Akademi Farmasi Dwi Farma Bukittinggi (AKFAR Dwi Farma)

Akademi Farmasi Dwi Farma Bukittinggi adalah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang terletak di Sumatera Barat dengan akreditasi institusi C.


zoom-inlihat foto
akfar-dwi-farma.jpg
akfardwifarma.ac.id
Akademi Farmasi Dwi Farma Bukittinggi

Akademi Farmasi Dwi Farma Bukittinggi adalah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang terletak di Sumatera Barat dengan akreditasi institusi C.




  • Informasi Awal #


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Akademi Farmasi Dwi Farma Bukittinggi atau AKFAR Dwi Farma adalah sebuah institusi pendidikan berbentuk Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang terletak di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat.

Akademi Farmasi Dwi Farma Bukittinggi berdiri pada 2001.

Akademi Farmasi Dwi Farma Bukittinggi saat ini dipimpin oleh Direktur bernama Dra. Hj. ‘Ainun Naim, M.Farm., Apt.

Akademi Farmasi Dwi Farma Bukittinggi beralamat di Jl. Padat Karya, Campago Guguk Bulek, Kec. Mandiangin Koto Selayan, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat 26121, Indonesia.

Akademi Farmasi Dwi Farma Bukittinggi di bawah naungan Yayasan Dwi Farma.

  • Sejarah #


Akademi Farmasi Dwi Farma Bukittinggi adalah Akademi Farmasi pertama di Sumatera Barat yang didirikan pada tahun 2001 dengan Surat Keputusan No. 207/D/O/2001 tahun 2001 terhitung mulai tanggal 17 September 2001.

Pendirian Akademi Farmasi Dwi Farma Bukittinggi dilatarbelakangi oleh perkembangan ilmu-ilmu kefarmasian yang dibutuhkan dalam pembangunan Indonesia.

Pada awal kegiatanya, pendidikan mahasiswa dilakukan dengan merujuk Kurikulum Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan (Pusdiknakes) baik dalam hal Penerimaan Mahasiswa baru maupun dalam pelaksanaan kurikulum. Pertama kali berdiri Akademi Farmasi Dwi Farma Bukittinggi baru mempunyai 3 buah Laboratorium yaitu Laboratoium Resep, Laboratorium Kimia dan laboratorium Farmakognosi I.

Seiring dengan perkembangan, saat ini Akademi Farmasi Dwi Farma telah memiliki 8 buah laboratorium dengan peralatan yang sudah memadai dan penyelenggaraan program studi yang dilakukan memperoleh Akreditasi B dari Badan Akreditasi Depkes.

Untuk menghadapi tantangan global dan persaingan yang semakin ketat, Akademi Farmasi Dwi Farma Bukittinggi selalu berbenah diri, sehingga lulusan yang dihasilkan mampu bersaing di pasar kerja dan sesuai dengan kebutuhan stakeholders.

Saat ini, Akademi Farmasi Dwi Farma Bukittinggi sudah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Depdiknas.

Semangat dan motivasi yang kuat dalam menghadapi tantangan dan permasalahan kesehatan terutama kefarmasian di daerah Sumatara Barat dalam menghasilkan Sumber daya manusia yang terampil dan profesional,maka pada periode berikutnya, Akademi Farmasi Dwi Farma mengirim dosen dosen untuk melanjutkan Studi ke jenjang S2. Saat ini seluruh staff dosen sudah bergelar Magister.

Dalam  menuju perguruan tinggi yang sehat, maka dosen Akademi Farmasi Dwi Farma mulai mengikuti kompetisi dana hibah penelitian yang dilakukan oleh Dikti. Pada Tahap awal Tahun 2009 satu tim dosen mendapat hibah penelitian dosen muda dari Dikti. Dilanjutkan berturut turut tahun 2014 dan 2015.

Sebanyak 3 Tim dari Akademi Farmasi Dwi Farma dapat hibah penelitian desentralisasi dari Dikti. Selain itu, saat ini juga sudah banyak publikasi dosen pada jurnal-jurnal baik nasional ataupun internasional. Sejak Tahun 2015 sampai sekarang sudah banyak buku karya Dosen Akademi Farmasi Dwi Farma Bukittinggi yang diterbitkan dan digunakan oleh perguruan tinggi lain.

Baca: Akademi Farmasi Bumi Siliwangi (AKFAR Bumi Siliwangi)

Gedungf Akfar Dwi Farma Bukittinggi.
Gedungf Akfar Dwi Farma Bukittinggi. (infopmbindonesia)

  • Visi dan Misi #


Visi Akademi Farmasi Dwi Farma Bukittinggi :

Menjadi Akademi Farmasi terdepan di Sumatera Barat Tahun 2025 dalam menghasilkan Tenaga Teknis Kefarmasian untuk Pelaksana Pelayanan kefarmasian

Misi Akademi Farmasi Dwi Farma Bukittinggi :

1.    Menyelenggarakan pendidikan tenaga teknis Kefarmasian guna menghasilkan sumber daya manusia yang beriman, berakhlak mulia berkualitas dan siap pakai dalam bidang pelaksana pelayanan kefarmasian

2.    Melakukan penelitian dan menyebarluaskan hasil penelitian melalui proses pembelajaran yang berorientasi pada pemanfaatan bahan alam sebagai bahan baku obat untuk pelayanan kesehatan

3.    Melaksanakan pengabdian masyarakat dalam upaya membantu pemanfaatan tumbuhan obat sebagai bahan obat

4.    Mengadakan dan melengkapi sarana dan prasarana yang sesuai dengan perkembangan ilmu kefarmasian

Tujuan Akademi Farmasi Dwi Farma Bukittinggi :

1.    Menghasilkan Tenaga Teknis kefarmasian berkualitas yang mampu bekerja secara profesional, berdaya saing tinggi dan berwawasan global, serta memiliki karakter dalam mendukung pembangunan nasional terutama di bidang pelayanan kesehatan.

2.    Menghasilkan karya ilmiah terutama pemanfaatan tumbuhan sebagai bahan baku obat yang dimuat dalam jurnal lokal maupun nasional, yang dapat bermanfaat untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi

3.    Menghasilkan kegiatan pengabdian masyarakat terutama dalam bidang teknis kefarmasian yang manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

4.    Menghasilkan kerjasama-kerjasama yang berdampak nyata bagi pengembangan insitusi, serta peningkatan kualitas dosen dan mahasiswa.

  • Program Studi #


Berikut program studi di Akademi Farmasi Dwi Farma Bukittinggi :

Diploma (D3) :

Farmasi

  • Organisasi #


Pimpinan Akademi

Direktur : Dra. Hj. ‘Ainun Naim, M.Farm., Apt

  • Kontak #


Jl. Padat Karya, Campago Guguk Bulek, Kec. Mandiangin Koto Selayan, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat 26121, Indonesia

Telepon/Fax : (0 7 5 2) – 6 2 5 1 6 4

Email : akfardwifarma@ymail.com

Informasi pendaftaran mahasiswa baru Akademi Farmasi Dwi Farma Bukittinggi

(Tribunnewswiki.com/Ris)



Nama Akademi Farmasi Dwi Farma Bukittinggi
Alamat Jl. Padat Karya, Campago Guguk Bulek, Kec. Mandiangin Koto Selayan, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat 26121, Indonesia
Google Map google.co.id/maps/search/Akademi+Farmasi+Dwi+Farma+Bukittinggi
Situs akfardwifarma.ac.id
Direktur Dra. Hj. ‘Ainun Naim, M.Farm., Apt




KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2023 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved