Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS)

Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya atau UKWMS adalah universitas swasta di kota Surabaya. Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya telah bediri sejak 20 September 1960, Kampus utama UKWMS terletak di Jl. Dinoyo 42-44 Surabaya.


zoom-inlihat foto
logo-universitas-katolik-widya-mandala.jpg
https://ukwms.ac.id/
Logo Universitas Katolik Widya Mandala

Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya atau UKWMS adalah universitas swasta di kota Surabaya. Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya telah bediri sejak 20 September 1960, Kampus utama UKWMS terletak di Jl. Dinoyo 42-44 Surabaya.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya atau UKWMS adalah universitas swasta di kota Surabaya.

 UKWMS juga terakreditasi AIPT dengan Peringkat A (SK BAN-PT Nomor: 2994/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2016) yang diakui kualitasnya sebagai salah satu dari 50 universitas pilihan Ditjen Dikti RI yang layak dipromosikan ke luar negeri (50 Promising Indonesian Universities).

Universitas ini merupakan salah satu dari 58 universitas di Indonesia yang memenuhi kelayakan penjaminan mutu, serta mendapat penghargaan sebagai 5 Perguruan Tinggi Unggulan dalam bidang Tata Kelola, bidang Kemahasiswaan, dan bidang Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat dari Kopertis Wilayang VII Jawa Timur.

Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya telah bediri sejak 20 September 1960,

Kampus utama UKWMS terletak di Jl. Dinoyo 42-44 Surabaya.

Baca: Universitas Widya Mataram (UWM)

 

  • Sejarah


Gagasan mendirikan Yayasan Pendidikan Tinggi Katolik telah dimulai sejak Perang Dunia I sekitar tahun 1914-1919. Pada saat itu, banyak lulusan HBS (Hogere Burger School/Sekolah Menengah Atas), tidak dapat melanjutkan pendidikan tinggi mereka ke Nederland, karena keadaan dan hambatan transportasi ke Eropa.

Kemudian tahun 1950-an dikenal sebagai “Era Kebangkitan Perguruan Tinggi Katolik”. Pada tahun 1958, setelah didirikan beberapa universitas Katolik di kota-kota di Indonesia, Mgr. J. Klooster, CM selaku Uskup Surabaya mendirikan Yayasan Widya Mandala.

Widya Mandala berasal dari bahasa Jawa kuno; Mandala artinya gedung atau tempat dalam arti tidak hanya fisik dan Widya artinya sarjana. Jadi Widya Mandala dapat diartikan sebagai tempat pendidikan untuk orang bijaksana dan sukses (sarjana). Beberapa orang juga menyerderhanakan arti Widya Mandala sebagai tempat atau wadah ilmu pengetahuan.

Yayasan Widya Mandala Surabaya bertujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan Bangsa Indonesia dengan menyelenggarakan, memelihara, dan mengembangkan Perguruan Tinggi agar terbentuk manusia Indonesia yang bermoral dan berpendidikan serta berpengetahuan tinggi.

Tanggal 20 September 1960 ditetapkan sebagai hari jadi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS). Pada saat didirikan, UKWMS hanya memiliki satu fakultas dan berlokasi di Jalan Dr. Soetomo, Surabaya. Kini ada sepuluh fakultas, program pascasarjana (S2 dan S3), serta Akademi Sekretari (D3). Kegiatan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya dituangkan dalam bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri atas Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Sebagai salah satu universitas swasta tertua di Surabaya, UKWMS memiliki empat gedung kampus untuk menunjang proses belajar mengajar. Kampus utama berlokasi di Jalan Dinoyo 42, dihuni oleh Fakultas Bisnis, Fakultas Ilmu Komunikasi, dan Fakultas Teknologi Pertanian.

Kampus kedua berlokasi di Jalan Kalijudan 38, dihuni oleh Fakultas Teknik dan Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan. Kampus ketiga berlokasi di Jalan Dinoyo 48, dihuni oleh Program Pascasarjana.

Gedung kampus terbaru yang diresmikan pada tahun 2013 adalah Integrated and Comprehensive Health Sciences Campus dan berlokasi di Jalan Kalisari Selatan 7 kompleks Pakuwon City.

Mengusung metode pembelajaran terpadu lintas ilmu kesehatan; di kampus keempat ini terdapat Fakultas Farmasi, Fakultas Psikologi, Fakultas Keperawatan, Fakultas Filsafat, dan Fakultas Kedokteran.

Baca: Profil Kampus - Universitas Kristen Petra (UK Petra)

  • Visi, Misi dan Nilai


VISI

Terbentuknya komunitas akademik yang reflektif, kreatif, dan berdampak positif bagi peningkatan kehidupan sesama, serta dilandasi oleh nilai-nilai Pancasila dan prinsip-prinsip Katolik.

MISI

Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan ilmu yang terintegrasi dengan pengabdian kepada masyarakat dalam upaya menghasilkan lulusan yang profesional, menguasai ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya, dan terbuka secara moral terhadap perubahan dan pengembangan serta memiliki solidaritas dan rasa hormat yang tinggi untuk layanan dan dedikasi bagi mereka dalam masyarakat yang paling membutuhkan dukungan.

NILAI

Dengan didasari manajemen pendidikan tinggi yang profesional untuk mencapai kesejahteraan karyawan dan mahasiswa dalam bidang jasmani dan rohani, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya mengutamakan nilai-nilai :

Peduli

Sikap yang menunjukkan perhatian yang besar terhadap sesama warga di lingkungan UKWMS dan para pemangku kepentingan, mengindahkan segala tata peraturan dan kebijakan yang ditetapkan oleh lembaga, serta aktif ikut bagian dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan, baik internal maupun eksternal.

Komit

Kesediaan untuk berbuat sesuai dengan amanah, tuntutan lembaga ataupun kewajiban sebagai warga UKWMS. Ini sikap minimal maupun normatif. Diharapkan para warga UKWMS memiliki sikap komit yang afektif, yang sejauh mungkin  “beyond the call of duty”

Antusias

Sikap amat bergairah, sangat berminat, dan bersemangat berapi-api dalam setiap tugas dan kegiatan yang diemban ataupun dilaksanakan; tidak ada rasa keterpaksaan, bahkan (serasa) selalu ingin melaksanakannya. Sikap yang menimbulkan gairah positif, dan meningkatkan kualitas hubungan dengan orang-orang lain, serta terbuka terhadap ide-ide ataupun peluang baru.

Baca: Profil Kampus - Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (Unika Atma Jaya)

  • Keunggulan dan Prestasi


INTEGRATED EDUCATION

Sebagai a life-improving university, yaitu universitas yang mengembangkan kehidupan, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya saat ini berinovasi mengembangkan program-program unggulan, di antaranya mengembangkan kampus baru di Pakuwon City Laguna dengan konsep INTEGRATED HEALTH SCIENCES CAMPUS, dimana tergabung Fakultas Kedokteran, Fakultas Farmasi, Fakultas Keperawatan, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Filsafat dalam satu kampus terintegrasi.

Konsep INTEGRATED HEALTH SCIENCES CAMPUS & EDUCATION mengacu pada sebuah integrasi ilmu kesehatan yang holistik, yang meliputi kesehatan jiwa dan raga. Keberadaan Fakultas-Fakultas tersebut dalam satu atap kampus diharapkan mampu memfasilitasi interaksi sivitas akademikanya dalam berbagai aktivitas pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Salah satunya adalah proses pembelajaran dalam bentuk kegiatan diskusi interaktif lintas Program Studi.

Melalui aktivitas bersama tersebut mahasiswa akan memiliki wawasan luas dan berkemampuan multidisipliner, tidak hanya pada satu disiplin ilmu yang dipelajarinya saja.

Selain itu dikembangkan perkuliahan dual program dan lintas program studi, dimana mahasiswa dapat mengambil mata kuliah-mata kuliah di luar Program Studinya sebagai penunjang kompetensinya.

DUAL DEGREE PROGRAM

UNIVERSITAS KATOLIK WIDYA MANDALA SURABAYA juga me-launching DUAL DEGREE PROGRAM untuk Jurusan Teknik Kimia dengan National Taiwan University of Science and Technology (NTUST). Program dilaksanakan dengan skema 2 tahun kuliah di UNIVERSITAS KATOLIK WIDYA MANDALA SURABAYA dan 2 tahun kuliah di NTUST. Keuntungan yang diperoleh mahasiswa adalah pengalaman perkuliahan dengan standar internasional, kemudahan untuk mengambil studi di Taiwan, dan kesempatan meraih beasiswa studi lanjut (S2/S3) di NTUST plus sertifikasi belajar Bahasa Mandarin.

Selain dengan NTUST, juga dijalin kerjasama dengan universitas luar negeri lainnya, seperti articulation program dengan Adelaide University Australia, dual degree antara program studi Teknologi Pangan dengan THE UNIVERSITY OF NEWCASTLE, AUSTRALIA, student exchange program dengan Saint Louis College Bangkok, University of St. Tomas – Philippines, De La Salle University Dasmariňas, Vancouver Island University – Canada, dan program sertifikasi akuntan dengan Singapore Accountancy Academy (SAA Global Education Centre).

PENDIDIKAN BERKUALITAS

Seluruh Jurusan/Program Studi telah terakreditasi A dan B oleh BAN-PT Dikti. Berbagai prestasi juga telah diraih dengan memenangkan Program Hibah Kompetisi untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan dana yang disalurkan lewat Dikti Depdiknas RI, yaitu: Technological and Professional Skills Development Sector Project (TPSDP) untuk Jurusan Teknik Kimia, Program Hibah Kompetisi (PHK) A-2 untuk PSP Bahasa Inggris, Psikologi dan Farmasi, serta program

Komputerisasi untuk Perpustakaan, Program Hibah Kompetisi (PHK) A-3 untuk Jurusan Manajemen, Hibah I-MHERE untuk peningkatan relevansi dan kualitas, tanggung jawab sosial dan kapasitas institusi, Hibah Program soft skills, Hibah Program Forum Komunikasi & Konsultasi, Hibah Penguatan Lembaga DP2M untuk LPPM, Hibah Kompetisi Berbasis Institusi (PHKI), Hibah Kompetisi untuk penguatan kelembagaan Kantor Urusan Internasional, serta program hibah pembinaan perguruan tinggi swasta (PHP).

PRESTASI UKWMS

UKWMS adalah universitas yang diakui kualitasnya sebagai salah satu dari 50 Promising Indonesian Universities oleh Ditjen Dikti RI, serta mendapat penghargaan sebagai 5 Perguruan Tinggi Unggulan dalam bidang Tata Kelola, Kemahasiswaan, serta Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat dari Kopertis Wilayah VII Jawa Timur.

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia nomor 492.a/M/Kp/VIII/2015 Tentang Klasifikasi dan Pemeringkatan Perguruan Tinggi di Indonesia 2015 (dapat dilihat di sini) berikut adalah prestasi UKWMS di tingkat nasional; Peringkat ke 28 dari total 3320 Perguruan Tinggi (PTN/ PTS) yang ada di Indonesia; Peringkat ke 6 dari total seluruh Perguruan Tinggi Swasta yang ada di IndonesiaPemeringkatan itu berdasarkan pada 4 (empat) kriteria, yaitu:

a. kualitas sumber daya manusia;
b. kualitas manajemen;
c. kualitas kegiatan kemahasiswaan; dan
d. kualitas penelitian dan publikasi ilmiah.

Di tingkat Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta VII regional Jawa Timur, UKWMS selalu masuk dalam 5 (lima) besar Perguruan Tinggi Unggulan yang dibuktikan dengan Anugerah Perguruan Tinggi Unggulan berturut-turut sejak 2010, 2011, 2012, 2013, 2014 hingga 2015.

Berikut adalah Data Prestasi UKWMS Tingkat Kopertis VII Jatim 2015 dari total 331 Perguruan Tinggi Swasta di seluruh propinsi Jawa Timur:

  • Kategori Penelitian Internal Terbanyak : Ranking 3
  • Kategori Hibah Penelitian KEMRISTEK DIKTI Terbanyak : Ranking 8
  • Kategori Peringkat Webometric tertinggi : Ranking 2
  • Kategori Kerjasama Luar Negeri Terbanyak : Ranking 2
  • Kategori Dosen Tetap dengan Gelar Guru Besar Terbanyak : Ranking 9
  • Kategori Program Studi dengan Prosentase Akreditasi Prodi A Terbanyak : Ranking 10
  • Kategori Prestasi Mahasiswa Nasional Terbanyak : Ranking 4
  • Kategori Prestasi Mahasiswa di Tingkat Internasional Terbanyak : Ranking 1

Baca: Profil Kampus - Universitas Katolik Parahyangan (Unpar)

  • Struktur Organisasi
    Struktur Organisasi UKWMS
    Struktur Organisasi UKWMS (http://ukwms.ac.id/)


Rektor : Drs. Kuncoro Foe , G.Dip.Sc., Ph.D., Apt.

Wakil Rektor 1 : Drs. Y.G. Harto Pramono , Ph.D.

Wakil Rektor 2 : Ir. Adrianus Rulianto Utomo, MP

Wakil Rektor 3 : Drs. J.V. Djoko Wirjawan Ph.D

  • Program Studi


S1;

Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan

  • Jurusan Pendidikan Bahasa & Seni
  • Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
  • Jurusan Pendidikan Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam
  • Program Studi Pendidikan Fisika

Fakultas Farmasi

  • Program Studi Farmasi
  • Program Pendidikan Profesi Apoteker (Apt.)

Fakultas Bisnis, Member of AACSB International

  • Program Studi Akuntansi
  • Program Studi Manajemen
  • International Business Management (IBM) Program

Fakultas Teknik

  • Program Studi Teknik Elektro
  • Program Studi Teknik Kimia (Memiliki Double-Degree Program dengan National Taiwan University of Science and Technology)
  • Program Studi Teknik Industri

Fakultas Teknologi Pertanian

  • Program Studi Teknologi Pangan & Gizi

Fakultas Psikologi

  • Program Studi Psikologi

Fakultas Keperawatan

  • Program Studi Ilmu Keperawatan

Fakultas Ilmu Filsafat

  • Program Studi Ilmu Filsafat

Fakultas Ilmu Komunikasi

  • Program Studi Ilmu Komunikasi

Fakultas Kedokteran

  • Program Studi Ilmu Kedokteran

Fakultas Kewirausahaan

  • Program Studi Kewirausahaan

Diploma 3

  • Akademi Sekretari
  • Diploma III Akuntansi

Pascasarjana

  • Program Studi Magister Manajemen Strategik
  • Program Studi Magister Manajemen Keuangan
  • Program Studi Magister Akuntansi
  • Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris
  • Program Studi Doktor Ilmu Manajemen (1)

(Tribunnewswiki.com/Ekarista)



Alamat Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS)
Lokasi Jl. Dinoyo 42-44 Surabaya 60265
Google Map https://goo.gl/maps/8pY7N8CSNaPnSPLD7
Telepon (031)5678478, 5682211
Email pr-office@ukwms.ac.id
Facebook @unikawidyamandalasurabaya / Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (Official)
Instagram unikawidyamandala
Twitter @UnikaWM
Youtube Unika WM


Sumber :


1. ukwms.ac.id


Editor: Ekarista Rahmawati Putri






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2020 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved