Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Sidrap (STIKES Muhammadiyah Sidrap)

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Sidrap adalah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang terletak di Sulawesi Selatan dengan akreditasi institusi C.


zoom-inlihat foto
stikes-muhammadiyah-sidrap-logo.jpg
stkmsidrap2009.ac.id
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Sidrap

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Sidrap adalah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang terletak di Sulawesi Selatan dengan akreditasi institusi C.




Informasi Awal

TRIBUNNEWSWIKI.COM - Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Sidrap atau STIKES Muhammadiyah Sidrap adalah sebuah institusi pendidikan berbentuk Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang terletak di Kabupaten Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan.

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Sidrap berdiri pada 16 September 2014.

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Sidrap saat ini dipimpin oleh Ketua bernama drg. H. Bambang Roesmono, MM.

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Sidrap beralamat di Jl. Syarif Al-Qadri No.11, Rijang Pitu, Maritengngae, Kabupaten Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan 91611, Indonesia.

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Sidrap di bawah naungan Perguruan Tinggi Muhammadiyah.

  • SejarahSekolah tinggi ilmu kesehatan STIKES Muhammadiyah Sidrap (STIKES Muhammadiyah Sidrap),selanjutnya disebut STIKES MUHAMMAIDYAH Sidrap adalah merupakan perguruan tinggi swasta milik Persyarikatan Muhammadiyah yang berkududukan di Jakarta.STIKES Muhammadiyah Sidrap dibentuk dan  didirikan pada tanggal 16 oktober 2009 dengan 2 (dua) program studi yakni program studi DIII Kebidanan dan Program studi S1 Ilmu keperawatan.hal ini sesuai dengan surat keputusan menteri Pendidikan Nasional Repoblik Indonesia No.175/D/O/2009 tentang pemberian izin penyelenggaraan program-program studi dan pendirian Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Muhammadiyah Sidrap diselenggarakan oleh pimpinan daerah Muhammadiyah  Sidenreng Rappang (Sidrap) di Rappang Sidrap.


Aisyiyah yang ada di Kabupaten Sidrap, Ibu Hj. Nurhaedah Mentong, berkeinginan mendirikan Sekolah Kesehatan di wilayah Kabupaten Sidrap, khususnya di kota Pangkajenne. Keinginan tersebut disampaikan kepada salah satu anak keponakan beliau Bapak Ishak Kenre, SKM.,M.Kes.Keduabelas dan Tokoh Muhammadiyah Kabupaten Sidrap lainnya di antaranya Bapak H. Abd. Rachman, L. yang langsung berupaya untuk mengurus pendirian Sekolah Kesehatan tersebut.

Beberapa kali dalam proses pengurusannya mengalami hambatan. Kemudian pada Tahun 2008 Bapak Ishak Kenre, SKM.,M.Kes. dan Bapak H. Abd. Rachman, L berbincang-bincang dengan Bapak Drg. Bambang Roesmonmo, MM. yang kebetulan baru saja menduduki jabatan sebagai Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Sidrap tentang keinginannya untuk mengembangkan Sekolah Kesehatan di daerah ini, yang akhirnya mengajaknya untuk ketemu dengan Ibu Hj. Nurhaedah Mentong sekaligus bersilaturahmi sebagai pejabat di Kabupaten Sidrap.

Bapak Drg. Bambang Roesmono, MM. sebelum menjabat di Kabupaten Sidrap, beliau menjabat Kepala Sekolah dan Direktur Akademi Pendidikan Tenaga Kesehatan di Makassar selama kurun waktu yang cukup lama, disamping itu beliau juga sebagai Dosen pada Pendidikan Tenaga Kesehatan tersebut.

Atas dasar pertemuan itu yang dilanjutkan dengan pertemuan-pertemuan bersama para Tokoh Muhammadiyah, baik di Masjid Taqwa Rappang maupun di Klinik Aisyiyah Pangkajene Sidrap, disepakati untuk didirikan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) bukan Sekolah Menengah Kesehatan (SMK).Dan hasil pertemuan itu juga ditunjuk Bapak drg. Bambang Roesmono, MM untuk mengurus proses berdirinya STIKES tersebut beserta Program Studinya yang ada di dalam Lembaga Perguruan Tinggi tersebut.

Dalam proses selanjutnya, yang berjuang bahu membahu tanpa kenal lelah agar proses berdirinya STIKES berjalan lancar dan baik. Lima (5) orang penggagas dan pendiri STIKES yang akhirnya dinamakan STIKES Muhammadiyah Sidrap dengan Program Studi Ilmu Kebidanan jenjang Diploma Tiga (D-3) dan Program Studi Ilmu Keperawatan jenjang Strata Satu (S-1), yakni : (a) Hj. Nurhaedah Mentong,sebagai Penggagas Utama dan Penyandang Dana; (b) drg. Bambang Roesmono, MM; (c) Ishak Kenre, SKM.,M.Kes; (d) Muhammad Tahir, SKM.,M.Kes; (e) Abd. Rahchman.

Perjuangan yang tak mengenal putus asa berbuah dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Mendiknas RI nomor : 175/D/O/2009 tanggal 16 Oktober 2009 Miladiyah Setelah 4 (empat) tahun menjalankan 2 program studi, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan kepercayaan menambah Program Studi Profesi Ners dengan SK Kemendikbud RI No. 374/E/O/2013 tanggal 10/09/2013.

Tahun 2015 kembali pemerintah memberikan kepercayaan untuk mengelola program studi dengan SK Menristekdikti RI Nomor 386/M/Kp/VI/2015 tentang Izin Penyelenggaraan Program Studi D3 Kesehatan Gigi jenjang Diploma Tiga, Prodi D3 Farmasi  jenjang Diploma Tiga di STIKES Muhammadiya h Sidrap  10 Juni 2015.

Pada Tahun 2019 kembali STIKES Muhammadiyah Sidrap dipercaya mengelola Program Studi D4 Terapi Gigi, Sarjana Administrasi kesehatan (S1) , Sarjana Farmasi (S1) dan terakhir Tahun 2020 Program Sarjana Kebidanan (S1) dan Program Pendidikan Profesi Bidan.

Dengan demikian STIKES Muhammadiyah Sidrap pada saat ini telah membina 10 Program Studi yaitu Kebidanan jenjang Diploma Tiga dan Jurusan Ilmu Keperawatan Jenjang Strata Satu (S-1) dan satu jurusan vokasi yakni Profesi Ners. Sedangkan 2 jurusan lainnya yakni Ilmu Farmasi jenjang  Diploma Tiga dan jurusan Ilmu Kesehatan Gigi jenjang Diploma Tiga.

Baca: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Muhammadiyah Jayapura (STIKOM Muhammadiyah Jayapura)

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Sidrap gung
Gedung Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Sidrap.

Menjadi Perguruan Tinggi Kesehatan Unggul, Islami, dan Berdaya Saing Nasional Tahun 2025

Misi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Sidrap :

1. Menyelenggarakan pendidikan yang unggul dan berkualitas dengan berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) berdasarkan nilai-nilai islam dan keprofesian.

2. Menyelenggarakan dan meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian atas dasar kemajuan IPTEKS di bidang kesehatan.

3. Menyelenggarakan dan meningkatkan kualitas dan kuantitas pengabdian kepada masyarakat atas dasar kemajuan IPTEKS.

4. Meningkatkan Tata Kelola Institusi Perguruan Tinggi STIKES Muhammadiyah Sidrap berdasarkan nilai-nilai Kemuhammadiyaan.


Diploma (D3) :

Bidan

Kesehatan Gigi

Farmasi

Diploma (D4) :

Terapi Gigi

Sarjana (S1) :

Kebidanan

Farmasi

Keperawatan

Administrasi Kesehatan

Profesi :

Ners

Bidan


Pimpinan Sekolah Tinggi

Ketua : drg. H. Bambang Roesmono, MM.

Wakil Ketua I : Ns. Hasrul S. Kep., M. Kes

Wakil Ketua II : Asnal Bebang, S. Pd., MM.

Wakil Ketua III : Kassaming sebagai SKM., M. Kes.

  • KontakSekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Sidrap :


Jl. Syarif Al-Qadri No.11, Rijang Pitu, Maritengngae, Kabupaten Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan 91611, Indonesia

Telepon/Fax : 0421-91366

Email : admin@stkmsidrap2009.ac.i

Informasi pendaftaran mahasiswa baru Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Sidrap

(Tribunnewswiki.com/Ris)



Nama Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Sidrap
Alamat Jl. Syarif Al-Qadri No.11, Rijang Pitu, Maritengngae, Kabupaten Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan 91611, Indonesia
Google Map google.com/maps/place/STIKES+Muhammadiyah+Sidrap
Situs stkmsidrap2009.ac.id
Ketua drg. H. Bambang Roesmono, MM.








KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2020 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved