Bahaya Darah Tinggi Sebagai Penyakit Penyerta Covid-19, Waspada 8 Gejalanya

Penderita penyakit penyerta Covid-19 seperti darah tinggi perlu ekstra waspada, karena berpotensi besar meningkatkan risiko kematian


zoom-inlihat foto
bahaya-darah-tinggi-sebagai-penyakit-penyerta-covid-19.jpg
SHUTTERSTOCK/Shine Nucha via Kompas.com
Ketahui Gejala dan Bahaya Darah Tinggi sebagai Penyakit Penyerta Covid-19


TRIBUNNEWSWIKI.COM  - Orang dengan penyakit penyerta (komorbid) adalah salah satu kelompok masyarakat yang sangat rentan terpapar virus corona.

Darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu penyakit penyerta Covid-19 yang paling banyak ditemukan pada pasien positif Covid-19.

Agar tak mengalami perburukan klinis sehingga meningkatkan risiko kematian, ada baiknya para penderita penyakit penyertra ini mengetahui dan waspada sejak awal.

 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pernah melaporkan terkait data penyakit penyerta.

Berdasar himpunan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 per tanggal 13 Oktober 2020, dari total kasus yang terkonfirmasi positif Covid-19, sebanyak 1.488 pasien tercatat memiliki penyakit penyerta.

Dari jumlah tersebut, 50,5 persen di antaranya mengidap penyakit hipertensi, kemudian diabetes 34,5, dan penyakit jantung 19,6 persen.

gejala darah tinggi
Ketahui Gejala dan Bahaya Darah Tinggi sebagai Penyakit Penyerta Covid-19

Sementara dari jumlah 1.488 kasus pasien meninggal, diketahui 13,2 persen di antaranya dengan hipertensi, 11,6 persen dengan diabetes, dan 7,7 persen dengan penyakit jantung.

Berdasarkan laporan penelitian yang diterbitkan dalam European Heart Journal pada 2020, orang yang menderita hipertensi bahkan disebut dua kali lipat lebih berisiko meninggal dunia akibat Covid-19.

Mengingat bahayanya, penting kiranya bagi siapa saja untuk dapat mewaspadai tekanan darah tinggi.

Mengenal beragam gejala hipertensi adalah salah satu cara yang bisa dilakukan sebagai upaya deteksi dini dan pengendalian penyakit ini.

Ke Halaman 2 ==>











KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved