Lisa BLACKPINK

Lisa adalah seorang rapper, penyanyi, dan penari Thailand di Korea Selatan. Dia adalah anggota grup wanita Korea Selatan Blackpink di bawah YG Entertainment.


zoom-inlihat foto
lalisa-manoban-lisa-blackpink.jpg
Instagram/lalalalisa_m
Pranpriya Manoban atau Lalisa Manoban, dikenal dengan nama panggung Lisa. Lisa adalah penyanyi kelahiran Thailand, 27 Maret 1997 yang berhasil debut menjadi member girlband Korea Selatan BLACKPINK dibawah nanungan agensi YG Entertainment.

Lisa adalah seorang rapper, penyanyi, dan penari Thailand di Korea Selatan. Dia adalah anggota grup wanita Korea Selatan Blackpink di bawah YG Entertainment.




  • Informasi Pribadi


TRIBUNNEWSWIKI.COM – Lisa, anggota termuda - dikenal sebagai "maknae" - adalah penari utama di Blackpink.

Lahir dan dibesarkan di Thailand, Lisa pernah menjadi kru tari di usia muda sebelum dia mengikuti audisi untuk menjadi trainee idola K-pop.

Selain bahasa Thailand, Lisa berbicara bahasa Korea yang mulai dia pelajari setelah pindah ke Korea Selatan pada tahun 2011 - bahasa Inggris, Jepang, dan Mandarin dasar.

Baca: Lirik Lagu You Never Know BLACKPINK - Lengkap dengan Terjemahan Bahasa Indonesia

Lisa Manoban yang memiliki nama asli Pranpriya Manoban pada 27 Maret 1997 di Bangkok, Thailand.

Dia juga mengambil julukan Liz, Pokpak, dan Thailand Princess sebelum mengadopsi nama panggung, 'Lisa.' Dia memiliki seorang kakak perempuan, yang tinggal di Thailand.

Dia bersekolah di Praphamontree II School di Thailand. Dia tertarik pada musik dan menari sejak usia muda. Dia berpartisipasi dalam rombongan tari dengan teman masa kecilnya, BamBam, yang kemudian menjadi anggota boy band Korea Selatan, 'Got7.'(1)

Meskipun dia nge-rap dan menyanyi, itu adalah rekaman "kamera terfokus" dari tarian Lisa, kombinasi dari gulungan tubuh yang halus, pukulan tajam dan ekspresi wajah yang menawan, yang sering menjadi subjek video viral Blackpink.

Sebelum bergabung dengan 'YG Entertainment,' dia menjadi model untuk 'NONAGON' dengan iKON dan merupakan anggota dari grup dance 'We Zaa Cool' di Thailand.(2)

Lisa BLACKPINK
Lisa BLACKPINK (SCMP)

  • Karier


Lisa merupakan ‘maknae’ - atau anggota termuda - dari grup, BLACKPINK

Nama aslinya adalah Pranpriya Manoban, dia pertama kali mengubah namanya menjadi Lalisa ("orang yang dipuji"), sebelum menetapkan nama panggungnya Lisa.

Dia baru berusia 14 tahun ketika dia mengikuti audisi untuk menjadi trainee dengan YG Entertainment Korea Selatan, dan memulai debutnya sebagai anggota Blackpink ketika grup tersebut diluncurkan pada tahun 2016.

Baca: Trailer Resmi Dokumenter Original K-Pop BLACKPINK: Light Up The Sky Rilis, Segera Tayang di Netflix

Pekerja keras dan berkomitmen, Lisa berlatih selama lebih dari lima tahun sebelum dia bergabung dengan Blackpink sebagai rapper utama dan penari utama grup.

Dia belajar berbicara bahasa Korea, Inggris dan Jepang di atas bahasa Thailand aslinya.

Selain kecintaannya pada makanan Korea, Lisa juga dipandang sebagai duta tidak resmi untuk budaya Thailand oleh sesama anggota.(3)

BLACKPINK
BLACKPINK (Instagram/blackpinkofficial)

Lisa memulai debutnya dengan girl grup Korea Selatan, 'BlackPink,' di bawah label 'YG Entertainment' pada Agustus 2016, ketika mereka merilis album pertama berjudul 'Square One.'

Album tersebut termasuk lagu 'Whistle' dan 'Boombayah,' yang memuncak di nomor satu di chart 'Billboard World Digital Songs'.

Dia adalah anggota termuda grup dan terus berkembang untuk menjadi rapper, vokalis, dan penari utama mereka.

Anggota grup lainnya adalah Kim Jennie (lahir di Korea Selatan tetapi dibesarkan di Selandia Baru), Rose (lahir dan besar di Selandia Baru), dan Kim Jisoo (lahir dan besar di Korea Selatan).

Single band, 'Dhu-du Dhu-du,' dirilis aslinya dalam bahasa Korea dan kemudian dalam bahasa Jepang dan Inggris untuk menjangkau basis penggemar yang lebih besar.

Lagu ini memecahkan semua rekor K-pop dengan lebih dari 36 juta penayangan di You Tube dalam waktu 24 jam setelah dirilis dan dinominasikan untuk 'Video of the Year' di 'Break Tudo Awards.'

Baca: Lirik Lagu Lovesick Girls - BLACKPINK, Lengkap dengan Tulisan Hangul & Terjemahan Bahasa Indonesia

Lisa secara teratur muncul di variety show Korea Selatan, 'Blackpink House,' yang bercerita tentang kehidupan luar panggung sehari-hari anggota bandnya.

Acara ini pertama kali ditayangkan pada Januari 2018 dan menjadi populer di kalangan penggemarnya.

Lisa muncul di sampul majalah Jepang, 'Nylon,' pada Juni 2018, dan difilmkan untuk sebuah video untuk mempromosikan majalah tersebut.(4)

  • Filmografi


Video pra-debut:

  • We Zaa Cool’s Dance Videos

Music Video:

  • Taeyang – Ringa Linga (2013)

Komersial:

  • NONA90N – Lisa & Bobby + B.I (2014)
  • NONA90N – Behind The Scenes (2015)
  • NONA90N – 2015 FW (2015)
  • NONA9ON - Lisa & Bobby (2017)
  • NONA9ON - Summer isn't over yet (2018).(5)

  • Penghargaan


BLACKPINK telah memenangkan sejumlah penghargaan, di antaranya 'Best Three New Artist' (Asia) di Japan Gold Disc Awards 2018, 'New Artist of the Year' dan 'Bonsang Award' di 'Seoul Music Awards' pada 2017 dan 2018 masing-masing, penghargaan 'Best of Next Artist' di 'Mnet Asian Music Awards' 2016, 'Best New Artist' di 'Melon Music Awards 2016,' 'New Artist of the Year' di 'Golden Disc Awards' 2017 dan ' World Rookie Award 'di' Gaon Chart Music Awards '2017.'

Lagu, 'Whistle,' memenangkan lagu of the Year - Agustus, di 'Gaon Chart Music Awards' 2017 dan 'Video Musik Terbaik' di 'Mnet Asian Music Awards' 2016.

Lagunya, 'Playing with Fire,' terpilih sebagai 'Song of the Year' - November, di 'Gaon Chart Music Awards' 2017 dan single 'As if it's Your Last' memenangkan 'Digital Bonsang' di 2018 'Penghargaan Golden Disc.'(6)

(Tribunnewswiki.com/SO)



Info Pribadi
Pendidikan
Riwayat Karir
Berita Terkini
   


Sumber :


1. www.thefamouspeople.com
2. time.com
3. www.scmp.com
4. www.imdb.com
5. black-pink.fandom.com
6. en.wikipedia.org








KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

Tribun JualBeli
© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved