BMKG, Prakiraan Cuaca Seminggu ke Depan, 19-25 Januari 2021, Hujan Ringan hingga Lebat Mendominasi

Hujan berintensitas sedang hingga lebat diprakirakan terjadi di sebagian wilayah Aceh, Sumatera bagian selatan, Kalimantan bagian timur.


zoom-inlihat foto
ilustrasi-cuaca-akibat-la-nina-hujan-deras.jpg
The Straits Times
Ilustrasi cuaca akibat La Nina


TRIBUNNEWSWIKI.COM - BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) telah merilis prakiraan cuaca untuk prospek cuaca dalam seminggu kedepan.

Dalam website resminya, BMKG memprediksi keadaan cuaca dari setiap wilayah di Indonesia dalam periode 19-25 Januari 2021.

Dalam informasi teknis, BMKG menjelaskan adanya gelombang atmosfer Equatorial Rossby yang diperkirakan aktif di wilayah Sumatera bagian tengah dan selatan, sebagian Kalimantan Barat, serta sebagian besar Jawa, Bali dan NTB.

Sedangkan tipe gelombang atmosfer Kelvin diperkirakan aktif di sebagian besar wilayah Sumatera, Jawa Timur, Bali dan NTB.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) adalah Lembaga Pemerintah Non Departemen Indonesia yang bertugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika.
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) adalah Lembaga Pemerintah Non Departemen Indonesia yang bertugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika. (bmkg.go.id)

Tipe gelombang tropical low diperkirakan aktif di Aceh, Sumatera bagian Selatan, Kalimantan, Jawa, Bali, Nusa Tengaara, Sulawesi, Maluku, Maluku Utara dan Papua barat.

MJO terpantau berada di fase 4 9Maritime Continent) berkontribusi terhadap hujan harian di wilayah Indonesia dan diperkirakan dalam beberapa hari kedepan berada di sekitar kuadran 3 atau 4, namun melemah/ posisi netral.

Baca: BMKG - Prakiraan Cuaca Rabu 20 Januari 2021: Denpasar, Kupang, Banjarmasin Hujan Disertai Petir

Angin di lapisan barat bertiup dari Barat daya ke Barat laut dengan kecepatan berkisar antara 5-35 knot, pola sirkulasi siklonik dan atau vorteks diperkirakan akan terbentuk di wilayah Barat Daya Sumatera, Kalimantan, Selatan Jawa dan Selatan NTT.

Potensi hujan sedang sampai lebat akan mendominasi sebagian wilayah Sumatera bagian selatan, jawa, Bali, Nusa Tenggara, kalimantan Yimur, Kalimantan Utara, Sulawesi Selatan, Papua Barat dan Papua pada periode 19-25 Januari 2021.

BMKG juga menjelaskan, kondisi cuaca pada periode ini akan didominasi dengan kondisi berawan hingga hujan ringan di sebagian wilayah Sumatera, Jawa bag barat, Kalimantan bag barat, Sulawesi, Maluku dan Maluku utara.

Potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang akan berpotensi terjadi di sebagian wilayah Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Maluku utara, Papua dan Papua barat.

Hari ini dalam sejarah, 18 Maret 1925 terjadi bencana alam angin tornado yang melanda tiga negara bagian di Amerika Serikat.
Hari ini dalam sejarah, 18 Maret 1925 terjadi bencana alam angin tornado yang melanda tiga negara bagian di Amerika Serikat. (http://thegreat1925.weebly.com/2-the-tri-state-tornado.html)




Halaman
12






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved