Jokowi Pinjam Uang Rp 9,1 Triliun dari Jerman untuk Tangani Covid-19

Perjanjian pinjaman senilai 550 juta Euro telah ditandatangani secara terpisah.


zoom-inlihat foto
jokowi-ktt.jpg
Tribunnews/SIGID KURNIAWAN
Presiden Joko Widodo akan menjalani tes usap setelah Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo, terkonfirmasi positif terjangkit Covid-19 FOto: Presiden Joko Widodomenyampaikan pandangannya dalam KTT ASEAN ke-36 yang digelar secara virtual di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (26/6/2020).


TRIBUNNEWSWIKI.COM – Pemerintah Indonesia kembali menarik pinjaman ke negara lain.

Pemerintahan Jokowi periode kedua ini resmi mengikat pinjaman bilateral senilai 550 juta Euro atau setara Rp 9,1 triliun.

Hal ini ditandai dengan penandatanganan kesepakatan utang pemerintah Jerman lewat Kedutaan Besar Republik Federal Jerman.

Perjanjian itu ditandatangani secara terpisah di kantor Bank Pembangunan Jerman (KfW) di Frankurt, Jerman dan di Kementerian Keuangan, Jakarta.

"Perjanjian pinjaman senilai 550 juta Euro telah ditandatangani secara terpisah di kantor Bank Pembangunan Jerman KfW di Frankfurt dan di Kementerian Keuangan di Jakarta, menyesuaikan dengan kondisi pandemi," tulis Kedutaan Besar Jerman untuk Indonesia di akun Twitter resmi Kedutaan Besar Jerman untuk Indonesia dikutip Sabtu (21/11/2020).

Baca: Ekonom Sebut Presiden setelah Jokowi akan Memiliki Warisan Utang yang Cukup Besar

Sementara itu halaman Facebook akun resmi Kedutaan Besar Jerman, penarikan utang dari pemerintah Indonesia tersebut dilakukan dalam rangka program Covid-19 Active Response and Expenditure Support atau CARES.

Pemerintah Jerman lewat Kedutaan Besar Republik Federal Jerman mengumumkan penandatanganan kesepakatan utang senilai 550 juta Euro. Pemerintah Indonesia pun resmi mengikat pinjaman bilateral yang besarannya setara dengan Rp 9,1 triliun.
Pemerintah Jerman lewat Kedutaan Besar Republik Federal Jerman mengumumkan penandatanganan kesepakatan utang senilai 550 juta Euro. Pemerintah Indonesia pun resmi mengikat pinjaman bilateral yang besarannya setara dengan Rp 9,1 triliun. (Facebook/Kedutaan Besar Republik Federal Jerman)

Diketahui, program CARES merupakan prtogram penanganan virus corona dengan berbagai kegiatan.

Satu di antaranya seperti penyadiaan alat medis, peningkatan ekonomi, dan bantuan terarah untuk kelompok rentan.

Selain untuk penanganan Covid-19, utang baru dari Jerman tersebut digunakan pemerintah Indonesia untuk pembangunan rumah sakit pendidikan di Makassar dan Malang.

Lantaran adanya pandemi Covid-19, kesepakatan penandatanganan utang dilakukan lewat jarak jauh (virtual) baik di kantor KfW di Jerman maupun kantor Kementerian Keuangan di Jakarta.











KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2020 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved