Akademi Farmasi Prayoga Padang (AKFAR Prayoga)

Akademi Farmasi Prayoga Padang adalah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang terletak di Sumatera Barat dengan akreditasi institusi C.


zoom-inlihat foto
akfar-prayoga.jpg
akfarprayoga.ac.id
Akademi Farmasi Prayoga Padang

Akademi Farmasi Prayoga Padang adalah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang terletak di Sumatera Barat dengan akreditasi institusi C.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Akademi Farmasi Prayoga Padang atau AKFAR Prayoga adalah sebuah institusi pendidikan berbentuk Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang terletak di Kota Padang, Sumatera Barat.

Akademi Farmasi Prayoga Padang berdiri pada 5 Februari 2001.

Akademi Farmasi Prayoga Padang saat ini dipimpin oleh Direktur bernama Verawaty, S.Si., M.Farm., Apt.

Akademi Farmasi Prayoga Padang beralamat di Jl. Jend. Sudirman, No.50, Depan Kantor Gubernur, Jati Baru, Padang Timur, Jati Baru, Kec. Padang Tim., Kota Padang, Sumatera Barat 25129, Indonesia.

Akademi Farmasi Prayoga Padang di bawah naungan Yayasan Prayoga Padang.

  • Sejarah


Akademi Farmasi Prayoga merupakan konversi Sekolah Menengah Farmasi Prayoga yang telah berdiri pada tahun 1971 oleh P.L Suryo Prayogo S.X (alm), Prof. Syahriar Harun, Apt., dr. Gho Tjeng Oen (alm) dan Letkol Purnomo Sipur (alm).

Pada 5 Februari tahun 2001 sesuai dengan SK no HK.00.06.1.3.183 dari Menteri Kesehatan, maka Sekolah Menengah Farmasi Prayoga dikonversi menjadi Akademi Farmasi Prayoga.

Pada tanggal 22 Juli 2008 dengan SK alih bina program studi no. 149/D/O/2008 Akademi Farmasi Prayoga alih bina ke Direktorat Pendidikan Tinggi.

Menghadapi era globalisasi, adanya suatu Rencana Pengembangan Tenaga Farmasi yang menyeluruh sangatlah diperlukan. Di era globalisasi berarti terbukanya Negara-negara di dunia bagi produk-produk baik barang maupun jasa yag datang dari negara manapun dan mau tidak mau harus dihadapi.

Di bidang kesehatan, Indonesia mengupayakan dalam kepentingan perdagangan internasional jasa melalui WTO (World Trade Organization), CAFTA (China-ASEAN Free Trade Agreement), AFAS (ASEAN Framework Agreement on Service) dan perjanjian bilateral.

Berbagai studi menunjukkan bahwa tenaga yang mempunyai keahlian di bidang farmasi merupakan kunci utama dalam keberhasilan pencapaian tujuan pembangunan kesehatan.

Ahli Farmasi memberikan kontribusi hingga 60% dalam keberhasilan pembangunan kesehatan. Dalam laporan WHO tahun 2006  Indonesia termasuk salah satu dari 57 negara yang menghadapi krisis SDM kesehatan, baik jumlahnya yang kurang maupun distribusinya.

Guna mewujudkan kuantitas dan kualitas Sumber Daya Manusia sebagai pelaku pembangunan kesehatan, diperlukan program pendidikan yang berkualitas dan relevan, maka dalam rangka mewujudkan program pengadaan tenaga ahli farmasi yang berkualitas tersebut Yayasan Prayoga Padang mendirikan Akademi Farmasi Prayoga.

Baca: Akademi Farmasi Imam Bonjol Bukittinggi (AKFAR IB)

AKFAR Prayoga, Padang.
AKFAR Prayoga, Padang. (akfarprayoga.ac.id)

  • Visi dan Misi


Visi Akademi Farmasi Prayoga Padang :

Menjadi institusi yang mampu menghasilkan tenaga teknis kefarmasian yang cerdas holistik, peduli dan berkompeten dalam pelayanan kefarmasian, khususnya di Sumatera dan Jawa pada tahun 2025

Misi Akademi Farmasi Prayoga Padang :

1.    Menyiapkan mahasiswa dengan ilmu dan pelayanan di bidang kefarmasian agar mampu bersaing di Sumatera dan Jawa

2.    Mengembangkan kemampuan dalam bidang penelitian dan publikasi ilmiah

3.    Menyelenggarakan pengabdian masyarakat secara berkelanjutan, sehingga masyarakat memperoleh derajat kesehatan yang lebih baik

4.    Menyelenggarakan evaluasi secara berkelanjutan untuk meningkatkan mutu lulusan yang mampu bersaing di Sumatera dan Jawa

5.    Melengkapi sarana dan prasarana yang dibutuhkan sesuai dengan pengembangan ilmu kefarmasian

Tujuan Akademi Farmasi Prayoga Padang :

1.    Menghasilkan lulusan yang berakhlak mulia, berkualitas, berdaya saing tinggi dan siap pakai.

2.    Menghasilkan karya ilmiah yang dapat dimuat dalam jurnal ilmiah baik lokal maupun nasional yang dapat menyumbangkan pengetahuan kepada masyarakat.

3.    Menghasilkan kegiatan pengabdian yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

4.    Menghasilkan kerjasama yang berdampak nyata untuk pengembangan institusi terutama untuk peningkatan kualitas dosen dan mahasiswa.

5.    Menghasilkan mutu lulusan yang semakin kompeten dalam bidang pelayanan kesehatan

  • Program Studi


Berikut program studi di Akademi Farmasi Prayoga Padang :

Diploma (D3) :

Farmasi

  • Organisasi


Struktur organisasi Akademi Farmasi Prayoga Padang :

Pimpinan Akademi

Direktur : Verawaty, S.Si., M.Farm., Apt.

  • Kontak


Akademi Farmasi Prayoga Padang :

Jl. Jend. Sudirman, No.50, Depan Kantor Gubernur, Jati Baru, Padang Timur, Jati Baru, Kec. Padang Tim., Kota Padang, Sumatera Barat 25129, Indonesia

Telepon/Fax : 0751-34561

Email : info@akfarprayoga.ac.id

Informasi pendaftaran mahasiswa baru Akademi Farmasi Prayoga Padang

(Tribunnewswiki.com/Ris)



Nama Akademi Farmasi Prayoga Padang
Alamat Jl. Jend. Sudirman, No.50, Depan Kantor Gubernur, Jati Baru, Padang Timur, Jati Baru, Kec. Padang Tim., Kota Padang, Sumatera Barat 25129, Indonesia
Google Map google.co.id/maps/place/Akademi+Farmasi+Prayoga
Situs akfarprayoga.ac.id
Direktur Verawaty, S.Si., M.Farm., Apt.


Sumber :


1. akfarprayoga.ac.id


Penulis: Haris Chaebar
Editor: Natalia Bulan Retno Palupi






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

  • Sarankan Diet Rendah Kalori Tanpa

    Tips diet dari artis Tya Ariestya viral setelah
© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved