Sekolah Tinggi Agama Islam Barumun Raya (STABR)

Sekolah Tinggi Agama Islam Barumun Raya adalah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang terletak di Sumatera Utara dengan akreditasi institusi C.


zoom-inlihat foto
stai-barumun-raya.jpg
stai-br.ac.id
Sekolah Tinggi Agama Islam Barumun Raya

Sekolah Tinggi Agama Islam Barumun Raya adalah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang terletak di Sumatera Utara dengan akreditasi institusi C.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai atau STABR adalah sebuah institusi pendidikan berbentuk Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang terletak di Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara.

Sekolah Tinggi Agama Islam Barumun Raya berdiri pada 4 September 2008.

Sekolah Tinggi Agama Islam Barumun Raya saat ini dipimpin oleh Rektor bernama H. Junda Harahap, LC., MA.

Sekolah Tinggi Agama Islam Barumun Raya beralamat di Jl. Kihajar Dewantara, Psr Sibuhuan, Barumun, Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara 22763 4, Indonesia.

Sekolah Tinggi Agama Islam Barumun Raya di bawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Syekh Mhd Dahlan Sibuhuan.

  • Sejarah


Pada tahun 2006 dimulailah persiapan pendirian perguruan tinggi di Pondok Pesantren Syekh Muhammad Dahlan Aek Hayuara Sibuhuan. Dibentuklah tim untuk menyusun proposal pendirian perguruan tinggi dan waktu itu yang diputuskan baru pendirian perguruan tinggi agama.

Tim dipimpin oleh Drs. H. Syafaruddin dibantu oleh beberapa ustaz Pondok Pesantren Syekh Muhammad Dahlan dan perguruan tingginya diberi nama Sekolah Tinggi Agama Islam Barumun Raya (STAIBR) Sibuhuan. Alasan utama pemberian nama Barumun Raya  pada waktu itu, karena lokasi perguruan tinggi ini berada di wilayah Barumun.

Penyusunan proposal pada waktu itu mengacu pada Keputusan  Menteri  Pendidikan Nasional Nomor  234 Tahun 2000 tentang  Pedoman  Pendirian  Perguruan Tinggi   Bab II  pasal 4 diuraikan bahwa persyaratan pendirian Perguruan Tinggi Agama meliputi rencana induk pengembangan, fakultas, jurusan, program studi dan kurikulum, tenaga kependidikan, analisis calon mahasiswa, analisis pendayagunaan out put/pemakai jasa lulusan, sumber pembiayaan, sarana dan prasarana, penyelenggara perguruan tinggi  dan rancangan statuta.

Setelah selesai proposal pendirian dibuat oleh tim, rencana pendirian ditunda sementara karena keluarnya surat keputusan Dirjen Pendidikan Islam Departemen Agama RI bahwa untuk pendirian perguruan tinggi baru ditunda untuk waktu yang tidak ditentukan dalam rangka untuk pembenahan internal perguruan tinggi yang bernaung di Departemen Agama RI. Baru pada awal tahun 2008 pendirian perguruan tinggi baru dibuka kembali.

Pada bulan Maret 2008 tim mengajukan proposal pendirian Sekolah Tinggi Agama Islam Barumun Raya (STAIBR) ke Dirjen Pendidikan Islam Departemen Agama RI. Sekitar bulan Juni 2008 tim assesor  dari Departemen Agama RI mengunjungi Pondok Pesantren Syekh Muhammad Dahlan untuk melaksanakan assesment sesuai dengan proposal yang diajukan.

Setelah melalui penelitian yang mendalam di Departemen Agama, maka keluarlah Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama Nomor: Dj.I/302/2008 tanggal 4 September 2008 tentang  dan  Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama Nomor: Dj.I/303/2008 tanggal 4 September 2008 tentang yang menetapkan bahwa program studi yang diizinkan untuk dibuka adalah Ahwal Al-Syakhsyiah dan Perbankan Syari’ah. Dengan keluarnya izin operasional tersebut, mulailah Sekolah Tinggi Agama Islam Barumun Raya (STAIBR) menerima mahasiswa baru tahun akademik 2008/2009.      

Perkembangan STAIBR sampai akhir 2018, sudah mengelola empat program studi yaitu Prodi Ahwal Al-Syakhsyiah, Perbankan Syari’ah, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD).

Baca: Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Garut (STAIM Garut)

Sidang Senat Terbuka di STAI Barumun Raya.
Sidang Senat Terbuka di STAI Barumun Raya. (stai-br.ac.id)

  • Visi dan Misi


Visi Sekolah Tinggi Agama Islam Barumun Raya :

“Menjadi pusat keunggulan yang menghasilkan sarjana Islam yang profesional, kompetitif dilandasi iman dan takwa di Propinsi Sumatera Utara tahun 2028”.

Misi Sekolah Tinggi Agama Islam Barumun Raya :

1. Menyelenggarakan Tata Kelola sekolah tinggi yang profesional dan akuntabel sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku;

2. Menyelenggarakan Pendidikan dan pembelajaran yang berstandar nasional melalui sistem pembelajaran yang bermutu;

3. Melaksanakan Penelitian berstandar nasional untuk menghasilkan ilmu pengetahuan teknologi, dan seni (IPTEKS) yang unggul;

4. Melaksanakan Pengabdian pada masyarakat yang berstandar nasional dalam menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan teknologi, dan seni (IPTEKS).

Tujuan Sekolah Tinggi Agama Islam Barumun Raya :

1. Terwujudnya managemen (tata kelola) organisasi STAIBR Sibuhuan yang profesional dan akuntabel;

2. Menghasilkan sarjana profesional, kompetitif, beriman dan takwa yang unggul serta lulus tepat waktu;

3. Menghasilkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (IPTEKS) dalam bidang penelitian sebagai sumber informasi yang aktual;

4. Menghasilkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (IPTEKS) dalam bidang pengabdian masyarakat yang berguna pada peningkatan kualitas hidup masyarakat.

  • Program Studi


Berikut program studi di Sekolah Tinggi Agama Islam Barumun Raya :

Sarjana (S1) :

  • Perbankan Syariah
  • Ahwal Al-Syakhshiyyah
  • Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
  • Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

  • Organisasi


Struktur organisasi Sekolah Tinggi Agama Islam Barumun Raya :

Pimpinan Sekolah Tinggi

Ketua : H. Junda Harahap, Lc., MA

Wakil Ketua I : H. Tolentino, MM

Wakil Ketua II : H. Fazrin Usman Hasibuan, M.Pd.i

Wakil Ketua III : Ismael Nasution, Lc, M.TH

  • Kontak


Sekolah Tinggi Agama Islam Barumun Raya :

Jl. Kihajar Dewantara, Psr Sibuhuan, Barumun, Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara 22763 4, Indonesia

Telepon/Fax : (0636) 421052

E-mail : humas@stai-br.ac.id

Informasi pendaftaran mahasiswa baru Sekolah Tinggi Agama Islam Barumun Raya

(Tribunnewswiki.com/Ris)



Nama Sekolah Tinggi Agama Islam Barumun Raya
Alamat Jl. Kihajar Dewantara, Psr Sibuhuan, Barumun, Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara 22763 4, Indonesia
Google Map google.com/maps/place/STAIBR+Sibuhuan+Kampus+I
Situs stai-br.ac.id
Ketua H. Junda Harahap, Lc., MA








KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2020 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved