Sekolah Tinggi Agama Islam Masjid Syuhada Yogyakarta (STAIMS Yogyakarta)

Sekolah Tinggi Agama Islam Masjid Syuhada Yogyakarta adalah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta dengan akreditasi institusi C.


zoom-inlihat foto
staims-yogyakartalogo.jpg
staimsyk.ac.id
Sekolah Tinggi Agama Islam Masjid Syuhada Yogyakarta

Sekolah Tinggi Agama Islam Masjid Syuhada Yogyakarta adalah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta dengan akreditasi institusi C.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Sekolah Tinggi Agama Islam Masjid Syuhada Yogyakarta atau STAIMS Yogyakarta adalah sebuah institusi pendidikan berbentuk Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang terletak di Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sekolah Tinggi Agama Islam Masjid Syuhada Yogyakarta berdiri pada 1 Januari 2000.

Sekolah Tinggi Agama Islam Masjid Syuhada Yogyakarta saat ini dipimpin oleh Ketua bernama Dr. Azis, S.Ag, M.A.

Sekolah Tinggi Agama Islam Masjid Syuhada Yogyakarta beralamat Jl. Prof. Muhammad Yamin, Pasar Atas, Pematang Kandis, Bangko, Kabupaten Merangin, Jambi 37313, Indonesia.

Sekolah Tinggi Agama Islam Masjid Syuhada Yogyakarta di bawah naungan Yayasan Masjid dan Asrama Syuhada (YASMA).

  • Sejarah


Latar belakang berdirinya STAIMS diawali dengan lembaga yang diberi nama Universitas Rakyat Pendidikan Tinggi Masjid Syuhada (UNRA PTMS), pada tahun 1961, yang saat itu adalah masa jayanya Partai Komunis Indonesia (PKI). Pada awalnya pendidikan berlangsung melalui kuliah-kuliah subuh yang berlangsung di Masjid Syuhada Yogyakarta. Setelah berjalan beberapa waktu, pelaksanaan pendidikan meningkat menjadi semi formal.

Tanggapan masyarakat cukup tinggi, terbukti dengan tidak tertampungnya peserta di ruang kuliah di Masjid Syuhada, sehingga mereka berada diluar ruang kampus Masjid Syuhada. Bagi pengelola kondisi tersebut merupakan kebanggaan sekaligus tantangan. Selanjutnya para pengelola mengajukan peningkatan status ke Departemen Agama.

Usulan untuk mendapatkan pengakuan dari pemerintah melalui Departemen Agama mendapatkan hasil dengan keluarnya Surat Keputusan Menteri Agama RI Nomor : 70/1968, tanggal 16 April 1968, pimpinan pada waktu mengajukan usulan itu dijabat oleh GBPH Prabuningrat. Kemudian tahun 1988 Institut Dakwah Masjid Syuhada berubah menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah Masjid Syuhada (STIDMS) dan mendapat status TERDAFTAR sesuai dengan SK Menteri Agama RI No. 219, tanggal 1 Desember 1988 dengan program Strata Satu (S1).

Proses selanjutnya dilakukan usulan untuk mendapatkan status DIAKUI dan memperoleh hasil dengan keluarnya SK Menteri Agama RI Nomor 171 Tahun 1991, tertanggal 6 Agustus 1991 dengan Jurusan Penerangan dan Penyiaran Agama (PPA), dengan pengembangan kampus di Jalan Pringgokusuman No 12 Yogyakarta.

Pada tahun 1996 Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah Masjid Syuhada (STIDMS) bermusyawarah dengan pengurus Yayasan Masjid dan Asrama (YASMA) Syuhada untuk menambah jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) dan merubah nama menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Masjid Syuhada (STAIMS).  

Baca: Sekolah Tinggi Agama Islam Syekh Maulana Qori Bangko (STAI SMQ Bangko)

STAIMS Yogyakarta
Gerbang utama STAIMS Yogyakarta.

  • Visi dan Misi


Visi Sekolah Tinggi Agama Islam Masjid Syuhada Yogyakarta :

“Unggul sebagai Pusat Pengembangan Pendidikan dan Dakwah Islam”

Misi Sekolah Tinggi Agama Islam Masjid Syuhada Yogyakarta :

  1. Menciptakan suasana akademik yang kondusif bagi peningkatan mutu perguruan tinggi dan kualitas kehidupan bermasyarakat.
  2. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang merefleksikan integrasi antara nilai ajaran islam dengan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pembinaan civitas akademik, hubungan dengan lingkungan, pembinaan kemahasiswaan dan kegiatan administrasi.

Tujuan Sekolah Tinggi Agama Islam Masjid Syuhada Yogyakarta :

  1. Menghasilkan produk insan intelektual yang bermanfaat dan terbangunnya potensi insani yang kuat, beriman, berilmu, dan beramal shaleh, berakhlak mulia dan menjadi suri tauladan dalam kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara.
  2. Mewujudkan kampus sebagai pusat pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang berbasis integrasi keilmuan.
  3. Menciptakan sistem manajemen, kepemimpinan, dan kelembagaan yang sehat serta terwujudnya tata ruang lingkungan, dan iklim kampus yang islami.
  4. Mewujudkan kerjasama dengan lembaga / instansi pemerintah / swasta.
  5. Membentuk insan muslim yang mampu melaksanakan amar makruf nahi mungkar dengan penuh hikman dan bijaksana.
  6. Membentuk insan muslim yang mampu berdiri sendiri sebagai pembaharu / mujaddid / inovator dan motivator yang berwawasan luas.
  7. Membentuk insan muslim yang mampu memberikan pelayanan pada masyarakat (Community service), baik secara langsung maupun tidak langsung.

  • Program Studi


Berikut program studi di Sekolah Tinggi Agama Islam Masjid Syuhada Yogyakarta :

Sarjana (S1) :

  • Pendidikan Agama Islam
  • Pendidikan Bahasa Arab

  • Organisasi


Struktur organisasi Sekolah Tinggi Agama Islam Masjid Syuhada Yogyakarta :

Pimpinan Sekolah Tinggi

Ketua : Dr. Azis, S.Ag, M.A

  • Kontak


Sekolah Tinggi Agama Islam Masjid Syuhada Yogyakarta :

Jl. Prof. Muhammad Yamin, Pasar Atas, Pematang Kandis, Bangko, Kabupaten Merangin, Jambi 37313, Indonesia

Telepon/Fax : (0274) 561189

E-mail : yasmasyuhada@gmail.com

Informasi pendaftaran mahasiswa baru Sekolah Tinggi Agama Islam Masjid Syuhada Yogyakarta

(Tribunnewswiki.com/Ris)



Nama Sekolah Tinggi Agama Islam Masjid Syuhada Yogyakarta
Alamat Jl. Prof. Muhammad Yamin, Pasar Atas, Pematang Kandis, Bangko, Kabupaten Merangin, Jambi 37313, Indonesia
Google Map google.com/maps/place/Sekolah+Tinggi+Agama+Islam+Masjid+Syuhada
Situs staimsyk.ac.id
Ketua Dr. Azis, S.Ag, M.A








KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2020 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved