Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Banking School (STIE IBS)

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Banking School adalah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang terletak di Daerah Khusus Ibukota Jakarta dengan akreditasi institusi B.


zoom-inlihat foto
stie-ibs.jpg
ibs.ac.id
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Banking School

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Banking School adalah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang terletak di Daerah Khusus Ibukota Jakarta dengan akreditasi institusi B.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Banking School atau STIE IBS adalah sebuah institusi pendidikan berbentuk Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang terletak di Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Banking School berdiri pada 2004.

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Banking School saat ini dipimpin oleh Ketua bernama Dr. Kusumaningtuti Sandriharmy Soetiono, S.H, LL.M.

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Banking School beralamat di Jl. Kemang Raya No.35, RT.7/RW.1, Bangka, Mampang Prapatan, RT.6/RW.1, Bangka, Kecamatan Mampang Prapatan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12730, Indonesia.

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Banking School berada dibawah naungan Yayasan Pengembangan Perbankan Indonesia.

  • Sejarah


IBS secara resmi beroperasi sejak tahun 2004, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor: 37/D/O/2003. Pendirian IBS merupakan pengembangan dari Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI), lembaga nirlaba yang memberikan jasa kepada perbankan dan masyarakat dalam membentuk tenaga bankir profesional.

Secara historis LPPI sudah berperan lebih dari 50 tahun, cikal bakalnya didirikan sejak tahun 1950-an. Nama dan kegiatan lembaga ini sempat mengalami beberapa perubahan, dimulai dari Akademi Bank, Pendidikan Tinggi Ilmu Keuangan khususnya Perbankan (PTIKP), Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) dan Institut Bankir Indonesia (IBI). Namun sejak tahun 2004 lembaga ini kembali melakukan kegiatannya dengan nama LPPI lagi.

Pada tahun 2008, BAN-PT sebagai Lembaga resmi penilaian akreditasi, memberikan nilai “B” dan pada tahun 2016 mempunyai nilai akreditasi yang sama.

Nilai akreditasi tersebut diperoleh bagi program studi Strata satu (S1) baik Prodi Akuntansi maupun Prodi Manajemen. Secara resmi ijin untuk dua prodi tersebut pada kekhususan bidang perbankan.

Pada bulan September 2008 untuk pertama kalinya IBS berhasil mewisuda sarjana S1 sebanyak 59 orang. Sampai dengan saat ini IBS telah mewisuda sarjana S1 sebanyak 1.399 (seribu tiga ratus sembilan puluh Sembilan) orang.

Para alumni IBS sudah bekerja di berbagai bidang, terutama keuangan, perbankan, bahkan beberapa alumni sudah ada yang memiliki bisnis sendiri.

Pada tahun 2010 berdasarkan Surat keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor: 98/D/O/2010, IBS diberi ijin menyelenggarakan program studi S2 Magister Manajemen. Tahun 2013 prodi MM, mendapatkan akreditasi B dari BAN-PT. Sampai saat ini, prodi MM telah meluluskan 168 (serratus enam puluh delapan)  orang. Pada saat berkuliah di MM sebagian besar merupakan karyawan bank, antara lain Bank Indonesia, Bank Mandiri Syariah, Panin Syariah, Bank BRI, BRI Syariah, Bank Bukopin, Bank DKI, Bank Exim, Bank Capital, Citibank, Bank BNI, Bank BTN.

Pada tahun 2016 berdasarkan surat keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi No. 403/KPT/I/2016 tahun 2016, IBS telah mendapatkan izin untuk menyelenggarakan Program strata satu Manajemen Keuangan dan Perbankan Syariah sejak September 2016, prodi ini telah menerima mahasiswa untuk angkatan pertama.

Tahun 2018, untuk pertama kalinya prodi ini telah meluluskan 19 (senmbilan belas) orang. Lulusan ini berasal pindahan dari prodi manajemen konsentrasi Syariah.

Sejak tahun 2014 sampai saat ini, baik prodi Akuntansi, Manajemen, Manajemen Keuangan dan Perbankan Syariah, maupun MM sedang ditingkatkan semua aktivitas dan tata kelolanya. Peningkatan di segala bidang ini bertujuan untuk mendapatkan reakreditasi dengan nilai A dari BAN-PT.

Berbagai upaya yang sedang dilakukan diharapkan juga mampu menjadikan nilai akreditasi A secara institusi.

IBS menjalin kerja sama (networking) dengan berbagai institusi, terutama yang erat kaitannya dengan bidang keuangan dan perbankan. MoU yang sudah terjalin meliputi kerja sama dengan Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan. Bentuk kerja sama lainnya antara lain dengan:  Bank Mandiri, Bank Syariah Mandiri, Bank Muamalat Indonesia, Bank BCA Syariah, Panin Syariah, Bank Danamon Indonesia, BRI Syariah, BNI Syariah, Bank Mega Syariah, BTPN Syariah, Bukopin, Bank DKI, Bank UOB.

Pada tahun 2014 Bank Mandiri memberikan dana hibah untuk penyempurnaan lapangan olahraga indoor. Selain itu Bank Mandiri juga memberikan hibah pembangunan mini bank. Bank Syariah Mandiri memberikan hibah pembangunan Musala pada tahun 2014.

Pada tahun 2015 Bank BRI menyumbangkan dana untuk mendirikan kantin yang dapat digunakan untuk makan siang bagi mahasiswa, karyawan dan masyarakat sekitar kampus. Pada tahun 2018 ini Bank BNI memberikan hibah untuk perbaikan ruang serta fasilitas belajar mengajar.

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Banking School.
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Banking School. (infopmbindonesia)

  • Visi dan Misi


Visi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Banking School :

”Terwujudnya Banking School yang Unggul di ASEAN pada tahun 2025”

Misi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Banking School :

  • Melalui tridarma perguruan tinggi (pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat) STIE IBS dapat ikut serta mensejahterakan Bangsa Indonesia, menyampaikan kebenaran dan membawa rahmat bagi alam semesta.
  • Melalui tridarma perguruan tinggi (pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta kegiatan penunjang lainnya) STIE IBS dapat mengembangkan dan menyebarkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang sesuai dengan perkembangan.
  • Melalui tridarma perguruan tinggi (pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta kegiatan penunjang lainnya) STIE IBS dapat menghasilkan lulusan yang berintegritas, memiliki keunggulan keilmuan keuangan dan perbankan, memiliki keterampilan dalam bidangnya, professional dan mandiri.

  • Tujuan dan Nilai


Tujuan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Banking School :

Menyelenggarakan Pendidikan Tinggi yang high quality, sustainable dan growing. Adapun tujuan Pendidikan IBS adalah, menghasilkan lulusan yang:

  • Wawasan kebangsaan, jujur, ber-etika, disiplin, sehat jasmani, rohani dan spiritual serta rajin beribadah.
  • Menguasai ilmu pengetahuan keuangan dan perbankan baik secara konvensional maupun syariah dan mampu menerapkan dalam dunia kerja dan berdaya saing tinggi.
  • Memiliki keterampilan dalam keahlian teknis (hard skill), berorganisasi dan bermasyarakat, berkomunuikasi secara interpersonal maupun organisasi dan dapat membangun jaringan (networking) dan kerelasian (relationship).
  • Mampu mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya yang berkepribadian Indonesia.
  • Mampu membangun kerelasian dan link dan match dengan masyarakat, industri dan Negara Republik Indonesia.

Nilai-Nilai Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Banking School :

  • Integritas (Integrity)
  • Pengetahuan (Knowledge)
  • Keterampilan (Skill)

  • Program Studi


Berikut program studi di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Banking School :

Sarjana (S-1)

  • Manajemen
  • Akuntansi
  • Manajemen Keuangan dan Perbankan Syariah

Pascasarjana (S2)

  • Manajemen

  • Organisasi


Struktur organisasi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Banking School :

Pimpinan Sekolah Tinggi

Ketua : Dr. Kusumaningtuti Sandriharmy Soetiono, S.H, LL.M

Wakil Ketua I : Yohanes Santoso Wibowo, S.E., Ak., M.B.F.

Wakil Ketua II : Dr. Ahmad Adriansyah, S.T., M.Si.

Direktur Pascasarjana : Dr. Joni Swastanto, S.E., M.Sc.

  • Kontak


Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Banking School :

Jl. Kemang Raya No.35, RT.7/RW.1, Bangka, Mampang Prapatan, RT.6/RW.1, Bangka, Kecamatan Mampang Prapatan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12730, Indonesia

Telepon : (021) 71791838, 71791979, 7195474

Email : admin@ibs.ac.id

Informasi pendaftaran mahasiswa baru Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Banking School  

(Tribunnewswiki.com/Ris)



Nama Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Banking School
Alamat Jl. Kemang Raya No.35, RT.7/RW.1, Bangka, Mampang Prapatan, RT.6/RW.1, Bangka, Kecamatan Mampang Prapatan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12730, Indonesia
Google Map google.com/maps/place/Indonesia+Banking+School
Situs ibs.ac.id
Ketua Dr. Kusumaningtuti Sandriharmy Soetiono, S.H, LL.M








KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

  • Conny Dio

    Conny Dio merupakan penyanyi rock Indonesia
Tribun JualBeli
© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved