Universitas Bina Nusantara (UBINUS)

Universitas Bina Nusantara (nama lain Binus University atau UBINUS) adalah universitas swasta Indonesia yang terletak di Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bandung dan Malang. Dikenal sebagai universitas swasta terfavorit, uiversitas ini bernaung di bawah lembaga pendidikan Bina Nusantara.


zoom-inlihat foto
logo-universitas-bina-nusantara-ubinus.jpg
https://binus.ac.id
Logo Universitas Bina Nusantara (UBINUS)

Universitas Bina Nusantara (nama lain Binus University atau UBINUS) adalah universitas swasta Indonesia yang terletak di Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bandung dan Malang. Dikenal sebagai universitas swasta terfavorit, uiversitas ini bernaung di bawah lembaga pendidikan Bina Nusantara.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Universitas Bina Nusantara (nama lain Binus University atau UBINUS) adalah universitas swasta Indonesia yang terletak di Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bandung dan Malang.

Dikenal sebagai universitas swasta terfavorit, uiversitas ini bernaung di bawah lembaga pendidikan Bina Nusantara.

 Universitas Bina Nusantara berusaha menciptakan terobosan inovatif baru sebagai kontribusi terbaik bagi negara tercinta ini, sesuai dengan moto "Membangun masa depan melalui sains dan teknologi". 

Saat ini Universitas Bina Nusantara dipimpin rektor Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, MM.

Baca: Universitas Bina Darma

Kampus Binus
Kampus Binus

  • Sejarah


Universitas Bina Nusantara pada awalnya berasal dari sebuah institusi pelatihan komputer Modern Computer Course yang didirikan pada 21 Oktober 1974.[1] Seiring dengan perkembangan, Modern Computer Course kemudian berkembang karena fondasinya yang kuat dan visi yang komprehensif.

Karena permintaan tinggi dan perkembangannya yang cepat, pada 1 Juli 1981, Modern Computer Course telah berkembang menjadi 'Akademi Teknik Komputer (ATK)' atau Akademi Teknik Komputer dengan 'Manajemen Informatika' atau Manajemen Informatika sebagai jurusan pertama.

ATK yang diperoleh didaftarkan pada 13 Juli 1984 dan setahun setelah itu, tepatnya pada 1 Juli 1985, lembaga tersebut berubah menjadi AMIK Jakarta.

Pada 21 September 1985, AMIK Jakarta mengubah namanya menjadi AMIK Bina Nusantara.

AMIK Bina Nusantara mencatat prestasi luar biasa di usianya yang relatif muda ketika terpilih sebagai Akademi Komputer terbaik oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Dewan Pendidikan Tinggi Distrik III pada 17 Maret 1986.

Perlunya tenaga profesional di bidang Teknologi Informasi area mendorong AMIK lebih lanjut ke pengembangan, dan pada 1 Juli 1986 secara resmi terdaftar sebagai 'Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK)' atau Institut Manajemen Informasi dan Ilmu Komputer Bina Nusantara.

Pada 9 November 1987, terjadi merger antara AMIK Bina Nusantara dan STMIK Bina Nusantara.

Lembaga ini menyelenggarakan program Diploma (D-3) dan Sarjana (S-1).

Status akreditasi 'Disamakan' untuk semua jurusan dan level diperoleh pada 18 Maret 1992.

Pada tahun berikutnya, STMIK Bina Nusantara membuka Program Magister (S-2) pertama dalam Manajemen Sistem Informasi di Indonesia.

Program ini secara resmi terdaftar pada 10 Mei 1993.

Setelah melalui ketekunan dan kerja keras selama bertahun-tahun, Universitas Bina Nusantara (Universitas Bina Nusantara atau UBINUS) secara resmi terdaftar dan didirikan pada 8 Agustus 1996.

STMIK Bina Nusantara kemudian dilebur menjadi Universitas Bina Nusantara pada 20 Desember 1998.

Saat itu , Bina Nusantara memiliki Fakultas Ilmu Komputer (Fakultas Ilmu Komputer), Fakultas Ekonomi (Fakultas Ekonomi), Fakultas Teknik (Fakultas Teknik), Fakultas Sastra (Fakultas Sastra), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (Fakultas MIPA) dan Master ( S-2) Program dalam Manajemen Sistem Informasi.

Namun, UBINUS tidak berhenti sampai di situ.

Bina Nusantara  terus memperluas jangkauan mereka di bidang pendidikan.

Pada tanggal 20 April 2007, Universitas Bina Nusantara menambahkan Fakultas Psikologi (Fakultas Psikologi) dan Fakultas Komunikasi & Multimedia (Fakultas Komunikasi dan Multimedia).

Karena struktur organisasi baru Universitas Bina Nusantara, yang berlaku sejak 19 Agustus 2008, nama-nama beberapa fakultas diubah.

Fakultas Ilmu Teknik sekarang dikenal sebagai Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Ekonomi sekarang dikenal sebagai Fakultas Bisnis & Ekonomi, dan Fakultas Sastra sekarang dikenal sebagai Fakultas Bahasa dan Budaya.

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam sekarang bergabung dalam Fakultas Sains dan Teknologi.

Sementara itu, pada Program Magister (S-2), UBINUS secara resmi menambahkan program lain, Magister Teknik Informatika (Magister Teknik Informatika), pada 31 Agustus 2009.

Pada 7 September 2011, UBINUS melakukan perubahan struktural lain dalam organisasi. Beberapa perubahan adalah:

  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis diubah menjadi Fakultas Ekonomi dan Komunikasi.
  • Fakultas Psikologi dan Fakultas Bahasa & Budaya digabung menjadi Fakultas Humaniora (Fakultas Humaniora)
  • Fakultas Sains dan Teknologi diubah menjadi Fakultas Teknik (Fakultas Teknik)
  • Jurusan Teknik Informatika diubah menjadi Sekolah Ilmu Komputer
  • Jurusan Sistem Informasi diubah menjadi Sekolah Sistem Informasi
  • Jurusan Manajemen diubah menjadi Sekolah Manajemen Bisnis
  • Fakultas Komunikasi dan Multimedia diubah menjadi School of Design
  • Jurusan Sistem Komputer, yang sebelumnya terdaftar di Fakultas Ilmu Komputer, sekarang terdaftar di Fakultas Sains dan Teknologi
  • Jurusan Matematika dan Statistik, yang sebelumnya terdaftar di Fakultas Sains dan Teknologi, sekarang terdaftar di School of Information System
  • Jurusan Akuntansi diubah menjadi Sekolah Akuntansi dan Keuangan
  • Program Magister Sistem Informasi dan Teknik Informatika sekarang berada di bawah koordinasi Program Pascasarjana BINUS, yang juga mengawasi Doktor Penelitian dalam Manajemen

Baca: Profil Kampus - Universitas Trisakti

  • Filosofi Pendidikan Bina Nusantara


Filosofi Pendidikan Bina Nusantara didefinisikan sebagai berikut:

“Berdasarkan kepercayaan kami pada Tuhan, hasrat kami terhadap pendidikan, dan pandangan kami tentang masa depan yang cerah, Universitas Bina Nusantara berkomitmen untuk mengembangkan bangsa dan membangun komunitas global melalui pendidikan dan teknologi.”

Komitmen ini tercermin dalam nilai-nilai Bina Nusantara, yaitu Striving for Excellence, Perseverance, Integrity, Respect, Innovation, and Teamwork (SPIRIT).

Nilai-nilai ini memandu tindakan dan merupakan dasar untuk mencapai tujuan utama Universitas Bina Nusantara, yaitu:

  • Untuk memperkaya setiap anggota komunitas akademik melalui pendekatan interdisipliner di bidang pendidikan dan pembelajaran, penelitian dan pengembangan, pengabdian masyarakat, dan pengembangan diri untuk pembelajaran berkelanjutan.
  • Untuk menciptakan budaya akademik yang menekankan pada penemuan ilmiah, inovasi, dan kewirausahaan.
  • Memprioritaskan setiap anggota komunitas akademik sebagai pemangku kepentingan dalam menerapkan pendekatan holistik dalam semua aspek untuk pengembangan pemimpin dengan karakteristik yang patut dicontoh yang siap membangun bangsa yang lebih baik.
  • Untuk memungkinkan setiap anggota komunitas akademik untuk meningkatkan kompetensi masyarakat melalui program pemberdayaan masyarakat yang meningkatkan kualitas hidup dalam membangun dan melayani bangsa.
  • Untuk menghadapi tantangan nasional dan global dengan memanfaatkan kekayaan intelektual, keanekaragaman, dan kearifan nasional untuk meningkatkan dan mempromosikan keunggulan pendidikan.

Baca: Profil Kampus - Universitas Gunadarma

  • Visi dan Misi


Visi
“Universitas kelas dunia ... yang mengejar inovasi dan usaha yang terus menerus ”

Misi

Misi Universitas BINUS adalah untuk berkontribusi kepada komunitas global melalui penyediaan pendidikan kelas dunia dengan:

  1. Mengakui dan menghargai bakat paling kreatif dan nilai tambah
  2. Memberikan pengalaman pengajaran, pembelajaran dan penelitian kelas dunia yang menumbuhkan keunggulan dalam beasiswa, inovasi dan kewirausahaan.
  3. Melakukan layanan profesional dengan penekanan pada aplikasi pengetahuan kepada masyarakat
  4. Menciptakan pemimpin yang luar biasa untuk komunitas global
  5. Meningkatkan kualitas hidup orang Indonesia dan komunitas internasional

Nilai-nilai

Berdasarkan kepercayaan kami pada Tuhan, hasrat kami terhadap pendidikan, dan pandangan kami tentang masa depan yang cerah, kami berkomitmen untuk mengembangkan bangsa dan membangun komunitas global melalui pendidikan dan teknologi.

Komitmen ini tercermin dalam nilai-nilai Bina Nusantara, yang menjadi pedoman tindakan kami:

  • Berjuang untuk keunggulan.
  • Kami terus melakukan yang terbaik untuk mencapai hasil berkualitas tinggi di setiap aspek pekerjaan kami.
  • Ketekunan.
  • Kami tetap tenang, fokus, tidak pernah menyerah, dan cepat pulih dalam mengatasi tantangan.
  • Integritas.
  • Kami jujur, transparan, tulus, dan berani dalam melakukan hal yang benar.
  • Menghormati.
  • Kami Peduli dengan orang lain; kami menghargai perbedaan dan kontribusi dari setiap individu
  • Inovasi.
  • Kami mendorong ide-ide kreatif, terobosan, dan berkelanjutan untuk terus meningkatkan proses untuk mencapai hasil yang lebih baik.
  • Kerja tim.
  • Kami percaya akan pentingnya hubungan kerja yang kolaboratif, efektif, dan amanah sebagai satu tim.

Kebijakan Mutu

Universitas BINUS berkomitmen untuk menyediakan pendidikan kelas dunia dengan pengalaman belajar internasional yang memberikan kontribusi positif bagi komunitas global

Tujuan 2020

  • Dua dari setiap tiga lulusan bekerja di perusahaan global atau menjadi wirausaha yang membina dan memberdayakan masyarakat.
  • Satu dari setiap tiga lulusan memiliki sertifikat kompetensi
  • Semua siswa memiliki pengalaman internasional
  • Meraih Peringkat Universitas Kelas Dunia.
  • Semua Anggota Fakultas memiliki Makalah Internasional.
  • 750 Hak Kekayaan Intelektual terdaftar secara hukum.
  • Indeks Kepuasan Akademik mencapai 80%.
  • Indeks Kepuasan Stakeholder mencapai 80%.

Baca: Profil Kampus - Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (Unika Atma Jaya)

  • Program studi


S1:

Fakultas Ekonomi dan Komunikasi

  • Akuntansi
  • Keuangan

Komunikasi

  • Pemasaran
  • Manajemen Hotel (D4)

Fakultas Teknik

  • Arsitektur
  • Teknik Industri
  • Teknik Komputer
  • Teknik Sipil
  • Food Technology

Sekolah Teknik Informatika

  • Teknik Informatika
  • Teknologi dan Aplikasi Bergerak (Mobile Application and Technology)
  • Teknologi dan Aplikasi Permaina (Game Application and Technology)
  • Cyber Security
  • Sistem Informasi

Sekolah Bisnis dan Manajemen

  • Bisnis & Manajemen Internasional
  • Manajemen
  • Pemasaran Internasional

Fakultas Humaniora

  • Hubungan Internasional
  • Hukum Bisnis
  • Psikologi
  • Sastra Cina
  • Sastra Inggris
  • Sastra Jepang

Sekolah Desain

  • Film
  • Desain Interior
  • Desain Komunikasi Visual Animasi
  • Desain Komunikasi Visual Media Baru
  • Desain Komunikasi Visual Periklanan Kreatif

Sekolah Sistem Informasi

  • Komputerisasi Akuntansi
  • Sistem Informasi
  • Sistem Informasi Audit

Program kuliah ganda

  • Teknik Industri dan Manajemen
  • Sistem Informasi dan Akuntansi
  • Sistem Informasi dan Manajemen
  • Sistem Informasi dan Teknik Industri
  • Teknik Informatika dan Matematika
  • Teknik Informatika dan Statistika

Tingkat magister

Universitas Bina Nusantara menawarkan perkuliahan magister dengan satu gelar dan program ganda di mana mahasiswa akan memperoleh dua gelar magister, satu dari Universitas Bina Nusantara dan satunya lagi dari Universitas Macquarie.

Mahasiswa dapat mengkombinasikan program kuliah yang diinginkannya. Tingkat magister memiliki 3 sekolah.

Program kuliah satu gelar

Magister Teknik Informatika

  • MTI Information Engineering
  • MTI IT Infrastructure Management

Magister Manajemen Sistem Informasi

  • Magister Manajemen Sistem Informasi Enterprise Information Systems
  • Magister Manajemen Sistem Informasi Information Systems Valuation

Magister Industrial Engineering

Magister Manajemen/Sekolah Bisnis

  • Magister Manajemen Analisis Keuangan - Profesional Muda
  • Magister Manajemen Eksekutif
  • Magister Manajemen Keuangan Terapan
  • Magister Manajemen Manajemen Bisnis - Profesional
  • Magister Manajemen Manajemen Bisnis - Profesional Muda
  • Magister Manajemen Pemasaran Kreatif - Profesional Muda
  • Magister Manajemen Pemasaran Strategis

Program kuliah ganda

  • Master of Commerce in Applied Finance
  • Master of Commerce in International Business
  • Master of Commerce in Marketing https://binus.ac.id/program/

  • Kontak dan Alamat Kampus
    • Kampus Syahdan


Kampus ini terletak di Jl. K H. Syahdan No. 9, Kelurahan Kemanggisan, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat 11480.

  • Kampus Anggrek

Kampus ini terletak di Jl. Kebon Jeruk Raya No. 27, Kebon Jeruk, Jakarta Barat 11530.

  • Kampus Kijang

Kampus ini terletak di Jl. Kemanggisan Ilir III No. 45, Kelurahan Kemanggisan, Jakarta Barat 11480.

  • Kampus Alam Sutera

Kampus ini terletak di Jl.Jalur Sutera Barat, Alam Sutera, Serpong, Tangerang Selatan 15143.

  • Kampus JWC

Kampus ini terletak di Jl. Hang Lekir I No. 6, Senayan, Jakarta Selatan 10270. Kampus ini hanya digunakan untuk program kuliah internasional.

  • Kampus Bekasi

Kampus ini terletak di Jalan Lingkar Boulevar Blok WA No.1 Summarecon Bekasi Kel, Marga Mulya, Kec. Bekasi Utara, Kota Bks, Jawa Barat 17142

  • Kampus Bandung

Kampus ini terletak di Jalan Pasir Kaliki No.25-27, Kebon Jeruk, Andir, Kb. Jeruk, Kec. Andir, Kota Bandung, Jawa Barat 40181

  • Kampus Malang

Kampus ini terletak di Jalan Araya Mansion No. 8-22 Araya, Purwodadi, Kec. Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur 65126

Alamat Utama Kampus Binus : Jl. K. H. Syahdan No. 9, Kemanggisan, Palmerah, Jakarta , Indonesia

Telepon: +62 21 534 5830, +62 21 535 0660

Fax +62 21 530 0244

Facebook: https://www.facebook.com/universitasbinanusantara/

Instagram: binusuniversityofficial

Youtube: BINA NUSANTARA GROUP

Twitter: @BINUS_UNIV

(Tribunnewswiki.com/Ekarista)



Nama Kampus Universitas Bina Nusantara (Binus)
Lokasi Jl. K. H. Syahdan No. 9, Kemanggisan, Palmerah, Jakarta , Indonesia
Google Map https://goo.gl/maps/e7TztkLejWFF5obz7
   


Sumber :




Editor: Ekarista Rahmawati Putri






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2020 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved