Kudeta (Perebutan Kekuasaan)

Istilah kudeta berasal dari kata Coup d'etat dalam bahasa Prancis.


zoom-inlihat foto
myanmar-002.jpg
STR / AFP
Polisi menembakkan meriam air ke arah pengunjuk rasa saat mereka terus berdemonstrasi menentang kudeta militer 1 Februari di ibu kota Naypyidaw pada 9 Februari 2021.

Istilah kudeta berasal dari kata Coup d'etat dalam bahasa Prancis.




  • Pengertian


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Kudeta dipahami sebagai perebutan kekuasaan (pemerintahan) dengan paksa (menurut KBBI).

Kudeta berasal dari bahasa Prancis Coup d'etat atau coup.

Mengudeta berarti melakukan perebutan kekuasaan dengan paksa dan tidak secara sah.

Sementara itu, Encyclopaedia Britannica menyebut kudeta sebagai penggulingan pemerintahan yang ada secara tiba-tiba dan dengan kekerasan oleh sekelompok kecil orang.

Secara informal, istilah kudeta juga digunakan untuk merujuk kepada tindakan pengambilalihan bukan hanya dalam bidang pemerintahan, tetapi juga perusahaan.[1]

  • Perbedaan antara Kudeta dan Revolusi


Revolusi biasanya membutuhkan banyak orang untuk mengambil alih kekuasaan.

Revolusi dicapai oleh sejumlah besar orang untuk membuat perubahan sosial, ekonomi, dan politik.

Sementara itu, kudeta dapat dilakukan oleh segelintir orang. Bahkan, satu orang dapat memulai kudeta.

Para migran Myanmar di Thailand memprotes kudeta militer di negara asalnya, di depan gedung ESCAP Perserikatan Bangsa-Bangsa di Bangkok pada 21 Februari 2021.
Para migran Myanmar di Thailand memprotes kudeta militer di negara asalnya, di depan gedung ESCAP Perserikatan Bangsa-Bangsa di Bangkok pada 21 Februari 2021. (Lillian SUWANRUMPHA / AFP)

Contohnya adalah Idi Amin yang menguasai tentara dan melakukan Kudeta Uganda pada tahun 1971.

Kudeta adalah pergantian kekuasaan dari atas yang hanya menghasilkan pergantian tiba-tiba pejabat pemerintah yang terkemuka.

Kudeta jarang mengubah kebijakan sosial dan ekonomi fundamental suatu negara.

Selain itu, kudeta juga tidak secara signifikan mendistribusikan kembali kekuasaan di antara kelompok politik yang bersaing.[2]


Kudeta modern paling awal adalah yang dilakukan Napoleon untuk menggulingkan Direktori pada 9 November 1799 (18 Brumaire).

Saat itu Louis Napoleon membubarkan majelis Republik Kedua Prancis pada tahun 1851.

Di beberapa negara Amerika Latin, kudeta merupakan hal yang biasa terjadi pada abad ke-19 dan ke-20.

Pada sekitar tahun 1960, kudeta juga sering terjadi di Benua Afrika setelah negara-negara di sana memperoleh kemerdekaan.

Berikut contoh kudeta yang pernah terjadi.

1. Kudeta di Venezuela, 1992

Upaya kudeta pertama terjadi pada Februari 1992 yang dipimpin oleh Hugo Chavez dengan 'Movimiento Bolivariano Revolucionario' (MBR-200).

Sementara yang kedua terjadi pada 27 November dengan dipimpin oleh orang lain dalam upaya untuk menggulingkan Presiden Carlos Andres Perez saat itu, sementara Chavez dipenjara.

Kudeta kedua yang berhasil mengambil alih televisi yang dikelola pemerintah dan pangkalan udara utama.

Kudeta ini menyebabkan kematian 14 tentara dan melukai 50 tentara dan 80 warga sipil, sementara pihak pemerintah membalas dengan pembunuhan di luar hukum terhadap 40 orang dan penahanan sewenang-wenang.

Meskipun gagal dan menimbulkan banyak kontroversi, kudeta ini melontarkan Chavez ke posisi tertinggi di negara tersebut beberapa tahun kemudian.

2. Kudeta Georgia, 1992 - 1993

Konflik antaretnis dan intranasional antara Ossetia Selatan dan Abkhazia dari Perang Sipil Georgia yang terkenal juga melibatkan kudeta kekerasan dari 21 Desember 1991 hingga 6 Januari 1992.

Kudeta itu dilakukan untuk melawan Presiden Zviad Gamsakhurdia yang terpilih secara demokratis.

Pemberontakan berikutnya terjadi sebagai upaya sang presiden untuk mendapatkan kembali kekuatannya.

Hari-hari penuh pertempuran tersebut mengakibatkan kehancuran Jalan Rustaveli dan kematian 113 orang, tidak termasuk dampak-dampak lain dari perang saudara tersebut.

3. Kudeta Thailand, 2006

Pada 19 September 2006, Angkatan Darat Kerajaan Thailand melakukan kudeta terhadap Perdana Menteri Thaksin Shinawatra, yang merupakan awal dari perubahan pemerintahan non-konstitusional pertama dalam 15 tahun.

Tuduhan menyatakan bahwa Jenderal Prem Tinsulanonda berada di belakang kudeta dan bahwa perwira militer disuap 1,5 juta baht untuk berpartisipasi dalam komplotan itu.

Hal ini mengakibatkan militer membatalkan pemilihan yang akan datang, membatalkan Konstitusi, menyensor media, melarang semua jenis protes, dan deklarasi darurat militer secara nasional.

4. Kudeta Mali, 2012

Kudeta ini dimulai pada 21 Maret 2012 ketika tentara Mali yang memberontak, yang membentuk Komite Nasional untuk Pemulihan Demokrasi, tidak menerima cara Presiden Amadou Toumani Touré menangani pemberontakan Tuareg.

Mereka menyerang ibu kota Barnako, termasuk istana kepresidenan, barak militer, dan televisi yang dikelola pemerintah.

Pemberontakan Tuareg adalah serangkaian pemberontakan yang terjadi sejak 1916 ketika pemberontak Gerakan Nasional untuk Pembebasan Azawad berjuang untuk mendapatkan kemerdekaan bagi wilayah utara Mali.

Pemberontakan yang terjadi pada 2012 tersebut membuat 100.000 warga sipil terlantar, dan menewaskan hampir 15.000 tentara.[2]

(Tribunnewswiki/Tyo)



Istilah Kudeta
Bidang Politik, militer, dan kepemimpinan
   


Sumber :


1. www.kompas.com
2. www.tribunnews.com


Penulis: Febri Ady Prasetyo
Editor: Natalia Bulan Retno Palupi






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved