KLB.

Sebelum mengikuti KLB, Marzuki dan enam kader Demokrat dipecat secara tidak hormat oleh Partai Demokrat pimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Halt tersebut lantaran mereka dianggap terlibat dalam upaya pengambilalihan kepemimpinan partai.

Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra menjelaskan, Marzuki Alie terbukti melakukan pelanggaran etika partai.

Marzuki dianggap bersalah melakukan tingkah laku buruk dengan tindakan dan ucapannya secara terbuka di media massa mengenal kebencian serta permusuhan kepada Partai Demokrat.

Baca: Gatot Nurmantyo Ungkap Dirinya Diajak Gulingkan AHY dari Partai Demokrat, Begini Kisahnya

Jauh sebelum konflik internal Demokrat terjadi, Marzuki pernah menjabat posisi Sekretaris Jenderal Partai Demokrat periode 2005-2010 dari hasil Kongres I di Bali.

Sosok kelahiran Palembang, 6 November 1955 ini juga aktif menjadi anggota tim kampanye SBY-JK di tahun 2004 dan SBY-Budiono pada tahun 2009.

Mantan Ketua DPR RI, Marzuki Alie
Mantan Ketua DPR RI, Marzuki Alie (TRIBUNNEWS/HERUDIN)

Marzuki juga pernah dipercaya sebagai Wakil Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat periode 2013-2015.





Halaman
12






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved