Indonesia Darurat Corona, Menteri Keuangan Minta Tambahan Anggaran Rp 76 Triliun, Ini Rinciannya

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan adanya indikasi kebutuhan mendesak untuk penanganan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi


zoom-inlihat foto
menteri-keuangan-sri-mulyani-indrawati-10.jpg
KOMPAS.COM/MUTIA FAUZIA
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Senin (24/2/2019).


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Indonesia darurat Corona, Sri Mulyani minta tambahan anggaran Rp 76 triliun.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan adanya indikasi kebutuhan mendesak untuk penanganan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional sebesar Rp 76,7 triliun.

“Tambahan kebutuhan mendesak sebab kenaikan jumlah Covid-19, yang sudah diputuskan Presiden,” ucapnya dilansir dari Antara, Kamis (27/1/2021).

Sri Mulyani merinci kebutuhan anggaran mendesak tersebut.

Yakni terdiri dari Rp 14,6 triliun untuk bidang kesehatan, meliputi insentif tenaga kesehatan penanganan pasien Covid-19 dan biaya perawatan pasien Covid-19.

Kemudian ada pula untuk santunan kematian tenaga kesehatan serta komunikasi publik untuk penanganan kesehatan dan program vaksinasi.

Selanjutnya untuk perlindungan sosial Rp 36,6 triliun terdiri dari tambahan program pra kerja, diskon listrik, bantuan kuota internet bagi pelajar dan pengajar, serta tambahan bansos tunai.

Anggran berikutnya yakni untuk dukungan UMKM dan dunia usaha Rp 25,5 triliun, yang terdiri atas subsidi bunga UMKM KUR, subsidi bunga UMKM non KUR, IJP UMKM, IJP korporasi, pembebasan rekening minimum dan abonemen listrik.

Kebijakan pendanaan tersebut akan dipenuhi melalui refocussing atau realokasi belanja K/L termasuk TKDD yang telah dilakukan pemerintah sesuai dengan arahan Presiden.

Arahan Presiden meliputi difokuskan pada belanja non-prioritas, penyesuaian pada belanja barang dan belanja modal non- operasional yang bakal diselesaikan pada Februari demi pelaksanaan pemulihan ekonomi dapat segera berjalan.





Halaman
12
Penulis: Putradi Pamungkas






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved