STISIP Imam Bonjol

Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Imam Bonjol adalah sebuah PTS di Sumatra Barat.


zoom-inlihat foto
stsip-imam-bonjol.jpg
Eventkampus.com
Lambang STSIP Imam Bonjol

Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Imam Bonjol adalah sebuah PTS di Sumatra Barat.




  • Informasi awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Imam Bonjol Padang adalah sebuah perguruan tingi swasta (PTS) di Sumatra Barat

PTS ini berada d ibawah naungan Yayasan Imam Bonjol Padang.

Pada mulanya Yayasan ini menaungi 1. Fakultas Tarbiyah, 2. Fakultas Syari’ah, 3. Fakultas Adab, Fakultas Usuludin, 5. Fakultas Teknik dengan 2 Jurusan yaitu Sipil dan Arsitektur, 6.Fakultas Sosial dan Politik. Keenam fakultas tergabung dalam Satu Universitas, bernama universitas Imam Bonjol.

Pimpinan Universitas Imam Bonjol langsung dipegang oleh Drs. H. Azhari. Pada akhirnya 4 Fakultas Agama Islam tersebut diatas dinegerikan menjadi IAIN Imam Bonjol sedangkan Fakultas Teknik menggabungkan diri dengan Universitas Bung Hatta sehingga yang tetap dalam Universitas Imam Bonjol hanya Fakultas Sosial Politik saja.

Adapun Fakultas Sosial Politik yang didirikan pada tanggal 5 Juli 1962 dengan status terdaftar di Direktorat Perguruan Tinggi Swasta Departemen Pendidikan dan Kebudayaan mengalami berkali-kali perubahan terdaftar antara lain:

  • Terdaftar No. 129/B-SWT/P/1962
  • Terdaftar No. 39/DPT/B/1976
  • Terdaftar No. 392/ DPT/B/1976

Sampai dengan tingkat Sarjana Lengkap, setelah melasanakan bekali-kali Ujian Sarjana Muda dan Sarjana Lengkap, pada tahun 1973 kegiatan status terdaftar diatas dicabut dengan SK Menteri P dan K RI No.0168/ 0/1973.

Baca: Universitas Islam 45 Bekasi (UNISMA Bekasi)

Oleh karena Universitas dibubarkan dan diganti dengan Sekolah Tinggi.

Kemudian, dengan Kopertis wilayah I Medan pada tahun 1975 diadakan perubahan nama menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Imam Bonjol Padang. Status terdaftar No. 29 tahun 1975 diganti dengan status tedaftar No. 08 tahun 1980 kemudian diganti lagi dengan status terdaftar  No. 018/0/1981.

Selanjutnya, diubah lagi dengan Surat Keputusan  Mendikbud No.0607/0/1984 tanggal 29 Nopember 1984 untuk Jurusan Ilmu Administrasi.

Dengan adanya penyesuaian jalur jenjang program pendidikan serta penataan kembali nama unit jurusan /program studi status terdaftar tersebut diperbaharui lagi dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0387/0/1986 tanggal 22 Mei, untuk Jurusan  Ilmu Administrasi dan No.097/0/1987 tanggal 23 Februari 1987 untuk Jurusan Ilmu Pemerintahan yang dibuka tahun 1983.

Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0725/0/1990 tanggal 11 Desember 1990 kedua jurusan tersebut diatas diangkat menjadi DIAKUI kemudian sejak 22 Desember 1998  Jurusan Ilmu Administrasi dengan Program Studi Ilmu Administrasi Negara statusnya  ditingkat menjadi Terakreditasi dengan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional No.002/BAN-PT/AK-II/XII/1998.

Baca: Universitas Al Asyariah Mandar (Unasman)

Setelah Drs. H. Azhari meninggal, Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Imam Bonjol Padang dipimpin oleh Drs. H. Yunas yaitu dari tahun 1997 s/d 2004 kemudian digantikan oleh Drs. Helmi Hasan, M.Pd (2004 s/d 2009) dan sekarang ini dijabat oleh Drs.H. Sjoekoer STM, SH (2009 S/D 201), dan sekarang dijabat oleh Yohanis, S.Sos, M.Pd periode (2013/2017)

Pada tanggal 15 April 2002 Jurusan Ilmu Administrasi dengan Program Studi Ilmu Administrasi Negara terakreditasi yang kedua kalinya dengan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No.005/BAN-PT/AK/-V/S1/IV/2002 dan berlanjut pada tahun 2013.

Kemudian berlanjut lagi akreditasi kedua program stud,i yaitu Ilmu Administrasi Negara dengan nomor 024/SK/BAN-PT/Ak-XV/S/I/2013 dan program studi Ilmu Pemerintahan nomor. 237/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/XI/2013 dengan nilai C.[1]

  • Visi dan misi


Visi

Menjadi Sekolah Tinggi unggul dan terpercaya di bidang ilmu sosial dan ilmu politik yang mengedepankan nilai-nilai kearifan lokal, berwawasan global dan berbasis perkembangan sistem informasi, komunikasi dan teknologi di Sumatera Barat pada tahun 2033.

MISI

  • Menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas dan mampu mendorong pengembangan pola pikir inovatif, kreatif serta berdaya saing dibidang Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.
  • Melaksanakan penelitian yang berkualitas dalam pengembangan Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dengan mengedepankan nilai-nilai kearifan lokal dan dinamika global.
  • Melaksanakan pengabdian yang bermutu dan berkontribusi terhadap pemecahan masalah-masalah sosial dan politik di masyarakat sebagai sarana aktualisasi ilmu.
  • Menyelenggarakan tata kelola sekolah tinggi yang efektif dan efisien (good governance university) untuk menudung pelaksanaan kegiatann Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  • Membangun kerjasama dengan berbagai stakeholder dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat ditingkat lokal dan nasional secara efektif, efisien dan berkesinambungan untuk pengembangan dan keberlangsungan pendidikan.[2]

  • Tujuan


Tujuan

  • Menghasilkan lulusan yang profesional, berintegritasi,  menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan dan berwawasan global   dibidang ilmu sosial dan ilmu politik.
  • Menghasilkan kajian dan penelitian yang berkontribusi terhadap pengembangan ilmu sosial/ Administrasi Negara/Publik serta ilmu pemerintahan/ politik juga bermanfaat bagi stakeholder di Indonesia pada umumnya, dan Sumatera Barat pada khususnya.
  • Berkontribusi terhadap pengembangan dan pemberdayaan masyarakat yang sesuai dengan konteks ilmu sosial/administrasi Negara/publik serta ilmu pemerintahan/politik.
  • Menyelenggarakan tata kelola sekolah tinggi yang efektif dan efisien (good governance university) sesuai standar nasional pendidikan untuk mendukung kegiatan Tri Dharma Pendidikan.
  • Mewujudkan kerjasama dengan berbagai stakeholder dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat ditingkat regional dan nasional secara efektif, efisien dan berkesinambungan untuk pengembangan dan keberlangsungan pendidikan.[3]

  • Program studi


Ilmu Administrasi Negara

Ilmu Pemerintahan[4]

  • Lambang


Berikut ini lambang STSIP Imam Bonjol:

Lambang STSIP Imam Bonjol
Lambang STSIP Imam Bonjol (Eventkampus.com)

Baca: Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA) Prayoga Padang

  • Kontak


Alamat: Jl. Koto Tinggi NO. 5 Padang.

Telepon: 0751-33838, 0813 7834 5004

Laman: http://stisipimambonjol.ac.id/[6]

(Tribunnewswiki/Tyo)



Nama STISIP Imam Bonjol
Lokasi Kota Padang
Jenis Perguruan tinggi swasta
Laman http://stisipimambonjol.ac.id
   








KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2020 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved