Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Rahmaniyah (STIER)

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Rahmaniyah adalah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang terletak di Sumatera Selatan dengan akreditasi institusi C.


zoom-inlihat foto
stier-logo.jpg
stier.ac.id
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Rahmaniyah

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Rahmaniyah adalah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang terletak di Sumatera Selatan dengan akreditasi institusi C.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Rahmaniyah atau STIER adalah sebuah institusi pendidikan berbentuk Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang terletak di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan.

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Rahmaniyah berdiri pada 2003.

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Rahmaniyah saat ini dipimpin oleh Ketua bernama Dr. Desi Ulpa Anggraini, S.E., M.M., M.Si.

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Rahmaniyah beralamat di Jl. Merdeka, Musi Banyuasin, Serasan Jaya Sekayu, Serasan Jaya, Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan 30711, Indonesia.

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Rahmaniyah di bawah naungan Yayasan Pendidikan Rahmany.

  • Sejarah


Pada tahun 1995 di Ciputat Jakarta telah berdiri suatu yayasan dengan nama Yayasan Pendidikan Rahmany. Yayasan ini merencanakan mendirikan Lembaga Pendidikan Menengah baik Agama maupun Umum di desa Bojong Sari Sawangan Bogor di atas tanah +4000 M2.

Setelah mendengar informasi bahwa di Sekayu Ibu kota Kabupaten Musi Banyuasin belum terdapat jenjang pendidikan tinggi sedangkan kabupaten lain yang usianya masih muda telah memiliki jenjang pendidikan tinggi, maka Ketua Yayasan lebih termotivasi mengalihkan rencana/program pembangunan pendidikannya di Sekayu.

Menindaklanjuti hal tersebut di atas, pada tanggal 16-17 April 1999 bertepatan dengan tanggal 29 Zulhijah 1419 H malam tanggal 1 Muharam 1420 H diadakan musyawarah keluarga di Palembang bertempat di kediaman Hj. Aisyah Rahman dengan tujuan untuk bermusyawarah tentang sejauhmana kebenaran informasi seperti tersebut di atas. Dalam pertemuan tersebut hadir:

1. Hj. Aisyah Rahman (Isteri Abdur Rahman Haruny almarhum)

2. Drs. H. M. Yusuf Harun (Adik kandung Almarhum, Ketua Yayasan Pendidikan Rahmany Jakarta)

3. Drs. M. Idris. AR (Anak kandung Almarhum)

4. Ny. Rosyidah Ibrahim (Anak kandung Almarhum)

5. Ahmad Rody. AR (Anak kandung Almarhum)

6. Su'aidy. AR., S. Sos (Anak kandung Almarhum)

Dari hasil musyawarah yang dilakukan bahwa peserta musyawarah setuju jika di Sekayu diselenggarakan Sekolah Tinggi.

Untuk merealisasikan rencana tersebut disepakati untuk mendirikan Yayasan Rahmany Sekayu melalui Akta Notaris Bapak Zainuddin, SH Nomor: 3/1999 tanggal 10 Mei 1999 dan terdaftar pada Kepanitraan Pengadilan Negeri Sekayu No: 48/1999 tanggal 14 Mei 1999.

Kata "Rahmany" dalam ungkapan Yayasan Rahmany berasal dari Bahasa Arab yang berarti Maha Pengasih. Oleh karena itu segala usaha yang diprogramkan dan dilaksanakan oleh Yayasan ini senantiasa didasari rasa kasih sayang dan keikhlasan serta dijiwai oleh semangat Islam.

Dari sisi lain kata "Rahmany" diambil dari nama kakak/orang tua dan guru kami yaitu Abdur Rahman Bin H. Muhammad Harun (Haruny). Huruf "Y" yang terdapat dalam kata Rahmany diantaranya berarti turunan.

Dengan menyebut nama beliau sebagai nama yayasan, pendiri yayasan bermaksud mengenang Almarhum dan jasajasanya kepada keluarga, juga dengan menyelenggarakan pendidikan di yayasan ini. Kiranya Allah SWT akan menempatkan yayasan dimaksud selaku amal jariyah Almarhum khususnya serta seluruh keluarga yang telah mendahuluinya.

Begitu pula harapan semua keluarga kiranya bagi siapa saja yang ikut berpartisipasi dalam usaha Yayasan ini semoga Allah SWT menerima amal mereka sebagai amal shaleh serta mendapat ganjaran yang berlipat ganda. Amin, ya Robbal 'Alamin.

Seperti telah disebutkan di atas bahwa keberadaan Yayasan ini merupakan wadah khusus penyelenggaraan jenjang pendidikan tinggi. Untuk merealisasikan program yang berada dalam wadah tersebut Yayasan Rahmany mengambil langkah-langkah:

Menghadap Bapak Ketua DPRD Tk. II MUBA untuk mendapatkan dukungan dan rekomendasi dengan diterbitkannya surat No: 642.3/583/DPRD/1999 tanggal 27 Mei 1999.

Menghadap Bapak Bupati untuk mendapat dukungan mohon rekomendasi dengan diterbitkannya surat No: 420/362/VII/1999 tanggal 21 Mei 1999.

Menghadap Ketua MUI Musi Banyuasin untuk mendapatdukungan dan bantuan pendirian Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Rahmaniyah Sekayu dengan diterbitkannya surat No: 016/MUIMUBA/VI/1999 tanggal 12 Juni 1999.

Menghadap Bapak Rektor UNSRI untuk mendapat dukungan dan bantuan dengan diterbitkannya surat No:338/RT/PT/II.I.I/G/1999 tanggal 3 Agustus 1999.

Menghadap Koordinator Kordinasi Perguruan Tinggi Swasta(KOPERTIS) Wilayah II untuk mendapat rekomendasi dengan terbitkannya surat No: 1990/002.2/KL.03.02/ 1999 tanggal 28 Agustus 1999.

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Rahmaniyah Sekayu mendapatkan Status Terdaftar (Izin Penyelenggaraan/Operasional) melalui SK. Mendikbud Nomor 153/D/O/1999 tanggal 9 September 1999.

Dengan landasan dan dukungan sebagaimana uraian di atas, Yayasan Rahmany memastikan diri untuk mengawali program besarnya di antaranya:

Pada Tahun Akademik 1999/2000 didirikanlah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Rahmaniyah (STIER) yang berlokasi di Sekayu Kota Randik jalan Merdeka No. 531 Kelurahan Serasan Jaya dan sebagai ketua sementara ditunjuk Bapak Drs. H. Madani Senen dan pada bulan Desember 1999 dikukuhkan sebagai ketua definitif dengan SK Yayasan No: 28/YRS/XI/1999 tanggal 4 Desember 1999. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Rahmaniyah Sekayu dengan status terdaftar melalui Surat Keputusan Mendikbud No. 153/D/O/1999 tanggal 9 September 1999. Pada tahun 2004, STIE Rahmaniyah Sekayu telah terakreditasi dengan:

SK. BAN-PT Depdiknas No. 045/BAN-PT/Ak-VIII/SI/X/2004 tanggal 26 Oktober 2004 tentang Hasil dan Peringkat Akreditasi Program Studi Untuk Program Sarjana (SI) di Perguruan Tinggi dengan peringkat B.

SK. BAN PT Nomor: 012/BAN-PT/Ak-IV/Dpl-III/XI/2004tanggal 8 November 2004 tentang Hasil dan Peringkat Akreditasi Program Studi untuk Program Diploma (DIII) di Perguruan Tinggi dengan peringkat B.

Pada Tahun Akademik 2000/2001 didirikanlah Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Rahmaniyah (STIHR) yang juga berlokasi di Kampus STIE Rahmaniyah. Sebagai Ketua sementara ditunjuk Bapak Abdullah Gofar, SH. M.H. dengan SK Yayasan No: 21/YRS/V/2000. Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Rahmaniyah Sekayu dengan status terdaftar dengan SK. Mendiknas No. 99/D/O/2000 tanggal 9 Juli 2000 dengan program studi S-I Ilmu Hukum.

Pada tahun 2004, STIH Rahmaniyah Sekayu telah terakreditasi dengan SK. BAN-PT Depdiknas No. 051/BANPT/Ak-VIII/SI/XI/2004 tanggal November 2004 tentang Hasil dan Peringkat Akreditasi Program Studi Untuk Program Sarjana (SI) di Perguruan Tinggi dengan peringkat C. Ketua STIH Rahmaniyah saat ini adalah Idil Viktor, S.H., M.H.

Pada tahun akademik 2002/2003 didirikan Sekolah Tinggi Agama Islam Rahmaniyah (STAIR) dengan ijin operasional SK. Menteri Agama RI No: D1.11/245/2003 yang juga berlokasi di Jalan Merdeka No. 531. Sebagai ketua ditunjuk Drs. H. Riduan Sakni, M.A. Saat ini ketua STAI Rahmaniyah Sekayu dijabat oleh Drs. H. Abd. Amri Siregar, M. Ag.

Pada tahun akademik 2006/2007 di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Rahmaniyah (STIER) dibuka program studi S-I Akuntansi dengan dikeluarkannya Surat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Nomor: 1900/D/T/2006 tanggal 9 Juni 2006 tentang Ijin Penyelenggaraan Program Studi S-I Akuntansi STIE Rahmaniyah Sekayu.

Program Studi S1 Akuntansi telah terakreditasi melalui Surat Keputusan BAN-PT Depdiknas Nomor : 013/BAN-PT/Ak-XV/SI/VI/2012 tentang Status, Nilai, Peringkat, dan Masa Berlaku Akdreditas Program Sarjana di Perguruan Tinggi.

Baca: Sekolah Tinggi Akuntansi dan Manajemen Indonesia Murni Sadar (STAMI Murni Sadar)

STIER
Gedung Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Rahmaniyah.

  • Visi dan Misi


Visi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Rahmaniyah :

Menjadi sekolah tinggi terbaik dan mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas di bidang ekonomi manajemen dan akuntansi, sehingga mampu bersaing di pasar kerja serta menjadi penggerak pembangunan serta pemberdayaan ekonomi masyarakat secara nasional pada tahun 2022.

Misi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Rahmaniyah :

·      Melaksanakan Tri Dharma PerguruanTinggi secara terpadu.

·      Menciptakan lingkungan kampus yang kondusif melalui berbagai program perkuliahan dan program kemahasiswaan yang dapat meningkatkan prestasi mahasiswa di bidang akademik maupun non akademik.

·      Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak yang berkepentingan guna meningkatkan daya serap lulusan, terutama stake holder serta berusaha menghasilkan lulusan untuk mandiri dan berjiwa enterpreneur sehingga dapat menciptakan lapangan pekerjaan yang baru dengan cara membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan praktek kewirausahaan.

  • Program Studi


Berikut program studi di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Rahmaniyah :

Sarjana (S1) :

Akuntansi

Manajemen

  • Organisasi


Struktur organisasi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Rahmaniyah :

Pimpinan Sekolah Tinggi

Ketua : Dr. Desi Ulpa Anggraini, S.E., M.M., M.Si.

Wakil Ketua I : Hj. Endang, S.E., M.M.

Wakil Ketua II : Rully Alamsyah, S.E., M.M.

Wakil Ketua III :Farida Aryani, S.E., M. Si.

  • Kontak


Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Rahmaniyah :

Jl. Merdeka, Musi Banyuasin, Serasan Jaya Sekayu, Serasan Jaya, Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan 30711, Indonesia

Telepon/Fax : 0714-3241894

Email : stier090999@gmail.com & admin@stier.ac.id

Informasi pendaftaran mahasiswa baru Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Rahmaniyah

(Tribunnewswiki.com/Ris)



Nama Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Rahmaniyah
Alamat Jl. Merdeka, Musi Banyuasin, Serasan Jaya Sekayu, Serasan Jaya, Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan 30711, Indonesia
Google Map google.com/maps/place/STIE+Rahmaniyah+Sekayu
Situs stier.ac.id
Ketua Dr. Desi Ulpa Anggraini, S.E., M.M., M.Si.








KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

  • Yan Bastian

    Yan Bastian merupakan pria berusia 62 tahun yang
  • Puasa Ayyamul Bidh Oktober 2021

    Puasa sunnah Ayyamul Bidh dapat dilaksanakan pada tanggal
  • Ramalan Zodiak Besok Selasa 19

    Berikut ini adalah ramalan zodiakmu untuk hari esok
© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved