Netizen China dan Korea Selatan Ribut soal Asal-Usul Kimchi, China Patenkan Pao Cai

Kementerian pertanian Korea Selatan pada hari Minggu merilis pernyataan yang mengatakan bahwa standar yang disetujui ISO tidak berlaku untuk Kimchi


zoom-inlihat foto
kimchi11.jpg
Pixabay.com
ILUSTRASI - China dan Korea Selatan ribut soal asal-usul kimchi


TRIBUNNEWSWIKI.COM – Keberhasilan China mematenkan makanan mereka yang bernama Pao Cai telah memicu reaksi keras dari netizen Korea Selatan.

Pao Cai sendiri merupakan makanan sejenis kimchi yang berasal dari Sichuan, China.

Reaksi keras warganet Negeri Ginseng itu bertambah setelah Global Times, media pemerintah China, melaporkan Pao Cai adalah standar acuan industri Kimchi di seluruh dunia.

Melansir Reuters, media Korea Selatan dengan cepat membantah klaim semacam itu dan menuduh tetangga meraka tengah mencoba menjadikan Kimchi sejenis Pao Cai sebagai buatan China.

Baca: Jelang Libur Natal dan Tahun Baru, Korea Selatan Larang Pesta Pergantian Tahun

Episode tersebut memicu kemarahan di media sosial Korea Selatan.

"Benar-benar omong kosong, sungguh pencuri yang mencuri budaya kita!" seorang netizen Korea Selatan menulis di Naver.com, portal web yang sangat populer.

“Saya membaca berita media bahwa China sekarang mengatakan Kimchi adalah milik mereka, dan bahwa mereka membuat standar internasional untuk itu, Ini tidak masuk akal. Saya khawatir mereka akan mencuri Hanbok dan konten budaya lainnya, bukan hanya Kimchi, ”kata Kim Seol-ha, 28 tahun di Seoul, seperti dikutip dari Reuters (1/12/2020).

Beberapa media Korea Selatan bahkan menggambarkan episode itu sebagai "upaya China untuk menguasai dunia", sementara beberapa komentar media sosial menandai kekhawatiran bahwa Beijing melakukan "pemaksaan ekonomi."

Baca: Terbukti Sebarkan Data Pengguna, PIPC Korea Selatan Jatuhi Denda Rp 85 Miliar Terhadap Facebook

Baca: 6 Rekomendasi Film Korea di Netflix untuk Akhir Pekanmu, My Paparotti hingga The Thieves

Di Weibo China yang mirip Twitter, netizen China mengklaim Kimchi sebagai hidangan tradisional negara mereka sendiri, karena sebagian besar Kimchi yang dikonsumsi di Korea Selatan dibuat di China.

"Nah, jika Anda tidak memenuhi standar, maka Anda bukan kimchi," tulis seseorang di Weibo. "Bahkan pelafalan kimchi berasal dari bahasa Cina, apa lagi yang bisa dikatakan," tulis yang lain.

Kementerian pertanian Korea Selatan pada hari Minggu merilis pernyataan yang mengatakan bahwa standar yang disetujui ISO tidak berlaku untuk Kimchi.

"Tidak pantas untuk melaporkan (tentang Pao Cai memenangkan ISO) tanpa membedakan Kimchi dari Pao Cai dari Sichuan di China," kata pernyataan itu.

Baca: Muncul 3 Kasus Baru Covid-19, Otoritas Wilayah di China Lakukan Tes Massal dan Penutupan Sekolah

Seperti K-pop , kimchi telah mendapatkan keuntungan dari gelombang Hallyu dalam budaya Korea dan sekarang memiliki banyak penggemar di luar Korea Selatan, di mana ia datang dalam lusinan varietas dan menyertai hampir setiap makanan.

Dikutip dari The Guardian, PBB bahkan telah setuju bahwa kimchi adalah bahasa Korea Selatan, dengan Unesco menambahkan kimjang - tindakan komunal membuat kimchi - ke dalam daftar warisan budaya takbenda pada tahun 2013.

Badan tersebut mengatakan pada saat itu bahwa kimjang “merupakan bagian penting dari makanan Korea, melampaui kelas dan perbedaan regional.

Praktik kolektif kimjang menegaskan kembali identitas Korea dan merupakan kesempatan bagus untuk memperkuat kerja sama keluarga.

(Tribunnewswiki.com/Ami Heppy)











KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved