Diogo Jota

Diogo José Teixeira da Silva dikenal sebagai Diogo Jota adalah pemain sepak bola profesional Portugal yang bermain sebagai penyerang untuk klub Liga Premier Liverpool dan Portugal.


zoom-inlihat foto
diogo-jota-1.jpg
instagram.com/portugal
Diogo José Teixeira da Silva dikenal sebagai Diogo Jota adalah pemain sepak bola profesional Portugal yang bermain sebagai penyerang untuk klub Liga Premier Liverpool dan Portugal.

Diogo José Teixeira da Silva dikenal sebagai Diogo Jota adalah pemain sepak bola profesional Portugal yang bermain sebagai penyerang untuk klub Liga Premier Liverpool dan Portugal.




  • Informasi Pribadi


TRIBUNNEWSWIKI.COM – Diogo José Teixeira da Silva atau dikenal sebagai Diogo Jota lahir pada 4 Desember 1996.

Dia adalah pemain sepak bola profesional Portugal yang bermain sebagai penyerang untuk klub Liga Premier Liverpool dan tim nasional Portugal.

Diogo Jota mulai bermain dengan Paços de Ferreira, menandatangani kontrak dengan Atlético Madrid setelah dua musim di Liga Primeira dan secara berturut-turut dipinjamkan ke Porto dan Wolverhampton Wanderers.

Baca: Di Balik Kesuksesan Liverpool, Berikut Tiga Sosok Penting yang Membantu Juergen Klopp Selama Ini

Pada 2018, ia pindah ke klub terakhir dengan kontrak permanen.

Jota bermain untuk Portugal di level U-19, U-21 dan U-23.(1)

  • Karier


Lahir di Porto, ia memulai karier profesionalnya bersama Paços de Ferreira, bergabung dengan tim muda mereka pada 2013, sebelum dipromosikan ke tim utama untuk musim 2014-15.

Jota membuat penampilan senior pertamanya untuk tim pada Oktober 2014, dimulai dengan kemenangan 4-0 atas Atletico S.C di Taça de Portugal (Piala FA Portugal).

Penampilan pertamanya di Liga Primeira menyusul pada Februari 2015 sebagai pemain pengganti dalam hasil imbang 2-2.

Gol pertama untuk penyerang datang beberapa bulan kemudian untuk Paços ketika dia mencetak dua gol dalam kemenangan 3-2, menjadi pemain termuda yang mencetak gol untuk tim dalam sejarah papan atas mereka.

Diogo Jota segera menandatangani kontrak baru lima tahun dengan klub, yang mengikatnya di sana hingga 2020, tetapi kurang dari setahun kemudian dia keluar.

Atletico Madrid datang memanggil, dan iming-iming ibu kota Spanyol ada dalam pandangannya.

Pada 14 Maret 2016, ia menandatangani kontrak lima tahun dengan Atletico, efektif 1 Juli.

Namun, dia tidak pernah tampil dalam garis merah dan putih segera kembali ke negaranya sendiri dengan kesepakatan pinjaman selama setahun ke FC Porto yang disepakati pada Agustus 2016.

Baca: Liverpool Juara Liga Inggris, Ini Fakta Menarik di Balik Kesuksesan The Reds di Musim 2019-2020 Ini

Diego Jota mencetak gol pertamanya untuk FC Porto dengan mencetak hat-trick di babak pertama dalam kemenangan 4-0 atas C.D Nacional.

Pada Juli 2017, Jota pindah lagi.

Kesepakatan pinjaman selama setahun lagi, kali ini ke Wolverhampton Wanderers di Kejuaraan Inggris, mencetak gol pertamanya untuk Wolves pada Agustus dalam kemenangan tandang 3-2 atas Hull City.

Tidak butuh waktu lama bagi Wolves untuk melihat kualitasnya dan ingin membuat kesepakatan pinjaman menjadi permanen.

Ini terjadi pada jendela transfer Januari 2018, dengan pinjaman berlanjut hingga jendela musim panas, dan kesepakatan permanen mulai Juli, dengan harga € 14 juta yang dilaporkan.

Diogo mencetak 17 gol terbaik dalam karirnya musim ini, membantu Wolves mendapatkan promosi ke Liga Utama Inggris.

Diogo kemudian mencetak banyak gol di Wolves dua musim berikutnya, dan membantu mereka tidak hanya menghindari degradasi, tetapi juga masuk ke Liga Europa.

Pada 19 Januari 2019, Jota mencetak tiga gol dalam kekalahan kandang 4-3 dari Leicester City, hat-trick keduanya dalam karir, menjadi pemain Portugal kedua di Liga Premier yang melakukannya, setelah Cristiano Ronaldo sekitar 11 tahun sebelumnya.

Dalam pertandingan terakhir grup Liga Europa di kandang Besiktas, ia menggantikan rekan setim dan rekan senegaranya Ruben Neves sebagai pemain pengganti pada menit ke-56, dengan skor sama dengan 0-0.

Jota mencetak gol pertamanya dalam pertandingan tersebut pada menit ke-72 sebelum melengkapi hat-trick lainnya dalam kemenangan 4-0 atas tim Turki tersebut.

Jota melakukan hal yang sama melawan RCD Espanyol di kompetisi yang sama setahun kemudian.

Memulai karir internasional Portugal di level U-19, pada 2015, Jota dipanggil ke tim senior untuk pertama kalinya pada Maret 2019, sebelum pertandingan kualifikasi UEFA Euro 2020 melawan Ukraina dan Serbia.

Masih belum bermain, dia adalah bagian dari skuad yang memenangkan final Nations League 2019 di kandang sendiri, meski dia tidak tampil.

Diogo Jota mencetak gol internasional pertamanya hanya beberapa minggu yang lalu, pada 5 September 2020 dalam kemenangan 4-1 atas Kroasia di UEFA Nations League.

Pada tanggal 18 September, di hari yang sama Liverpool mengumumkan penandatanganan lama mereka ditunggu-tunggu Thiago Alcantara dari Bayern Munich.

£ 45 juta selama kesepakatan, tetapi hanya sekitar £ 4,1 juta di muka, dengan bek muda kami Ki Jana Hoever melakukan hal lain dalam kesepakatan dengan bayaran awal sebesar £ 9 juta.(2)

  • Pengganti Christiano Ronaldo


Winger Portugal, Diogo Jota, sukses menjalankan perannya sebagai pengganti Cristiano Ronaldo dalam laga kontra Swedia, 15 Oktober 2020.

Diketahui, Ronaldo tak bisa tampil pada laga lanjutan matchday keempat UEFA Nations League tersebut karena dinyatakan positif terjangkit virus corona pada 13 Oktober 2020.

Megabintang Juventus itu juga sudah meninggalkan markas latihan tim nasional Portugal dan kembali ke Turin, Italia, pada keesokan harinya.

Adapun Ronaldo kembali ke Turin untuk menjalankan karantina mandiri di sana.

Baca: Sendirian Striker Liverpool Muh Salah Usir Yobs yang Ganggu Tunawisma: Juga Kasih Uang Rp 1,9 Juta

Setelah itu, sang pelatih, Fernando Santos, otomatis langsung mencari pengganti untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Ronaldo.

Dia menunjuk Diogo Jota yang juga berposisi sebagai sayap kiri.

Diplot sebagai pengganti Ronaldo, Diogo Jota tampil mengesankan sepanjang laga kontra Swedia.

Winger Liverpool itu mencetak dua gol dan membawa Portugal menang 3-0.

Selecao, julukan Portugal, berhak mempertahankan posisi di puncak klasemen Grup 3 Liga A UEFA Nations League berkat kemenangan tersebut.

Mereka saat ini sudah mengoleksi 10 poin dari tiga kemenangan dan satu hasil imbang.

Portugal unggul selisih gol atas pesaing terdekatnya, Perancis, yang menempati peringkat kedua.

Diogo Jota yang sukses menggantikan Ronaldo dan menjadi pahlawan kemenangan Portugal mengaku senang.(3)

(Tribunnewswiki.com/SO)



Nama lengkap Diogo José Teixeira da Silva
Nama tenar Diogo Jose
Lahir 4 Desember 1996, Porto, Portugal
Riwayat Karir Pemain Sepak Bola Profesional
Tinggi 1,78 m (5 ft 10 in)
Posisi bermain Winger
Klub saat ini Liverpool
Nomor 20








KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2020 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved