Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Maluku (Poltekkes Maluku)

Kampus Poltekkes Maluku terletak di JL. Laksdya Leo Wattimena, Negeri Lama - Ambon. Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Maluku merupakan perguruan tinggi kedinasan yang berada di Ambon dengan penyelenggaraan pendidikan tenaga kesehatan berstrata Diploma III dan Diploma IV


zoom-inlihat foto
logo-poltekkes-ambon.jpg
http://poltekkes-maluku.ac.id/
Logo Poltekkes Maluku

Kampus Poltekkes Maluku terletak di JL. Laksdya Leo Wattimena, Negeri Lama - Ambon. Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Maluku merupakan perguruan tinggi kedinasan yang berada di Ambon dengan penyelenggaraan pendidikan tenaga kesehatan berstrata Diploma III dan Diploma IV




  • Informasi Awal #


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Maluku merupakan perguruan tinggi kedinasan yang berada di Maluku dengan penyelenggaraan pendidikan tenaga kesehatan berstrata Diploma III dan Diploma IV, di bawah naungan Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan, Badan Pengembangan dan Pemberdayaan SDM Kesehatan, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Politeknik Kesehatan adalah Unit pelaksana teknis di lingkungan Departemen Kesehatan yang dipimpin oleh Direktur yang berada di bawah Kepala Badan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (PSDM) dan sehari-hari bertanggung jawab ke Pusdiknakes.

Pembinaan dilakukan oleh Kepala Pusdiknakes. Politeknik Kesehatan mempunyai tugas melaksanakan pendidikan profesional dalam program diploma I, diploma II, diploma III dan/atau diploma IV sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kampus Poltekkes Maluku terletak di JL. Laksdya Leo Wattimena, Negeri Lama - Ambon.

Baca: Politeknik Kesehatan Jakarta III (Poltekkes Jakarta III)

  • Sejarah #


Pembentukan Poltekkes ditetapkan dengan Keputusan Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan Republik Indonesia Nomor 298/Menkes-Kessos/SK/IV/2001, tanggal 16 April 2001 tentang Organisasi Tata Kerja Poltekkes.

Perubahan kebijakan ini terjadi pula pada institusi Pendidikan Tenaga Kesehatan di Propinsi Maluku,yaitu dengan diterbitkannya Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor  1207/Menkes/SK/XI/2001 tahun 2001 Tentang Pembentukan Poltekkes Malang, Palangkaraya, Banda Aceh, Ambon dan Ternate.

Poltekkes Ambon yang dalam perwujudannya adalah merupakan penggabungan dari 7 (tujuh) Akademi Kesehatan di Propinsi Maluku yaitu Pendidikan Ahli Madya Keperawatan Depkes Ambon, Akademi Kesehatan Lingkungan MSA Depkes Ambon,Akademi  Gizi MSA Depkes Ambon, Akademi Keperawatan MSA Depkes Ambon, Akademi Kebidanan Depkes Ambon, Akademi Keperawatan Depkes Tual dan Akademi Keperawatan Depkes Masohi, maka sejak awal berdirinya, Poltekkes Kemenkes Maluku dengan memantapkan tekadnya untuk senantiasa menjadi lembaga pendidikan tinggi yang unggul dan trampil sesuai dengan kompetensinya.

Seiring dengan perkembangan keadaan, Politeknik Kesehatan Kemenkes Maluku berusaha untuk selalu menyesuaikan diri dengan dinamika perkembangan pendidikan tinggi ditingkat lokal, regional, nasional, bahkan internasional, tata aturan perundangan yang berlaku, serta tuntutan masyarakat/dunia kerja.

Hal tersebut memerlukan kematangan akademik, serta kesiapan dari sivitas akademikanya, yang harus dilandasi kematangan moral, etika, dan budaya yang menyentuh nilai-nilai jatidiri Politeknik Kesehatan Kemenkes Maluku. Guna mewujudkan kondisi demikian sangatlah penting membuat persiapan dengan baik dan komprehensif.

Salah yaitu adanya pedoman akademik bagi segenap sivitas akademika. Pedoman ini menjadi acuan kegiatan seluruh sevitas akademika dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Dalam implementasinya, pedoman ini masih memerlukan rincian dan uraian lebih lanjut oleh komponen pelaksana akademik, seperti fakultas,program studi, serta unit pelaksana lainnya (laboratorium, pengelola praktik lapangan.

Selain itu Buku Panduan Akademik Politeknik Kesehatan Kemenkes Maluku merupakan salah satu dokumen yang menjadi pedoman bagi sivitas akademika dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi di lingkungan Politeknik Kesehatan Kemenkes Maluku yang meliputi kegiatan Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat serta kegiatan penunjang lainnya.

Baca: Politeknik Kesehatan Kendari (Poltekkes Kendari)

  • Visi dan Misi #


Visi Poltekkes Kemenkes Maluku

Terwujudnya pendidikan tinggi kesehatan unggulan yang menghasilkan tenaga kesehatan kompeten berbasis kepulauan di tahun 2023.

Misi Poltekkes Kemenkes Maluku

  • Meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat berbasis kepualauan.
  • Mengembangkan learning Organisation (Organisasi Pembelajaran) menuju keunggulan.
  • Menguatkan kerjasama, aliansi strategis dan jejaring dengan lembaga pemerintahan dan swasta.
  • Mengembangkan sumber daya pendidikan sesuai dengna kebutuhan dan standar serta mengikuti dinamika ilmu dan teknologi.

Baca: Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Banten (Poltekkes Banten)

  • Program Studi #


D-III Keperawatan

D-III Kebidanan

D-III Gizi

D-III Kesling

  • Kontak #


Hubungi Kami

Politeknik Kesehatan Maluku

JL. Laksdya Leo Wattimena, Negeri Lama - Ambon

Telp: 0911-362 949

E-mail: direktorat@poltekkes-maluku.ac.id

(Tribunnewswiki.com/Ekarista)



Kampus Politeknik Kesehatan Maluku
Alamat JL. Laksdya Leo Wattimena, Negeri Lama - Ambon
Google Map https://goo.gl/maps/LseVb3airTgpGEqP8
   


ARTIKEL REKOMENDASI



KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2023 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved