Institut Agama Islam Negeri Madura (IAIN Madura) 

Institut Agama Islam Negeri Madura adalah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang terletak di Jawa Timur dengan akreditasi institusi B.


zoom-inlihat foto
iain-madura.jpg
iainmadura.ac.id
Institut Agama Islam Negeri Madura

Institut Agama Islam Negeri Madura adalah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang terletak di Jawa Timur dengan akreditasi institusi B.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Institut Agama Islam Negeri Madura atau IAIN Madura adalah sebuah institusi pendidikan berbentuk Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang terletak di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur.

Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’arif Magetan berdiri pada 20 Juli 1966.

Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’arif Magetan saat ini dipimpin oleh Ketua bernama Dr. H. Mohammad Kosim, M.Ag.

Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’arif Magetan beralamat di Jl. Raya Panglegur No.Km. 4, Barat, Ceguk, Tlanakan, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur 69371, Indonesia.

  • Sejarah


Usia STAIN telah berjalan ± 20 tahun (1997-2017). Selama menjadi STAIN, beragam upaya dan prestasi telah diraih, dan masyarakat pun terus merespon positif keberadaan STAIN Pamekasan.

Akhirnya, keber¬adaan STAIN yang menurut Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi bertugas menyelenggarakan pendidikan tinggi “dalam satu rumpun ilmu pengetahuan”, tidak memadai lagi untuk menjawab kebutuhan masyarakat, kebutuhan pembangu¬nan nasional, pertumbuhan jumlah mahasiswa, dan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Atas dasar kebutuhan di atas, dilakukan ikhtiar alih status dari STAIN Pamekasan menjadi Institut Agama Islam Negeri Madura (IAIN Madura). Ikhtiar ini dilakukan agar kewenangan lembaga ini lebih luas.

Jika STAIN hanya berwenang menyelenggarakan pendidikan tinggi dalam “satu rumpun ilmu pengetahuan tertentu”, maka ketika menjadi IAIN kewenangannya lebih luas, yakni menyelenggarakan pendidikan tinggi dalam “sejumlah rumpun ilmu pengetahuan tertentu”. Berbagai upaya dilakukan untuk mewujudkan alih status tersebut.

Alhamdulillah, usul perubahan tersebut menjadi nyata setelah Presiden pada tanggal 5 April 2018 menandatangani Peraturan Presiden Nomor 28 Tahun 2018 tentang IAIN Madura. Peraturan Presiden ini diundangkan ke dalam Lembaran Negara oleh Menteri Hukum & Hak Asasi Manusia Nomor 51 tahun 2018, pada tanggal 7 April 2018.

Sejak diundangkan di lembaran negara, maka IAIN Madura resmi menggantikan STAIN Pamekasan.

Baca: Sekolah Tinggi Agama Islam Ibnu Sina Batam (STAI Ibnu Sina Batam)

Gedung IAIN Madura.
Gedung IAIN Madura. (infopmbindonesia)

  • Visi dan Misi


Visi Institut Agama Islam Negeri Madura :

Konsep religius dalam visi IAIN dimaksudkan bahwa warga kampus harus memiliki karakter religius, dengan ciri-ciri umum: memahami, meyakini, menghayati, mengamalkan, dan menyebarkan ajaran Islam dengan prinsip wasathiiyah.

Konsep kompetitif yang dimaksud dalam visi IAIN, bahwa lembaga memiliki daya saing dengan perguruan tinggi lainnya baik skala nasional, regional maupun internasional di bidang pendidikan dan pengajaran, manajemen kelembagaan, kualitas SDM, produk riset, pengabdian kepada masyarakat, dan kompetensi lulusan.

Misi Institut Agama Islam Negeri Madura :

  1. menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang religius dan kompetitif guna menghasilkan lulusan yang islami, moderat, kompeten, mandiri, berdaya saing, dan cinta tanah air;
  2. menyelenggarakan penelitian dan pengkajian ilmu pengetahuan dan teknologi keagamaan Islam yang religius dan kompetitif, guna mewujudkan pengembangan ilmu, kemaslahatan umat, dan daya saing bangsa;
  3. menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi keagamaan Islam yang religius dan kompetitif, guna mewujudkan masyarakat yang mandiri, produktif, sejahtera, dan islami;

  • Program Studi


Berikut program studi di Institut Agama Islam Negeri Madura :

Sarjana (S1) :

  • Fakultas Tarbiyah
  • Fakultas Syariah
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
  • Fakultas Ushuludin dan Dakwah

Pascasarjana (S2) :

  • Pendidikan Agama Islam
  • Hukum Keluarga Islam
  • Ekonomi Syariah

  • Organisasi


Struktur organisasi Institut Agama Islam Negeri Madura :

Pimpinan Sekolah Tinggi

Ketua: Dr. H. Mohammad Kosim, M.Ag.

  • Kontak


Institut Agama Islam Negeri Madura :

Jl. Raya Panglegur No.Km. 4, Barat, Ceguk, Tlanakan, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur 69371, Indonesia

Telp/Fax : +62 324 322551

Email : info@iainmadura.ac.id

Informasi pendaftaran mahasiswa baru Institut Agama Islam Negeri Madura

(Tribunnewswiki.com/Ris)



Nama Institut Agama Islam Negeri Madura
Alamat Jl. Raya Panglegur No.Km. 4, Barat, Ceguk, Tlanakan, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur 69371, Indonesia
Google Map google.com/maps/place/Institut+Agama+Islam+Negeri+Madura
Situs iainmadura.ac.id
Ketua Dr. H. Mohammad Kosim, M.Ag.


Sumber :


1. iainmadura.ac.id


Penulis: Haris Chaebar






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2022 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved