Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah (STAI Al-Qudwah)

Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah adalah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang terletak di Jawa Timur dengan akreditasi institusi C.


zoom-inlihat foto
stai-al-qudwahlogo.jpg
staiq.ac.id
Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah

Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah adalah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang terletak di Jawa Timur dengan akreditasi institusi C.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah atau STAI Al-Qudwah adalah sebuah institusi pendidikan berbentuk Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang terletak di Kota Depok, Jawa Barat.

Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah berdiri pada 10 Mei 2005.

Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah saat ini dipimpin oleh Ketua bernama Dr. Nurhadi M.M., M.Pd.

Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah beralamat di Jl. Beringin, Margonda Raya No. 1 Kemiri Muka, Beji - Kota Depok, Jawa Barat 1642, Indonesia.

Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah berada di bawah naungan Yayasan Islam Al-Qudwah (YIQ).

  • Sejarah


Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al- Qudwah merupakan pendidikan tinggi di bawah naungan Yayasan Islam Al-Qudwah pada awalnya lahir dari sebuah latihan dan kegiatan olahraga sepak bola perpekan.

Lalu berkembang berkat ukhuwwah dan semangat yang tinggi, kemudian terbentuklah perkumpulan Remaja Masjid dalam sebuah Forum Silaturahim.

Dari sinilah lahir berbagai aktifitas kegiatan olahraga, studi agama, sosial, ekonomi, pendidikan, dan lain-lain.

Dari waktu itu kegiatan tersebut semakin berkembang pesat.

Sehingga dibutuhkan identitas sebuah yayasan sebagai sarana resmi yang mewadahi seluruh aktifitas tersebut.

Pertama kali di awal tahun 1990 diadakan rapat kerja (Raker) aktifitas remaja masjid se Depok I di SMP Pelita II Kp. Jemblongan Jl. Raya Swangan Depok, sekaligus penataran Al-Qur’an selama satu pekan. Hasil Raker tersebut melahirkan sebuah Yayasan yang bernama Yayasan Islam Al-Qudwah (YIQ), dengan Akta Notaris Buhari, S.H No. 19 tanggal 14 Mei 1990.

Program kegiatan yang pertama kali digulirkan pada tahun 1990 adalah les pivate Bahasa Arab, baca Al-Qur’an, toko buku dan busana muslimah, tabungan muslim mardhotillah (Tamusmar), dan Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Qudwah.

Kegiatan tersebut ditandai dengan semangat dan kegairahan keislaman yang tinggi sehingga menyemarakkan berbagai bentuk kegiatan agama seperti baca kitab, kegiatan bakti sosial, kegiatan ekonomi seperti bazar murah, dan kegiatan pendidikan seperti TPA, private, dan lain-lain. Kegiatan ini berpusat di kawasan Depok I atau kelurahan Depok Jaya.

Dua tahun kemudian tepatnya bulan Februari 1992 Forum Silaturahim yang sudah berubah menjadi Yayasan Islam Al-Qudwah (YIQ) mengembangkan kegiatannya berupa pendidikan dengan bergabungnya para alumni perguruan tinggi dalam dan luar negeri seperti UI, IISIP, UNAS, GUNADARMA, LIPIA, AL-AZHAR KAIRO, UNIV. ISLAM MADINAH, dan lain-lain.

Pada bulan September 1992 lahirlah IPPI (Institut Pendidikan dan Pengetahuan Islam Al-Qudwah) setingkat dengan Sekolah Tinggi atau Ma’had ‘Aly dengan program D3 (Non gelar) yang berlokasi di Jl. Margonda Raya, Gg. Ciliwung, Depok, dengan bangunan yang digunakan untuk proses pembelajaran masih dalam bentuk sewa.

Selang satu tahun kemudian pada bulan Janauri 1993 lokasi kegiatan belajar mengajar IPPI Al-Qudwah pindah ke gedung Yayasan Pendidikan Putra Bangsa (Yapenpusa) di Jl. Margonda Raya, Gg. Kedondong, Depok, dikarenakan habis masa kontaknya. Ditahun ini pula dibuka program S1 (non gelar) dengan sistem paket.

Walaupun lokasi kegiatan berpindah-pindah tetapi kegiatan pendidikan tetap terus berjalan, bahkanprogram kegiatan pendidikan berkembang menjadi tiga yaitu: Program Syari’ah, Program Dakwah, dan Program Bimbingan Studi Islam Praktis (BSIP) khusus Ibu-ibu rumah tangga dan remaja putri.

Kegiatan digedung Yapenpusa tidak berlangsung lama hanya satu tahun mengingat gedung tersebut akan dipergunakan kembali oleh Yapenpusa. Awal tahun 1994 kegiatan pendidikan di pindahkan ke lokasi miliki sendiri Komplek Pendidikan Islam Al-Qudwah yang beralamat di Jl. Margonda Raya, Gg. Beringin, Depok.

Kemudia pada tahun 1995 Komplek Pendidikan Yayasan Islam Al-Qudwah diresmikan oleh Wali Kota Depok sekaligus mewisuda angkatan pertama D3 (non gelar) dengan sertifikat lokal.

Mengingat kebutuhan masyarakat akan pendidikan semakin meningkat dan tuntutan profesionalisme semakin tinggi, maka Yayasan Islam Al-Qudwah dituntut melakukan penyesuaian.

Diantaranya dengan menjadikan programm D3 dan S1 IPPI ke jenjang resmi terdaftar di Kopertais dan pada awal tahun 1997 pengurus Yayasan Islam Al-Qudwah dan IPPI sepakat untuk meingkatkan status menjadi formal dan terdaftar di Departemen terkait, serta merubah nama menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah (STAIQ).

Kami semua berharap agar usaha ini terus berkembang sebagai lembaga pendidikan Islam yang dapat melahirkan generasi yang baik dan berkualitas.

Keberhasilan itu semua tidak mudah dicapai tanpa dukungan dan partisipasi masyarakat, para tokoh agama, aparat pemerintah, dunia usaha, dan lain-lain.

Oleh karenanya kami pengurus Yayasan Islam Al-Qudwah dalam sejarah singkat ini tetap teguh merintis dan mengembangkan berbagai aktifitas akademik serta program dakwah dan sosial Islam untuk ikut serta membangun ummat Islam pada umumnya dan masayarakat JABODETABEK pada khususnya.

Dan memohon dengan setulus-tulusnya agar memperoleh kemudahan sehingga dapat mewujudkan dengan baik dan dapat dinikmati bersama.

Baca: Sekolah Tinggi Agama Islam Madiun (STAI Madiun)

Civitas akademika STAI Al-Qudwah Depok.
Civitas akademika STAI Al-Qudwah Depok. (staiq.ac.id)

  • Program Studi


Berikut program studi di Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah :

Sarjana (S1) :

Manajemen Pendidikan Agama Islam

Hukum Ekonomi Islam

  • Organisasi


Struktur organisasi Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah :

Pimpinan Sekolah Tinggi

Ketua : Dr. Nurhadi M.M., M.Pd.

Puket I : Sobirin M.Pd.

Puket II : Kusnan Imran S.Ei., M.M.

Puket III : Sigit Suhandoyo S.EI., M.M.

  • Kontak


Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah :

Jl. Beringin, Margonda Raya No. 1 Kemiri Muka, Beji - Kota Depok, Jawa Barat 1642, Indonesia

Telepon/Fax : +62 898 58 30000

Email : info@staiq.ac.id

Informasi pendaftaran mahasiswa baru Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah

(Tribunnewswiki.com/Ris)



Nama Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah
Alamat Jl. Beringin, Margonda Raya No. 1 Kemiri Muka, Beji - Kota Depok, Jawa Barat 1642, Indonesia
Google Map google.com/maps/place/STAI+Al-Qudwah
Situs staiq.ac.id
Ketua Dr. Nurhadi M.M., M.Pd.


Sumber :


1. staiq.ac.id


Penulis: Haris Chaebar






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

  • Nadia Zerlinda

    Nadia Zerlinda merupakan penyanyi dan TikToker asal Indonesia
  • Luo Yun Xi

    Luo Yun Xi, lahir dengan nama Luo Yi,
  • Film Just Mom Rilis Poster

    Film 'Just Mom' garapan sutradara Jeihan Angga telah
  • Kim Ji Hyun

    Kim Ji Hyun adalah seorang aktris dan aktris
  • Guna Cegah Lonjakan Kasus Omicron

    Kasus Omicron di Indonesia kian bertambah sehingga IDI
© 2022 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved