Universitas Muhammadiyah Pontianak

Universitas Muhammadiyah Pontianak merupakan satu dari 178 Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Indonesia


zoom-inlihat foto
universitas-muhammadiyah-pontianak.jpg
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Universitas Muhammadiyah Pontianak

Universitas Muhammadiyah Pontianak merupakan satu dari 178 Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Indonesia




  • Informasi #


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Universitas Muhammadiyah Pontianak atau yang disingkat UM Pontianak merupakan perguruan tinggi swasta (PTS) yang ada Kota Pontianak.

Universitas Muhammadiyah Pontianak merupakan satu dari 178 Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Indonesia.

Pendirian Universitas Muhammadiyah Pontianak diprakarsai oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Barat periode 1985 – 1990.

Pada awal pendirian (1990 – 1991) kegiatan administrasi dan perkuliahan dilaksanakan di Komplek  Perguruan Muhammadiyah (gedung SMA Muhammadiyah) Jalan A. Yani Pontianak.

Selanjutnya, pada akhir tahun 1991 Universitas Muhammadiyah Pontianak membeli gedung olah raga yang terletak di Jalan A. Yani No. 111 Pontianak, bersebelahan dengan Gedung Komisi Pemilihan (KPU) Provinsi serta Kantor Gubernur Kalimantan Barat.

Sehingga pada akhir tahun yang sama seluruh kegiatan administrasi dan perkuliahan dilaksanakan di gedung tersebut setelah dilakukan renovasi.

Pada tahun 1991, UMP mendirikan Fakultas Tarbiyah Jurusan Pendidikan Agama Islam sesuai dengan SK Menteri Agama Nomor: 125 Tahun 1991 tanggal 12 Juli 1991.

Kemudian pada tahun 1996. , suai dengan SK Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 499 Tahun 1996, Fakultas (FAI) Tarbiyah berubah nama menjadi Fakultas Agama Islam, kemudian pada tahun yang sama Fakultas Pertanian berubah menjadi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.

Pada 2002, FAI mendirikan Program Diploma II Pendidikan Guru Taman Kanak-Kanak Islam (PGTKI) sesuai dengan SK Koordinator Kopertais Wilayah XI Kalimantan Nomor: C/II/07/2002, dan ditutup pada tahun 2006 karena UMP mendirikan prodi Diploma II Pendidikan Anak Usia Dini.

Pada tahun 2003 UMP mendirikan Fakultas Kesehatan dengan Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat sesuai dengan surat Depdiknas Dirjen Dikti Nomor 1621/D/T/2003 tanggal 31 Juli 2003.

Tahun 2007, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) didirikan karena 2 (dua) Program studi yang diusulkan diberi izin operasional berdasarkan SK Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) No. 2929/D/T/ 2007 yaitu Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Kimia yang keduanya untuk jenjang strata satu (S1). (1)

Baca: Universitas Satyagama

Baca: Universitas Klabat

  • Visi Misi #


Visi

”Menjadi universitas yang unggul dalam pengembangan iptek, seni dan sumber daya manusia untuk pemberdayaan masyarakat berdasarkan nilai-nilai ke Islaman”

Misi

  • Untuk mewujudkan visi di atas, maka Universitas Muhammadiyah Pontianak merumuskan misinya sebagai berikut.
  • Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran, penelitian serta pengabdian kepada masyarkat secara profesional sesuai nilai-nilai keislaman.
  • Memajukan dan mengembangkan iptek dan seni sesuai tuntutan perubahan atau perkembangan zaman.
  • Mengembangkan dan meningkatkan kualitas sumberdaya manusia, dosen dan karyawan, untuk menghasilkan lulusan yang mempunyai jiwa kemandirian dalam berbagai ilmu pengetahuan, keahlian, teknologi dan seni.
  • Membangun pusat-pusat keunggulan (centre of excellence) sesuai kompetensi yang dimiliki dan unggulan strategis daerah.
  • Menjalin kerjasama yang berkelanjutan dengan stakeholders di tingkat daerah dan pusat, masyarakat, industri dan dunia usaha baik lokal, regional, nasional maupun internasional.

Tujuan

  • Menghasilkan lulusan yang bermutu tinggi dengan menguasai iptek dan seni secara profesional dan Islami serta berdaya saing tinggi.
  • Menciptakan dan mengembangkan sinergisme iptek dan seni sesuai dengan tuntutan perkembangan atau perubahan zaman yang bermanfaat bagi kesejahteraan umat.
  • Meningkatkan dan mengembangkan profesionalisme para dosen dan karyawan dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas.
  • Menciptakan dan mengembangkan relevansi pendidikan sesuai kompetensi yang dimiliki dengan stakeholders berdasarkan keunggulan strategis daerah dalam menghadapi daya saing regional, nasional dan global.
  • Memperkuat organisasi dan pencitraan publik melalui pengembangan kerjasama (net working) dengan berbagai stakeholders di tingkat regional, nasional dan internasional untuk menciptakan organisasi yang sehat, mandiri, dan kompetitif. (2)

Baca: Universitas Nusantara Manado

  • Lambang #


Lambang UM Pontianak berbentuk gambar matahari dengan dua belas sinar yang memancar kesegenap penjuru, dengan warna kuning keemasan diambil dari lambang Persyarikatan Muhammadiyah.

Ditengah-tengah matahari tertulis Muhammadiyah dengan huruf Arab yang berarti: Pengikut Nabi Muhammad SAW.

Pada lingkaran luar sebelah atas tertulis syahadat tauhid dengan huruf Arab: “Asyhadu Anla ilaaha illa Allah”, yang artinya “Saya bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah”.

Pada lingkaran luar sebelah luar sebelah bawah tertulis syahadat Rasul dengan huruf Arab: “Wa asyhadu anna Muhammad Rasulullah”, yang artinya “Dan saya bersaksi bahwa sesungguhnya nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah”.

Lambang Universitas Muhammadiyah Pontianak
Lambang Universitas Muhammadiyah Pontianak (unmuhpnk.ac.id)

Makna

  • Gambar Matahari adalah benda angkasa luar ciptaan Allah, sinarnya sangat berguna bagi kehidupan. Persyarikatan Muhammadiyah menggambarkan gerak dan manfaatnya bagaikan matahari dengan sinarnya yang selalu memberikan manfaat bagi hidup dan kehidupan manusia.
  • Lukisan padi dan kapas terdiri dari 19 dan 12 tangkai, gabungan keduanya menunjukkan tahun berdirinya Persyarikatan Muhammadiyah di Indonesia yang juga berarti lambang kemakmuran dan kesejahteraan yang menjadi cita-cita bangsa yang akan diperjuangkan oleh UM Pontianak.
  • Lingkaran segi lima adalah simbol falsafah Pancasila yang berisi lima sila.
  • Lambang yang tersebut juga dipergunakan untuk bendera, vandel dan logo resmi lainnya. (3)

Baca: Universitas Islam Kadiri

Baca: Universitas Muhammadiyah Jember

  • Akademik #


Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan

  • Budidaya Perairan

Fakultas Ilmu Kesehatan

  • Kesehatan Masyarakat

Fakultas Ekonomi

  • Manajemen

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Keguruan & Pendidikan

Fakultas Teknik

  • Teknik Informatika
  • Teknik Mesin

Fakultas Agama Islam

  • Ilmu Agama Islam (4)

(Tribunnewswiki.com/Ami Heppy)



Nama Universitas Muhammadiyah Pontianak
Lokasi Jl. Ahmad Yani No. 111 , Pontianak, Kalimantan Barat
Email kontak@unmuhpnk.ac.id
Telepon 0561 764571
Fax 0561 764571
Website unmuhpnk.ac.id


ARTIKEL REKOMENDASI



KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2023 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved