Viral Suami Istri Anggota DPRD Bagi Uang ke Ratusan Karyawan ter-PHK saat Demo Buruh di Pekalongan

Pasangan suami istri DPRD bagi-bagi uang pada para demonstran dalam aksi buruh di Pekalongan yang alami PHK sepihak


zoom-inlihat foto
anggota-dprd-kabupaten-pekalongan-jawa-ten.jpg
Kompas.com/Ari Himawan
Anggota DPRD Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah candra Saputra membagikan uang kepada buruh yang sesang berunjuk rasa di halaman DPRD Kab. Pekalongan.


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Suami istri yang merupakan anggota DPRD Pekalongan bagi-bagi uang kepada ratusan demonstran yang sedang demo dalam aksi buruh.

Mereka adalah pasangan Candra Saputra dan Shinanta Previta yang ikut menyatu dengan para demonstran.

Keduanya memberikan lembaran uang Rp50 ribu dan Rp100 per orang pada sekitar 257 orang dari aksi massa dari PT Pajitex yang jadi korban PHK.

Acara bagi-bagi uang di tengah aksi tersebut membuat kegiatan turun ke jalan tersebut berhenti beberapa menit.

Baca: Ribuan Pendemo Ditangkap, Wagub DKI Jakarta Terkejut 60 Persen Ternyata Remaja, Ini Sikap Anies

Baca: 34 Gubernur Diminta Jokowi Agar Satu Suara Dukung UU Cipta Kerja, Donny Gahral Adian Beri Penjelasan

Anggota DPRD Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah candra Saputra membagikan uang kepada buruh yang sesang berunjuk rasa di halaman DPRD Kab. Pekalongan.
Anggota DPRD Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah candra Saputra membagikan uang kepada buruh yang sesang berunjuk rasa di halaman DPRD Kab. Pekalongan. (Kompas.com/Ari Himawan)


Kebiasaan Sedekah di hari Jumat

Wakil rakyat yang berasal dari fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) ini mempunyai kebiasaan membagi-bagikan sedekah di hari Jumat.

Karena adanya aksi ini, membuat Candra Saputra mengalihkan sedekah tersebut pada para korban PHK sepihak yang ikut turun dalam demo.

Candra mengatakan, apa yang dilakukkannya sebagai bentuk kepedulian bagi para pekerja yang terkena PHK, Jumat (9/10/2020).

"Apa yang saya lakukan sebagai bentuk kepedulian dan agar bisa sedikit membantu mereka karena di-PHK juga karena di masa pandemi. Diharapkan perusahaan tidak melakukan PHK sepihak pada saat kondisi seperti sekarang ini," kata Candra.

Uang yang dibagikan Candra tersebut merupakan gajinya dan gaji sang istri, ditambah dengan tabungan yang dimilikinya.

Candra juga berpesan bagi para demonstran untuk tetap tabah.

"Kepada mereka untuk tetap tabah, sabar dalam menghadapi cobaan dan tak lupa untuk hati- hati saat perjalanan menuju ke rumah masing-masing," kata Candra.

Baca: Gubernur Sumatra Selatan Herman Daru Dukung Mahasiswa Tolak UU Cipta Kerja

Baca: Mahasiswanya Ikut Demo Tolak UU Cipta Kerja, Dosen Ini Siap Berikan Nilai A

Apresiasi dari para demonstran

Kepedulian anggota dewan tersebut sangan diapresiasi oleh Isa Hanafi, sebagai perwakilan buruh dan juga Sekretaris PSP SPN PT Pajitex.

"Salam hormat dari kami sangat mengapresiasi dan senang, karena ada anggota dewan yang peduli dengan perjuangan buruh. Kami ke sini menuntut hak kami ,karena di-PHK sepihak oleh perusahaan," kata Isa Hanafi.

Perwakilan karyawan tergabung dalam Serikat Pekerja Nasional (SPN) diterima langsung oleh Komisi IV DPRD Kabupaten Pekalongan.

Perwakilan perusahaan dan dinas terkait juga dipertemukan langsung oleh Komisi IV.

Jalan tersbeut dipilih untuk memcari solusi terbaik untuk semuanya.

Kuasa hukum PT Pajitex menyatakan, pihak Pajitex juga sudah berusaha suoaya karyawan tak dirumahkan sejak Mei atau 6 bulan kemarin.

Namun, satu unit kerja terpaksa ditutup karena kondisi perusahaan makin sulit.

"Hasil pertemuan akan kami sampaikan ke pimpinan pusat ke Surabaya. Yang jelas untuk mempertahankan kondisi perusahaan yang semakin sulit," ungkap Susilo.

(TRIBUNNEWSWIKI.COM/Kaka)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Bagi-bagi Uang di Tengah Demo Ratusan Buruh, Suami Istri Anggota DPRD Pekalongan Bikin Heboh











KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

Tribun JualBeli
© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved