Peringatan Hari Anak Nasional 2020

Hari Anak Nasional 2020 merupakan peringatan resmi yang digelar oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.


zoom-inlihat foto
logo-hari-anak-nasional-2020.jpg
Laman Kemen PPPA
Logo Hari Anak Nasional 2020

Hari Anak Nasional 2020 merupakan peringatan resmi yang digelar oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.




TRIBUNNEWSWIKI.COM - Peringatan Hari Anak Nasional setiap tanggal 23 Juli dimaknai sebagai kepedulian seluruh bangsa Indonesia terhadap perlindungan anak.

Hal itu penting agar anak bisa tumbuh dan berkembang secara optimal.

Dengan demikian, bisa mendorong keluarga Indonesia menjadi lembaga pertama dan utama dalam memberikan perlindungan kepada anak.

Upaya ini diharapkan bisa menghasilkan generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas, ceria, berakhlak mulia, dan cinta tanah air di masa Pandemi Covid-19.

Peringatan HAN di masa pandemi Covid-19 ini adalah momentum untuk meningkatkan kepedulian semua pilar bangsa Indonesia, baik orangtua, keluarga, masyarakat, dunia usaha, media massa dan pemerintah terhadap pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak.

Melalui kepedulian dalam menghormati, menghargai, dan menjamin hak-hak anak tanpa diskriminasi, serta memastikan segala hal yang terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan 79,55 juta anak Indonesia secara optimal (ProfilAnak Indonesia 2019).

Baca: Sejarah Hari Anak Nasional

Ilsutrasi Hari Anak
Ilsutrasi Hari Anak (Instagram.com/@unicef)

Tujuan Umum

Sebagai bentuk penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak anak sebagai generasi penerus bangsa.

Tujuan Khusus

  • Memberikan pemahaman bahwa anak merupakan generasi penerus cita-cita perjuangan bangsa dan karenanya anak harus memiliki bekal keimanan, kepribadian, kecerdasan, keterampilan, jiwa dan semangat kebangsaan serta kesegaran jasmani agar dapat tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang berbudi luhur, bersusila, cerdas dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dengan demikian upaya pembinaan anak perlu pula diarahkan untuk menggugah dan meningkatkan kesadaran akan hak, kewajiban dan tanggung jawab kepada orang tua, masyarakat, bangsa dan Negara.
  • Mendorong pemerintah, dunia usaha, lembaga kemasyarakatan, dunia pendidikan dan media massa menjadi leading sector untuk melakukan kerjakerja aktif yang berimplikasi terhadap tumbuh kembang anak dengan cara melakukan pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak di sektor masingmasing.
  • Mendorong terwujudnya Indonesia Layak Anak (IDOLA) 2030.
  • Menurunkan angka kekerasan terhadap anak. Data Simfoni (Sistem Informasi Online Perlindungan Perempuan dan Anak) KemenPPPA menyebutkan pada Tahun 2019 terdapat 19.626 kasus kekerasan terhadap anak, sedikit lebih rendah dibandingkan Tahun 2018 yaitu sebanyak 21.374 kasus. Bila dilihat dari jumlah korban kekerasan terhadap anak tahun 2019 jumlah korban sebanyak 11.370 anak menurun dibandingkan Tahun 2018 sebesar 12.395.
  • Meningkatkan peran keluarga dalam pengasuhan
  • Memastikan anak-anak tetap dirumah dan bergembira selama masa pandemi Covid-19

Baca: Peringatan Hari Anak Nasional 2019

Ilustrasi Hari Anak Nasional --- Sejumlah siswa mengenakan masker saat mengikuti pelajaran di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Sunter Agung 09, Jakarta Utara, Rabu (4/3/2020).
Ilustrasi Hari Anak Nasional --- Sejumlah siswa mengenakan masker saat mengikuti pelajaran di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Sunter Agung 09, Jakarta Utara, Rabu (4/3/2020). (Tribunnews.com)

Logo HAN 2020

Logo Hari Anak Nasional 2020
Logo Hari Anak Nasional 2020 (Laman Kemen PPPA)

Makna

3 anak yang ingin menggapai bintang

Setiap anak termasuk anak disabilitas memiliki impian (cita-cita) yang dapat diraih dengan doa, semangat dan dukungan keluarga.

Anak sebagai generasi penerus bangsa, perlu didukung dan dilindungi, agar tumbuh sebagai manusia dewasa yang berjiwa Pancasila.

Background lingkaran berwarna abu

Situasi akibat pandemi Covid-19, yang berdampak pada dunia anak anak dengan perubahan pola hidup , tetap harus diupayakan terpenuhi haknya, bergembira dan penuh kreatifitas, dalam perlindungan keluarga.

Warna Merah dan Putih

Menjadi kebersamaan dan nasionalisme anak anak Indonesia untuk tetap kreatif dan bersemangat tetap saling mendukung dalam melewati masa sulit.

  • Tema


Tema Hari Anak Nasional 2020 adalah "Anak Terlindungi, Indonesia Maju."

Adapun tagline yang digunakan adalah #AnakIndonesiaGembiraDiRumah.

Presiden Jokowi, Ibu Iriana, beserta Menteri Yohana Yembesi duduk bersama anak-anak dalam rangka perayaan Hari Anak Nasional 2017 di Pekanbaru, Riau.
Presiden Jokowi, Ibu Iriana, beserta Menteri Yohana Yembesi duduk bersama anak-anak dalam rangka perayaan Hari Anak Nasional 2017 di Pekanbaru, Riau. (Tribunnews)

  • Protokol Kesehatan


Bagi PenyelenggaraAcara

a. Melakukan pembersihan dan disinfeksi seluruh perlengkapan acara di area yang digunakan.

b. Memastikan lokasi acara memiliki sirkulasi udara yang baik dan memastikan ketersediaan sabun dan air untuk mencuci tangan atau pencuci tangan berbasis alkohol.

c. Mewajibkan peserta mengenakan masker.

d. Melakukan screening awal melalui pemeriksaan suhu tubuh dan orang dengan gejala pernapasan seperti batuk/flu/sesak napas di pintu masuk. Jika ditemukan peserta dengan suhu >37,30oC (2 kali pemeriksaan dengan jarak 5 menit), tidak diperkenankan masuk dan diminta untuk melakukan pemeriksaan kesehatan.

e. Melakukan pembatasan jarak fisik minimal 1 meter dengan memberikan tanda khusus di lantai.

f. Menyediakan dispenser air dan sabun cuci tangan di area yang banyak dilewati peserta.

g. Memasang media informasi untuk mengingatkan peserta agar mengikuti ketentuan pembatasan jarak fisik dan mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir/ handsanitizerserta kedisplinanmengenakan masker dengan benar.

h. Memastikan ada pos pemeriksaan kesehatan, ruang transit dan petugas kesehatan di setiap acara besar. Jika pada saat acara, ada peserta yang sakit segera dilakukan pemeriksaan, jika kondisinya memburuk, pindahkan ke ruang transit dan segera rujuk ke RS rujukan.

Bagi Peserta

a. Pastikan dalam kondisi sehat sebelum berangkat menuju lokasi kegiatan. Peserta yang mengalami gejala seperti deman/batuk/pilek/sakit tenggorakan disarankan untuk tidak berangkat ke lokasi.

b. Selalu mengenakan masker dengan benar selama berada di area publik. c. Jaga kebersihan tangan dengan sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan handsanitizer.

d. Hindari menyentuh area wajah seperti mata, hidung dan mulut sebelum mencuci tangan dengan sabun atau handsanitizer.

e. Tetap memperhatikan jaga jarak/physical distancing minimal 1 meter dengan orang lain.

f. Segera mandi dan berganti pakaian sebelum kontak dengan anggota keluarga sesampainya di rumah. Bersihkan handphone, kacamata, tas, dan barang lainnya dengan cairan desinfektan.

Artikel ini ditayangkan ulang dari Panduan Hari Anak Nasional 2020 yang diterbitkan oleh Deputi Bidang Perlindungan Anak, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia.

Panduan lengkap bisa diunduh lewat link berikut.

(TRIBUNNEWSWIKI.COM/Nur)



Nama Hari Anak Nasional 2020
Kategori Peringatan Resmi
Pelaksana Kemen PPPA
   








KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved