Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai (IAIM Sinjai)

Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai adalah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang terletak di Sulawesi Selatan dengan akreditasi institusi C.


zoom-inlihat foto
iaim-sinjailogo.jpg
iaimsinjai.ac.id
Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai

Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai adalah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang terletak di Sulawesi Selatan dengan akreditasi institusi C.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai atau IAIM Sinjai adalah sebuah institusi pendidikan berbentuk Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang terletak di Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan.

Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai berdiri pada 1967.

Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai saat ini dipimpin oleh Rektor bernama Dr. Firdaus, M. Ag.

Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai beralamat di Jl. Sultan Hasanudin No.20, Balangnipa, Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan 92614, Indonesia.

Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai di bawah naungan Yayasan Perguruan Tinggi Muhammadiyah.

  • Sejarah


Sekolah Tinggi Muhammadiyah Sinjai sejak tahun 1967 dibawah kepemimpinan bapak Muhammad Syurkati Said mulai memasuki bidang Amal Usaha di Lapangan Perguruan Tinggi dengan membuka FIP (Fakultas Ilmu Pendidikan) cabang dari Unismuh Makassar dan berhasil mendidik sampai Sarjana Muda dengan Gelar BA kepada beberapa praktisi pendidikan di Kabupaten Sinjai pada saat itu.

Namun mereka hanya melaksanakan perkuliahan di gedung tua milik Muhammadiyah sendiri yang dibangun pada tahun 1935. Sampai hari ini, bangunan tersebut dapat difungsikan dan telah direnovasi tahun 2012. Sarjana-sarjana tersebut sebagian besar melanjutkan pendidikan sampai menyandang sarjana lengkap (Drs).  sehingga dapat berkelayakan sebagaimana istilah sekarang.

Karena peraturan dan perundang-undangan menghendaki ketika itu bahwa mahasiswa harus mengikuti ujian di Makassar dan tidak dibenarkan lagi ada Perguruan Tinggi yang berstatus cabang/kelas jauh maka FIB Unismuh Makassar cabang Sinjai dilebur ke induknya akibat adanya aturan itu.

Dengan demikian maka guru dan alumni SLTA yang berminat melanjutkan pendidikan atau ingin menambah ilmunya mengalami kesulitan,beberapa tahun kemudian Muhammadiyah Bone dan Bulukumba membuka/mendirikan STIKPMuhammadiyah, sehingga para pendidik (guru) yang berminat untuk menambah tingkat pendidikannya memilih antara STIKP. Muhammadiyah Bone atau STIKP Muhammadiyah Bulukumba dan Makassar.

Muhammadiyah Sinjai memahami kondisi itu, maka pengurus berusaha kembali untuk membuka perkuliahan dan yang berhasil dibuka adalah Fakultas Tarbiyah Unismuh Makassar cabang Sinjai pada tahun 1974, dua tahun kemudian pada tahun 1976 baru memperoleh Izin Operasional status terdaftar dari Menteri Agama RI dengan surat keputusan Nomor: Kep/D.5110/1976 tanggal 15 April 1976, jurusan pendidikan Agama Islam Program Sarjana Muda.

Pada tahun 1986, Rektor Unismuh Makassar memberikan kesempatan untuk berdiri sendiri sehingga kesempatan itu dipergunakan dengan baik oleh Muhammadiyah Sinjai dengan merubah nama dari Fakultas Tarbiyah Unismuh Makassar cabang Sinjai menjadi Institut Ilmu Tarbiyah (STIT) Muhammadiyah Sinjai, jurusan Pendidikan Agama Islam program sarjana strata satu (S1) dan telah berdiri sendiri dan memperoleh Izin  Operasional Menteri Agama RI. Status terdaftar dengan surat Keputusan Nomor: 61/1990 tanggal 25 April 1990.

Pada tahun 1995, karena tuntutan dan peraturan pemerintah dalam hal ini Departemen Agama RI bahwa semua perguruan tinggi di bawah naungan Departemen Agama RI harus menyesuaikan diri dengan peraturan itu.sehingga INSTITUT ILMU TARBIYAH (STIT) Muhammadiyah sinjai berubah nama menjadi SEKOLAH TINGGIAGAMA ISLAM” (STAI) Muhammadiyah sinjai dengan menambah jurusan lagi, sehingga STAI Muhammadiyah Sinjai pada saat itu memiliki 2(dua) Program Studi strata satu (S1) yaitu: 1) Pendidikan Agama Islam (PAI)dan 2) Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI).STAIM beralih status menjadi Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai berdasarkan SK Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 6722 Tahun 2015 tanggal 24 November 2015, yang berkedudukan di Sinjai Propinsi Sulawesi Selatan, didirikan untuk batas waktu yang tidak ditentukan.

Sesuai dengan surat Keputusan Menteri Agama RI Nomor 226/1995 tanggal 16 juni 1995 tentang perubahan nama dan izin Operasional pembukaan jurusan serta pemberian status terdaftar kedua jurusan yang dimiliki tersebut.

Periodisasi kepemimpinan mulai dari tahun 1974 sampai sekarang adalah Salam Basyah SH tahun 1974-1976, Drs. H. M. Amir said tahun 1976-1982,  Drs. H. Zainuddin Fatbang tahun 1982-1983, Drs. H. Amir Said tahun 1983-1986,  Drs. A. Muh Nur Parolai tahun 1986-2004,  Drs. A. Mucthar Mappatoba, M.Pd tahun 2005-2010, Muh. Judrah, S.Ag, M.Pd.I tahun 2010-2014, dan Dr.Firdaus, M.Ag tahun 2014-2018. Pada tahun 2015 Sekolah Tinggi Agama Islam muhammadiyah Sinjai menjadi Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjaidan rector pertama adalah Dr. Firdaus, M.Ag, masa jabatan 2016-2020.

Baca: Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Garut (STAIM Garut)

Gedung IAIM Sinjai.
Gedung IAIM Sinjai. (garudacitizen.com)

  • Visi dan Misi


Visi Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai :

Visi Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai adalah “Islami, Progresif dan Kompetitif”

Misi Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai :

  1. Menyelenggarakan Caturdarma perguruan tinggi berlandaskan nilai-nilai Islam.
  2. Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berdaya saing.  
  3. Menghasilkan lulusan yang inovatif dan kreatif.
  4. Mengembangkan jaringan kerjasama dengan berbagai institusi regional, nasional maupun internasional.

Tujuan Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai :

  1. Meningkatkan kualitas civitas akademika InstitutAgama Islam Muhammadiyah Sinjai.
  2. Meningkatkan kompetensi lulusan melalui program-program akademik yang strategisdan komprehensif.
  3. Meningkatkan manajemen pendidikan tinggi yang menghasilkan lulusan berkepribadian islam, berkualitas, berakhlak mulia, dan memiliki kemampuan akademik, profesional, terampil dan inovatif serta mampu mengembangkan dan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  4. Meningkatkan program penelitian dan pengabdian untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  5. Meningkatkan kehidupan akademik yang dilandasi nilai-nilai budaya bangsa dan jati diri persyarikatan muhammadiyah dalam upaya menciptakan masyarakat progresif.
  6. Meningkatkan proses pembelajaran yang inovatif dan kondusif serta mendorong terwujudnya interaksi akademik yang bertanggung jawab, santun dan bermoral.
  7. Mendorong mahasiswa untuk selalu pro-aktif dalam kegiatan akademik melalui proses pembelajaranyang interaktif,  inovatif, dinamis dan mampu menjadi pembelajar sepanjang hayat dalam upaya peningkatan kompetensinya.

  • Program Studi


Berikut program studi di Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai :

Sarjana (S1) :

  • Pendidikan Agama Islam
  • Pendidikan Bahasa Arab
  • Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
  • Tadris Bahasa Inggris
  • Tadris Matematika
  • Ekonomi Syariah
  • Perbankan Syariah
  • Hukum Pidana Islam
  • Bimbingan Penyuluhan Islam
  • Komunikasi dan Penyiaran Islam
  • Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir

  • Organisasi


Struktur organisasi Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai :

Pimpinan Sekolah Tinggi

Ketua : Dr. Firdaus, M. Ag

  • Kontak


Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai :

Jl. Sultan Hasanudin No.20, Balangnipa, Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan 92614, Indonesia

Telepon/Fax : (0482) 21418

E-mail : info@iaim-sinjai.ac.id

Informasi pendaftaran mahasiswa baru Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai

(Tribunnewswiki.com/Ris)



Nama Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai
Alamat Jl. Sultan Hasanudin No.20, Balangnipa, Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan 92614, Indonesia
Google Map google.com/maps/place/Institut+Agama+Islam+Muhammadiyah+Sinjai
Situs iaimsinjai.ac.id
Ketua Dr. Firdaus, M. Ag








KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2020 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved