Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Medan (STIKOM) Medan

STIKOM Medan adalah sebuah perguruan tinggi swasta di Provinsi Sumatra Utara.


zoom-inlihat foto
lambang-stikom-medan.jpg
STIKOM Medan
Lambang STIKOM Medan

STIKOM Medan adalah sebuah perguruan tinggi swasta di Provinsi Sumatra Utara.




  • Informasi awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Medan atau STIKOM Medan adalah sebuah perguruan tinggi swasta di Provinsi Sumatra Utara.

STIKOM Medan didirikan tanggal 2 Agustus 2002 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 151/D/O/2002.

Pada saat itu namanya Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Universa dan berada di bawah Yayasan Katholik Orthodox Indonesia di Medan.

Pada tahun 2003 sesuai dengan Akta Notaris No. 1/L/XII/2003 tanggal 03 Desember 2003 Yayasan Sahabat Iman Orthodox Indonesia/Khatolik Orthodox Indonesia menyerahkan pengelolaan STIK Universal kepada Yayasan AMIKOM Medan.

Pada tahun 2008 sesuai dengan SK. MENDIKNAS R.I. No. 33/D/O/2008 tertanggal 6 Maret 2008 nama Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Universal diubah menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Medan (STIKOM MEDAN).[1]

Baca: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Yogyakarta (STIKOM Yogyakarta)

  • Visi dan misi


Visi

Mewujudkan STIKOM Medan pada tahun 2023 menjadi lembaga pendidikan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan ilmu komputer yang unggul di tingkat nasional dan senantiasa mengikuti perubahan ICT dalam upaya menghasilkan lulusan yang berkepribadian, berintegritas, berwawasan gelobal dan profesional serta berjiwa kewirausahaan.

Misi

1. Mewujudkan STIKOM Medan menjadi pusat pendidikan keilmuan di bidang ilmu komputer dengan kualitas tertinggi yang relevan sesuai kebutuhan masyarakat masa kini dan mendatang dengan mengembangkan sistem penjaminan mutu pendidikan tinggi yang terstruktur dan berkesinambungan.

2. Mengupayakan penambahan program studi dibidang yang sesuai dengan kebutuhan pasar baik peningkatan strata maupun sejenisnya.

3. Mendorong pengembangan penelitian yang pemanfaatannya mudah diakses oleh segenap civitas akademik dan masyarakat pengguna.

4. Berpartisipasi aktif dalam masyarakat melalui penyimpanan sumber daya manusia yang berkhlak mulia dengan standar ilmiah dan etika tinggi dalam pembangunan bangsa dengan biaya terjangkau.

5. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan hasil-hasil penelitian untuk menyelesaikan masalah aktual di masyarakat.

6. Merancang dan menyelenggarakan dana pendidikan yang dapat bermanfaat bagi kebutuhan mutu pendidikan, pengembangan staf dan sarana pendidikan secara transparan.

7. Mengupayakan kegiatan-kegiatan seminar, workshop serta penelitian baik internal maupun external untuk kepentingan pengembangan institusi.

8. Menjalin hubungan kerjasama antar perguruan tinggi dan instansi lain baik di dalam maupun luar negeri dalam rangka mencapai kualitas yang unggul dan dapat bersaing secara nasional dan gelobal.[2]

Baca: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Muhammadiyah Jayapura (STIKOM Muhammadiyah Jayapura)

  • Tujuan


Tujuan

1. Mendidik tenaga ahli yang unggul dalam bidang ilmu komputer yang berkualitas, memiliki kecerdasan dan keterampilan, jujur, berbudi luhur, percaya pada diri sendiri, berkebangsaan dan cinta tanah air agar menjadi manusia Indonesia yang berjiwa Pancasila.

2. Menghasilkan lulusan yang bersifat terbuka, tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu dan teknologi maupun masalah yang dihadapi masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan bidang keahliannya.

3. Mendidik tenaga terampil yang unggul di bidang manajemen informatika dan ilmu komputer yang memiliki jiwa  disiplin, menguasai pengetahuan dan keahlian sehingga setelah menyelesaikan studinya mereka menjadi anggota masyerakat yang memiliki kemampuan profesional serta dapat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

4. Berperan serta dalam pembangunan pendidikan nasional dengan meningkatkan kesempatan belajar masyerakat untuk dididik menjadi anggota masyerakat yang memiliki kemampuan professional di bidang ilmu komputer dalam rangka ikut mencerdaskan kehidupan bangsa.

5. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui berbagai kegiatan tri dhama perguruan tinggi (Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyerakat) serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf hidup kehidupan masyerakat.

6. Menghasilkan wirausahawan yang mampu bekerja secara mandiri dan tangguh serta bermoral baik sehingga dapat membuka lapangan pekerjaan baru.

Baca: Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali

  • Program studi


S-1 SISTEM INFORMASI

S-1 TEKNIK INFORMATIKA

  • Lambang


Lambang

Lambang STIKOM Medan
Lambang STIKOM Medan (STIKOM Medan)

  • Kontak


Alamat: Jl. Jamin Ginting No.285, Kwala Bekala, Kec. Medan Johor, Kota Medan, Sumatera Utara 20131

Telepon: 082304397669

Laman: https://stikommedan.ac.id/

(Tribunnewswiki/Tyo)



Nama Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Medan (STIKOM) Medan
Berdiri 2002
Jenis Perguruan tinggi swasta
Lokasi Provinsi Sumatra Utara
   








KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved