Universitas Katolik Widya Mandala Madiun

Universitas Katolik Widya Mandala Madiun adalah sebuah perguruan tinggi swasta di Kota Madiun


zoom-inlihat foto
lambang-universitas-widya-mandala-madiun.jpg
http://unika.widyamandala.ac.id
Lambang Universitas Widya Mandala Madiun

Universitas Katolik Widya Mandala Madiun adalah sebuah perguruan tinggi swasta di Kota Madiun




  • Informasi Awal dan Sejarah


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Universitas Katolik Widya Mandala Madiun adalah sebuah perguruan tinggi swasta di Kota Madiun, Provinsi Jawa Timur.

PTS ini awalnya adalah bagian integral dari Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya – Madiun.

Universitas ini dikelola oleh Yayasan Widya Mandala yang berkedudukan di Surabaya.

Sejarah

Yayasan Widya Mandala didirikan pada tanggal 7 Juli 1958 oleh Uskup Surabaya Mgr. J. Klooster, C.M., yang disahkan dengan Akte Notaris Anwar Mahajudin Nomor 42/1960 tanggal 11 Agustus 1960. 

Tanggal 20 September 1960, Yayasan Widya Mandala mendirikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dengan 2 (dua) jurusan yaitu Jurusan Ilmu Pendidikan yang dikelola oleh Romo Prof. Dr. Janssen, C.M.dan Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang dikelola oleh Suster Dra. Dionysia Michel, OSU.

FKIP ini semula berkedudukan di Jalan Wilis Madiun (sekarang Jalan A. Yani No. 7 Madiun). Kemudian pindah ke Jalan Manggis No. 15 – 17 Madiun.

Baca: Universitas Wiraraja

Pada tanggal 1 September 1961, Yayasan Widya Mandala mendirikan Jurusan Ilmu Alam yang berkedudukan di Jalan Dinoyo No. 42 Surabaya.

Pada tanggal 1 September 1962 didirikan pula Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris yang juga berkedudukan di Jalan Dinoyo No. 42 Surabaya.

Fakultas-fakultas lain dan Lembaga-lembaga Pendidikan yang kemudian didirikan selain FKIP tersebut adalah: Fakultas Farmasi, Fakultas Ekonomi, Lembaga Pendidikan Sekretaris, Lembaga Pendidikan Ajun Akuntan, dan Lembaga Pendidikan Teknik Radio dan Televisi, yang seluruhnya berkedudukan di Jalan Dinoyo No. 42 Surabaya.

Sampai tahun 1965, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya – Madiun mempunyai tiga fakultas, yaitu:

1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dengan empat jurusan, yaitu:

2. Fakultas Farmasi (di Surabaya)

3. Fakultas Ekonomi (di Surabaya)

Pada tanggal 7 Agustus 1965, Yayasan Widya Mandala menjadikan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya – Madiun menjadi dua perguruan tinggi, yaitu: IKIP Katolik Widya Mandala dan Universitas Katolik Widya Mandala.

Pada tanggal 27 Agustus 1969, IKIP Katolik Widya Mandala disatukan kembali ke dalam Universitas Katolik Widya Mandala sebagai Fakultas Ilmu Pendidikan bagi Jurusan Ilmu Pendidikan dan Fakultas Ilmu Keguruan bagi Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris, dan Jurusan Ilmu Alam.

Pada tahun 1969 sampai 1976, Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris membuka kelas paralel di Madiun.

Pada tahun 1985, karena Dirjen Dikti tidak memperkenankan Perguruan Tinggi Swasta memiliki dua kampus di dua kota diluar radius tertentu, maka Jurusan yang ada di kampus Madiun dipisahkan dari Jurusan yang ada di kampus Surabaya.

Karena di Madiun hanya ada dua Jurusan, maka menjadi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Katolik Widya Mandala Madiun, berdasarkan SK Mendikbud Nomor 070/Q/1985, Nomor 071/Q/1985, dan Nomor 072/Q/1985, tanggal 18 Februari 1985.

Pada tanggal 26 Mei 1986, atas usulan Yayasan Widya Mandala, Uskup Surabaya Mgr. A. Dibyokaryono, Pr. Dengan Akte Notaris Elly Nangoy S.H. Nomor 25, mendirikan Yayasan baru yang bernama Yayasan Widya Mandala Madiun, dengan Ketua Romo Dr. St. Reksosusilo, CM.

Selanjutnya Uskup melimpahkan kepada yayasan baru tersebut pendelegasian hak milik atas semua aset yang ada di Madiun, baik tanah, gedung, perabot, perlengkapan, maupun segala sarana dan prasarana, baik yang lama maupun yang baru, dan melimpahkan pendelegasian hak dan wewenang untuk menyelenggarakan, mengurus dan mengembangkan lebih lanjut STKIP Katolik Widya Mandala Madiun.

Kemudian sebagaimana dicatat dalam Akte Notaris Elly Nangoy S.H. (No. 25, tanggal 26 Mei 1986), STKIP Katolik Widya Mandala Madiun secara resmi dipisah dari Widya Mandala Surabaya.

Dengan demikian STKIP Katolik Widya Mandala Madiun mendapat otonomi dan mengelola Jurusan Ilmu Pendidikan Program Studi Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Jenjang D-3 dengan Status Disamakan, dan S-1 dengan Status Terdaftar, serta Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni dengan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Jenjang D-3 dengan Status Diakui dan Jenjang S-1 dengan Status Terdaftar.

Baca: Universitas Sumatera Selatan (USS)

Pada tahun akademik 1986/1987 STKIP Katolik Widya Mandala Madiun membuka jurusan baru, yaitu Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (JP MIPA), dengan Program Studi Pendidikan Matematika Jenjang S-1.

Tahun berikutnya dibuka jurusan baru JP MIPA Program Studi Pendidikan Biologi Jenjang S-1. Namun tiga semester kemudian jurusan tersebut terpaksa dihentikan karena Pemerintah menganggap jenuh Jurusan Kependidikan (Surat Dirjen Dikti No. 20/D.4.II/II/1989).

Untuk mengantisipasi perkembangan dengan semakin melimpahnya lulusan sarjana kependidikan, maka pada tahun 1990/1991 Yayasan Widya Mandala Madiun membuka dua Sekolah Tinggi baru, yaitu Sekolah Tinggi Bahasa Asing (ST BA) Widya Mandala Madiun Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris (SK Mendikbud No. 0323/0/1990 tanggal 1 Mei 1990), dan ST MIPA (Sekolah Tinggi Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) Widya Mandala Madiun Jurusan Biologi Program Studi Biologi Lingkungan (SK Mendikbud No. 0324 /Q/1990 tanggal 1 Mei 1990).

Pada tanggal 31 Desember 1991 tiga Sekolah Tinggi tersebut digabungkan menjadi Universitas Katolik Widya Mandala Madiun, dengan SK Mendikbud Nomor 0687/Q/1991).[1]

  • Visi


Visi Universitas

Menjadi Universitas Katolik yang profesional, tangguh, dan humanis dengan semangat Non Scholae sed Vitae Discimus

Makna visi UKWMM adalah:

Profesional

Pengertian profesional mengacu pada pelaksanaan bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat yang mengarah pada kebenaran sejati, yakni membentuk insan utuh yang berdimensi rasional (pengetahuan interdisipliner)-emosional (kepekaan sosial)-moral (etika moral Katolik)-iman religi melalui kepekaan terhadap sesama dan tugas-tugas kemanusiaan, kemasyarakatan, dan kebangsaan.

Tangguh

Pengertian tangguh adalah gigih dalam memperjuangkan kebenaran sejati, yaitu dengan mencari, menemukan, menyebarkan ajaran kristiani sebagai upaya untuk semakin menyadari bahwa dunia diciptakan Tuhan adalah demi sesama manusia (Nota Pastoral KWI 2013) dan untuk memuliakan Allah (Ex Corde Ecclesiae).

Humanis

Pengertian humanis adalah menjunjung tinggi (berdedikasi) terhadap martabat manusia dan memaknai hidup dengan semboyan non scholae sed vitae discimus-demi kemuliaan Allah dengan mengupayakan pengembangan pengetahuan, mengolah hati nurani, dan iman melalui dialog dan kerja sama lintas agama dan multikultural, serta keadilan sosial, khususnya kepada sesama yang menderita secara fisik (difabel), sosial, politis, geografis, dan rohani (option for the poor).

Non Scholae sed Vitae Discimus

“Non Scholae sed Vitae Discimus” yang menjadi semboyan UKWMM berarti “kita belajar bukan hanya demi ilmu semata, melainkan demi kehidupan”. Dengan semangat Non Scholae sed Vitae Discimus ditekankan supaya orang belajar demi mencari makna hidup atau hidup yang bermakna (searching for meaning life).[2]

Baca: Universitas Universal (UVERS)

  • Misi


Misi UKWMM adalah:

  • Menyelenggarakan pendidikan akademik dan profesi yang berkualitas dan beretika;
  • Melaksanakan penelitian demi pengembangan ilmu, kebenaran, dan kemanusiaan;
  • Mengabdikan ilmu dan hasil penelitian kepada masyarakat dengan semangat kristiani (cinta kebenaran, solidaritas universal, kebebasan dan tanggung jawab, perhatian terhadap yang tersisih, dan pengembangan ilmu dan teknologi bagi kesejahteraan manusia).[3]

Baca: Universitas Internasional Batam (UIB)

  • Tujuan


Tujuan UKWMM berdasarkan visi dan misi adalah:

  • Menghasilkan lulusan yang berkompeten di bidangnya, tangguh, berkepribadian luhur, yang selalu mengembangkan diri, mengutamakan kebenaran, dan memiliki tanggung jawab sosial;
  • Menghasilkan penelitian demi pengembangan ilmu, kebenaran, dan kemanusaiaan;
  • Melakukan pengabdian pada masyarakat berdasarkan ilmu dan hasil penelitian dengan semangat kristiani (cinta kebenaran, solidaritas universal, kebebasan dan tanggung jawab, perhatian terhadap yang tersisih, dan pengembangan ilmu dan teknologi bagi kesejahteraan manusia).[4]

  • Program studi


Program studi

  • BIOLOGI
  • PSIKOLOGI
  • BIMBINGAN DAN KONSELING
  • MANAJEMEN
  • AKUNTANSI
  • D3 FARMASI
  • PENDIKAN BAHASA INDONESIA
  • BAHASA INGGRIS
  • PENDIDIKAN MATEMATIKA
  • TEKNIK REKAYASA INDUSTRI[4]

  • Fasilitas


FASILITAS

  • GEDUNG
  • RUANG KULIAH
  • PERPUSTAKAAN
  • LABORATORIUM
  • SISTEM PEMBELAJARAN
  • INTERNET
  • OLAH RAGA
  • UNIT KEGIATAN MAHASISWA[5]

  • Lambang


Lambang Widya Mandala berupa gambar :

Lambang Universitas Widya Mandala Madiun
Lambang Universitas Widya Mandala Madiun (http://unika.widyamandala.ac.id)
  • Bola dunia dengan buku di atasnya, yang melambangkan dunia ilmu pengetahuan;
  • Burung Merpati dan Salib yang melambangkan semangat kehidupan Katolik;
  • Segi lima yang melingkari seluruhnya melambangkan Pancasila;
  • Secara keseluruhan Bola Dunia, Burung Merpati dan Salib, serta Segi lima terletak di atas gambar Piala dengan Tulisan Universitas Katolik Widya Mandala Madiun melambangkan universitas sebagai wadah dunia ilmu pengetahuan yang berasaskan Pancasila dan dijiwai oleh semangat kehidupan Katolik.[6]

  • Semboyan dan Hymne


Semboyan Universitas Katolik Widya Mandala Madiun adalah: “Non Scholae Sed Vitae Discimus“. Artinya, kita belajar bukan demi ilmu pengetahuan belaka lingkupnya yang sempit, melainkan demi kehidupan yang lebih luas.

Hymne Universitas Katolik Widya Mandala Madiun adalah: “Hymne Widya Mandala”.

Hymne Universitas Katolik Widya Mandala Madiun
Hymne Universitas Katolik Widya Mandala Madiun (http://ukdw.widyamandala.ac.id)

  • Kontak


Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya

Kampus Kota Madiun: Jl. Manggis 15 - 17 Madiun, Kode Pos 63131, Jawa Timur

Telepon: (0351)453328 dan (0351)453167

Whatsapp: +6281946234745

Email: universitas@widyamandala.ac.id

Facebook: widya.mandala.madiun

Instagram:  widyamandalamadiun[7]

(Tribunnewswiki/Tyo)



Nama Universitas Katolik Widya Mandala Madiun
Jenis Perguruan tinggi swasta
Lokasi Kota Madiun
Laman http://unika.widyamandala.ac.id
   


Sumber :


1. unika.widyamandala.ac.id


Penulis: Febri Ady Prasetyo
Editor: Natalia Bulan Retno Palupi






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2020 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved