Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Blora (STAIM Blora)

Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Blora adalah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang terletak di Jawa Tengah dengan akreditasi institusi C.


zoom-inlihat foto
staim-blora.jpg
staimuhblora.ac.id
Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Blora

Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Blora adalah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang terletak di Jawa Tengah dengan akreditasi institusi C.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Blora atau STAIM Blora adalah sebuah institusi pendidikan berbentuk Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Blora berdiri pada 10 Agustus 1987.

Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Blora saat ini dipimpin oleh Ketua bernama H. Sukisno, M.Pd.I.

Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Blora beralamat di Jl. Raya Cepu-Blora 4 No.Km, Palkembar, Seso, Jepon, Kabupaten Blora, Jawa Tengah 58261, Indonesia.

Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Blora di bawah naungan Perguruan Tinggi Muhammadiyah.

  • Sejarah


STAI Muhammadiyah Blora adalah salah satu perguruan tinggi swasta di Kabupten Blora dibawah Koordinator Kopertasi Wilayah X Jawa Tengah. STAIM Blora juga merupakan salah satu Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) di Jawa Tengah.

STAI Muhammadiyah Blora berdiri sejak tahun1987 dengan Surat Keputusan Koordinator Kopertais Wil X Jawa Tengah tanggal 10 Agustus 1987 No: 4/198 dengan nama Institut Agama Islam Muhammadiyah (IAIM). IAIM Blora membuka 2 fakultas, yaitu: Fakultas Tarbiyah Jurusan Pendidikan Agama Islam dan Fakultas Syari’ah Jurusan Peradilan Agama.

Selanjutnya karena dinamisasi institusi IAIM berubah menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Muhammadiyah Blora berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama Nomor: 63 tahun 1991 Tanggal 23 April 1991 dengan Jurusan Pendidikan Agama Islam. Berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Binbaga Islam, Nomor : E/332/1998 STIT Muhammadiyah Blora berubah menjadi STAI Muhammadiyah Blora dengan satu program studi Pendidikan Agama Islam. Secara kelembagaan telah terakreditasi dengan kriteria Baik SK BAN PT No. 2/SK/BAN-PT/Ak-PKP/PT/I/2020

Saat ini STAI Muhammadiyah Blora telah memiliki tanah seluas 7474 M2 di Jalan Raya Blora – Cepu Km. 4 Blora dan telah dibangun gedung perkantoran dan gedung perkuliahan. Sehingga saat ini STAI Muhammadiyah beralamat di Jalan Raya Blora – Cepu Km. 4 Blora. Memiliki Program Studi yang diselenggarakan sebanyak 3 program studi yaitu 1) Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), 2) Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dan 3) Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD).

STAI Muhammadiyah Blora mempunyai visi “MENJADI SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM YANG, UNGGUL DAN BERDAYA SAING DI TINGKAT NASIONAL PADA TAHUN 2030” dan selalu berproses dalam merealisasikan visi tersebut dengan menjalin kerjasama baik internal muhammadiyah maupun pihak eksternal.

Baca: Sekolah Tinggi Teknologi Muhammadiyah Cileungsi (STTM Cileungsi)

Gedung Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Blora.
Gedung Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Blora. (infoblora.com)

  • Visi dan Misi


Visi Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Blora :

“Menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Yang, Unggul Dan Berdaya Saing Di Tingkat Nasional Pada Tahun 2030”

Misi Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Blora :

·         Meningkatkan proses pendidikan dan pengajaran yang Islami, unggul dan berdaya saing, serta berorientasi pada pendalaman basis ilmu tarbiyah/pendidikan Islam yang terprogram dan terarah pada program studi yang diselenggarakan.

·         Meningkatkan pelaksanaan penelitian ilmiah yang memiliki keunggulan dan daya saing sebagai bagian integral dari pelaksanaan Catur Darma Perguruan Tinggi Muhammadiyah yang dipublikasikan pada jurnal ilmiah yang terakreditasi baik lokal maupun nasional.

·         Meningkatkan pelaksanaan berbagai bentuk dan pola pengabdian kepada masyarakat yang memiliki keunggulan dan daya saing, sehingga STAI Muhammadiyah Blora mampu meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di tengah masyarakat baik ditingkat lokal, regional, nasional dan internasional.

·         Menginternalisasikan nilai-nilai ajaran Islam dan tujuan Persyarikatan Muhammadiyah pada setiap pelaksanaan Catur Darma Perguruan Tinggi Muhammadiyah dengan pola keteladanan dan habituasi amal soleh yang harus dilakukan oleh segenap civitas akademika.

·         Membangun jejaring dan kerjasama dalam pelaksanaan Catur Darma Perguruan Tinggi yang berorientasi pada pengembangan Pendidikan Tinggi yang memiliki keunggulan dan daya saing.

Tujuan Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Blora :

·         Tercapainya lulusan sarjana pendidikan yang memiliki keunggulan dan berdaya saing pada tingkat lokal, regional dan nasional sesuai dengan kompetensi bidang ilmu yang diselenggarakan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Muhammadiyah Blora.

·         Tercapainya peningkatan kualitas dan kuantitas hasil penelitian ilmiah yang memiliki keunggulan dan berdaya saing serta memiliki kontribusi terhadap pengembangan ilmu pengetahuan, khususnya bidang tarbiyah/Pendidikan Islam yang diselenggarakan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Muhammadiyah Blora serta dipublikasikan dalam jurnal ilmiah terakreditasi ditingkat lokal dan nasional.

·         Tercapainya peningkatkan pola pengabdian pada masyarakat melalui kerja sama dengan seluruh stakeholder dan pengguna lulusan untuk meningkatkan keunggulan dan daya saing.

·         Tercapaianya internalisasi nilai-nilai ajaran Islam yang sesuai dengan tujuan persyarikatan pada setiap pelaksanaan catur darma perguruan tinggi dengan pola keteladanan dan habituasi amal soleh yang harus dilakukan oleh segenap civitas akademika.

·         Tercapainya pelaksanaan membangun jejaring dan kerjasama dalam pelaksanaan catur darma Perguruan Tinggi yang berorientasi pada pengembangan Perguruan/Pendidikan Tinggi yang memiliki keunggulan dan daya saing.

  • Program Studi


Berikut program studi di Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Blora :

Sarjana (S1) :

Pendidikan Agama Islam (PAI)

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)

Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)

  • Organisasi


Struktur organisasi Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Blora :

Pimpinan Sekolah Tinggi

Ketua : H. Sukisno, M.Pd.I

Wakil Ketua I : Widodo, M.Pd.

Wakil Ketua II : Rina Murtyaningsih, M.Pd.

  • Kontak


Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Blora :

Jl. Raya Cepu-Blora 4 No.Km, Palkembar, Seso, Jepon, Kabupaten Blora, Jawa Tengah 58261, Indonesia

Telepon/Fax : (0296) 5298724

Email : humas@staimuhblora.ac.id

Informasi pendaftaran mahasiswa baru Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Blora

(Tribunnewswiki.com/Ris)



Nama Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Blora
Alamat Jl. Raya Cepu-Blora 4 No.Km, Palkembar, Seso, Jepon, Kabupaten Blora, Jawa Tengah 58261, Indonesia
Google Map google.com/maps/place/STAI+Muhammadiyah+Blora
Situs staimuhblora.ac.id
Ketua H. Sukisno, M.Pd.I


Sumber :


1. staimuhblora.ac.id








KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

Tribun JualBeli
© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved