Perpustakaan Kolese St. Ignatius Yogyakarta

Perpustakaan Kolese St. Ignatius menyimpan kurang lebih 150.000 buku dari beragam bidang, dari literatur akademik, filosofi, agama, hingga politik.


zoom-inlihat foto
ruang-baca-kolsani.jpg
Kolsani.or.id
Ruang baca Perpustakaan Kolese St. Ignatius Yogyakarta

Perpustakaan Kolese St. Ignatius menyimpan kurang lebih 150.000 buku dari beragam bidang, dari literatur akademik, filosofi, agama, hingga politik.




  • Informasi awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Perpustakaan Kolese Santo Ignatius atau Kolsani adalah sebuah perpustakaan biara frater dan bruder Serikat Yesus yang menempuh pendidikan Teologi.

Perpustakaan ini terletak di Jalan Abubakarali 1, Kotabaru, Yogyakarta.[1]

Perpustakaan Kolsani memiliki banyak koleksi literatur akademik, filosofi, agama, dan politik.

Selain itu perpustakaan ini dikenal menyimpan literatur terkait persebaran agama Islam pada abad ke-20.[2]

Perpustakaan Kolsani
Perpustakaan Kolsani (Kolsani.or.id)

Baca: Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI)

  • Sejarah


Perpustakaan Kolsani  berdiri pada tahun 1923 dan awalnya merupakan perpustakaan yang sifatnya intern.

Perpustakaan ini awalnya dimaksudkan hanya untuk kalangan sendiri, yakni para pastor dan calon pastor, khususnya ordo Serikat Yesus yang tinggal pada rumah studi Kolese St. Ignatius.

Pada masa penjajahan Jepang, Kolsani sempat diduduki Jepang dan koleksinya banyak yang hilang.

Setelah selesai perang barulah dari pihak Perpustakaan Kolsani kembali mengumpulkan buku-buku
yang hilang.[3]

Seiring dengan berjalannya waktu, perpustakaan kemudian dibuka untuk umum dengan pemikiran agar buku-buku yang dimiliki dapat pula digunakan oleh masyarakat umum.[4]

  • Koleksi dan sistem penomoran


Koleksi buku yang terdapat di Perpustakaan Kolese St. Ignatius sekitar kurang lebih 150.000 buku yang diperoleh antara lain dari: pembelian, hadiah, tukar menukar dan lain sebagainya.

Sebagian besar buku-buku yang dimiliki Perpustakaan Kolese St. Ignatius adalah buku-buku teologi terutama teologi agama Katolik.

Disamping itu terdapat pula buku-buku teologi agama Islam, sejarah kebudayaan Indonesia dan dunia, filsafat, sosiologi, komunikasi, bahasa dan sastra.

Pengunjung dapat mengakses buku-buku tersebut dengan dibaca di Ruang Baca maupun dipinjam.

Sistem penomoran buku-buku di Perpustakaan Kolese St. Ignatius diciptakan seorang pastor yang bernama Pater Van de Bercken.

Sistim penomoran sangat sederhana, yaitu angka – huruf – angka.

Angka depan menunjukkan nomor klasifikasi (pengelompokan tema), sedangkan huruf menunjukkan tinggi-rendahnya buku (ini berhubungan dengan penghematan tempat dalam penataan buku pada almari), nomor di belakang memperlihatkan bahwa buku tersebut; dengan klasifikasi sekian serta ketinggian huruf tertentu; berada pada urutan yang kesekian.

Pengerjaan perpustakaan pada awalnya dilakukan secara manual dengan mengetik seluruh informasi buku pada kartu kartotik dengan urutan: pengarang, penunjuk, rubrik, nomor stand, seri, dan juga mengetik kartotik kata kunci untuk memudahkan pencarian.

Baru mulai tahun 1990-an semua kartotik diinput ke dalam komputer dengan menggunakan Program Foxpro sehingga memudahkan pengunjung untuk mencari buku melalui komputer.

Para pengunjung bisa mencari buku dengan mengetik nama pengarang, judul buku atau artikel, katakunci, person, Kitab Suci, seri, majalah dll.[5]

  • Fasilitas


Fasilitas

  • Ruang Baca ber-AC dengan dilengkapi buku-buku referensi, majalah, dan display buku baru
  • Ruang Sirkulasi yang luas dengan Ruang Tunggu yang nyaman dan pelayanan yang ramah, juga Non-Smoking Area
  • Katalog Perpustakaan yang bisa diakses dengan banyak komputer
  • Pelayanan Foto Copy [6]

  • Jam kunjung


Perpustakaan Kolese St. Ignatius melayani pengunjung dari hari Senin hingga Sabtu dengan ketentuan jam pelayanan sebagai berikut:

  • Senin – Jumat : 08.00-13.00
  • Sabtu : 08.00-11.00

  • Peminjam


Tidak semua orang diperkenankan meminjam buku.

Yang diperkenankan meminjam buku di perpustakaan ini adalah:

  • Seminari Tinggi Santo Paulus Kentungan
  • Mahasiswa Universitas Sanata Dharma jurusan Ippak (Ilmu Pendidikan kekhususan Pendidikan Agama Katolik) dan Teologi
  • Mahasiswa Program S2 Universitas Sanata Dharma (Teologi, Ilmu Religi dan Budaya, Kajian Bahasa Inggris)
  • Mahasiswa Program S2 Teologi Universitas Kristen Duta Wacana
  • Mahasiswa Program CRCS (Cross religion and Cultural Studies) Universitas Gadjah Mada

  • Tata cara kunjungan
    • Pengunjung diwajibkan mengisi Buku Tamu yang tersedia di pintu depan (portir).
    • Setelah masuk ke perpustakaan, pengunjung wajib menyerahkan tanda pengenal (bagi yang belum punya kartu anggota) atau kartu anggota (bagi yang telah memiliki kartu anggota).
    • Pengunjung dapat mengakses katalog buku, jurnal dan majalah pada komputer yang tersedia untuk mencari buku-buku, jurnal, atau majalah yang diperlukan dengan menggunakan bantuan yang terdapat pada program komputer.
    • Pengunjung dapat mencari buku-buku yang dibutuhkan dengan mengetikkan nama pengarang, judul buku, person (person disini bukanlah nama pengarang, namun nama tokoh tertentu yang dicari, misalkan, pengunjung hendak mencari semua hal berkaitan dengan tokoh Abdurrahman Wahid, maka pada kolom person diketikkan nama Abdurrahman Wahid dan akan keluar semua buku yang dikarang beliau maupun buku/jurnal yang membahas beliau dan ajaran/pemikirannya), kata kunci (mis. tentang kejawen, maka pengunjung tinggal mengetik kata kejawen), Kitab Suci (apabila hendak mencari yang berhubungan dengan kitab-kitab dalam kitab suci), buku seri, jurnal majalah dll. Di sini pengunjung bisa mencetak dengan kertas yang tersedia secara gratis.
    • Setelah menemukan buku yang dibutuhkan, pengunjung mengisi blangko Pesan Buku yang tersedia. Setelah itu petugas akan mengambilkan buku yang dibutuhkan (apabila buku yang dimaksud tersimpan di basement/gudang buku) atau pengunjung dapat mengambilnya sendiri apabila buku tersebut berada di Ruang Baca.
    • Apabila pengunjung akan meminjam buku untuk dibawa pulang, pengunjung wajibmengisi blanko kartu pinjam yang berwarna biru. Lama peminjaman buku adalah satu bulan dengan jumlah maksimal buku yang dapat dipinjam adalah sebanyak 5 buah. Keterlambatan pengembalian akan dikenai denda sebesar Rp250,- per buku per hari.
    • Bagi pengunjung yang tidak dapat membawa pulang buku perpustakaan, perpustakaan menyediakan fasilitas fotokopi namun pengunjung tidak diperkenankan untuk memfotokopi seluruh buku, hanya diperbolehkan memfotokopi artikel yang dibutuhkan.




Nama Perpustakaan Kolese St. Ignatius (Kolsani)
Alamat Jalan Abubakarali 1, Kotabaru, Yogyakarta.
   








KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2020 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved