Universitas Ottow Geissler Papua (UOGP)

Universitas Ottow Geissler Papua adalah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang terletak di Papua dengan akreditasi institusi C.


zoom-inlihat foto
universitas-ottow-geissler-papua.jpg
uogp.ac.id
Universitas Ottow Geissler Papua

Universitas Ottow Geissler Papua adalah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang terletak di Papua dengan akreditasi institusi C.




Informasi Awal

TRIBUNNEWSWIKI.COM - Universitas Ottow Geissler Papua atau AAK 17 Agustus 1945 Semarang adalah sebuah institusi pendidikan berbentuk Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang terletak di Kota Jayapura, Papua.

Universitas Ottow Geissler Papua berdiri pada 1981.

Universitas Ottow Geissler Papua saat ini dipimpin oleh Rektor bernama Dr. Jerry Sawai, M.Si.

Universitas Ottow Geissler Papua beralamat di Komp. Pendidikan Pristen, Kotaraja Dalam, Vim, Abepura, Kota Jayapura, Papua 99224, Indonesia.

Universitas Ottow Geissler Papua di bawah naungan Yayasan Ottow dan Geissler (YOG).

  • SejarahTiga Puluh tahun, akhirnya berdiri Universita Kristen di Papua


Pendirian Universitas Ottow dan Geissler Papua diawali dengan kesepakatan dari sejumlah tokoh Gereja Kristen Injili (GKI) di Tanah Papua tentang pentingnya mendirikan sebuah universitas Kristen di Tanah Papua.

Kemudian Badan Pengurus Yayasan Ottow dan Geissler (YOG) dibentuk dan mendirikan Akademi Pimpinan Perusahaan (APP) yang merupakan cikal bakal Universitas Kristen Ottow dan Geissler.

Dengan segala keterbatasan, kegiatan akademis APP berjalan sejak 1981. Satu semester 1981/1982, APP menggunakan bangunan SD dan SMP YPK Paulus Dok V Jayapura. Pada Hari ulang tahun GKI ke-25 yang jatuh pada tanggal 26 Okbober 1981 YOG mendapat izin operasional dari Pemerintah RI.  Saat itu diresmikan, YOG yang hanya memiliki satu program studi, yaitu Managemen Perusahaan untuk jenjang pendidikan Diploma (D3).

Saat itu APP dipimpin oleh Ottow Wospakrik (alm) yang menjabat sebagai Direktur, G.M. Satya wakil Direktur, Sri Raharjo (Alm) sebagai pembantu Direktur I, D.Asmuruf (alm) sebagi pembantu  Direktur  II , dan L.Samori (alm) pembantu Direktur III. Nama Ottow Geissler yang disandang oleh Universitas Ottow Geissler Papua adalah nama dua penginjil pertama yang masuk di Irian Jaya (Papua) tepatnya di Pulau Mansinam, teluk Doreh, Manokwari pada tanggal 5 Februari 1955.

Maksud menyandang dua nama rasul tersebut adalah selain mengenan rasul-rasul pertama tersebut, juga jiwa dan semangat kepeloporan dalam pembangunan dan perubahan yang telah dirintis oleh mereka, ingin dilanjutkan oleh generasi terdidik melalui lembaga Universitas Ottow Geissler Papua untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di Irian Jaya (Papua).

Sejak itu badan pengurus YOG secara resmi terdaftar ke Notaris Raden  Roro Nining Soektri,SH dengan Nomor : 349/P.N/70/PDT/1980 pada 5 Februari 1981. Nama  Ottow dan Geissler dipilih sebagai suatu penghargaan, sebab kedua orang tersebut dianggap sebagai rasul pertama yang membawa Injil masuk ke Tanah Papua di pulau Mansinam 5 Februari 1855 silam. GKI merupakan promotor utama yang dikelola oleh Yayasan Ottow dan Geissler di Tanah Papua.

Wacana untuk menjadikan Universitas Kristen di Papua terus dibicarakan. Namun perjalanannya STIE OG menuju Universitas tidaklah mudah, tantangan dan hambatan datang. Berkat semangat dan kerjasama dari manajemen Gereja maupun STIE yang terus menyatukan visi untuk mencapai STIE menjadi sebuah Universitas Kristen di Tanah Papua tidak terlepas dari dukungan pihak Gereja dan masyarakat.

Tim lalu mengadakan studi kelayakan untuk sepuluh program studi, rencana induk pengembangan, status universitas dan peraturan kepegawaian sejak itu mulai dipersiapkan, pada Maret 2010, Badan Pengurus YOG mengusulkan peningkatan status dari STIE menjadi universitas dengan menyerahkan dokumen usulan ke DIKTI.

Presentasi dilakukan di Hotel Treve Jakarta dengan harapan izin oprasional diperoleh. Harapan itu tidak terwujud karena masih ada persyaratan yang belum dipenuhi, seperti kelengkapan dokumen yang membutuhkan lebih banyak waktu, tenaga, dan juga biaya.

Baca: Akademi Farmasi Bhumi Husada Jakarta (AKFAR Bhumi Husada)

Fakultas Pertanian, Universitas Ottow Geissler Papua.
Fakultas Pertanian, Universitas Ottow Geissler Papua. (Blogspot/kabamapegaa)

Menjadikan UOGP sebagai wadah ilmiah yang memiliki  wawsan IPTEKS  dan daya kompetensi keilmuan untuk perbaikan mutu kehidupan manusia yang takut akan Tuhan dan berjiwa Pancasila.

Misi Universitas Ottow Geissler Papua :

1.    Kegiatan belajar mengajar yang bermutu

2.    Kegiatan penelitian untuk pengembangan ilmu pengetahuan.

3.    Kegiatan  pengabdian yang bermanfaat bagi masyarakat.

4.    Pengembangan minat dan bakat mahasiswa

5.    Pengembangan tata kehidupan kampus yang harmonis dan berkepribadian Indonesia di dalam  kampus  yang berwibawa.


Sarjana (S1) :

Manajemen

Ekonomi Pembangunan

Akuntansi

Biologi Sistim Informasi

Teknik Geologi

Agribisnis

Agroteknologi

Kehutanan

Manajemen Sumberdaya Perairan

Pasca Sarjana (S2) :

Manajemen


Pimpinan Universitas

Rektor : Dr. Jerry Sawai, M.Si

Wakil Rektor I : G.M. Satya, M.Sc., Ph.D

Wakil Rektor II : Dra. Hilda F Nahusona, M.M

Wakil Rektor III : Dian Dhamayanti, S.E., M.Si

  • KontakUniversitas Ottow Geissler Papua :


Komp. Pendidikan Pristen, Kotaraja Dalam, Vim, Abepura, Kota Jayapura, Papua 99224, Indonesia

Telepon/Fax : (0967) 581562

Email : uog-papua@uogp.ac.id  

Informasi pendaftaran mahasiswa baru Universitas Ottow Geissler Papua

(Tribunnewswiki.com/Ris)



Nama Universitas Ottow Geissler Papua
Alamat Komp. Pendidikan Pristen, Kotaraja Dalam, Vim, Abepura, Kota Jayapura, Papua 99224, Indonesia
Google Map google.co.id/maps/place/Universitas+Ottow+Geissler+Papua
Situs uogp.ac.id
Rektor Dr. Jerry Sawai, M.Si


Sumber :


1. uogp.ac.id


Penulis: Haris Chaebar






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

Tribun JualBeli
© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved