Universitas Dian Nuswantoro (Udinus)

Universitas Dian Nuswantoro adalah perguruan tinggi swasta berakreditasi institusi A di Semarang, Indonesia. Rektor Universitas Dian Nuswantoro saat ini adalah Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko M. Kom. Kampus Dian Nuswantoro terletak di Jalan Imam Bonjol 207, Pendrikan Kidul, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah.


zoom-inlihat foto
universitas-dian-nuswantoro-udinus-5644.jpg
https://dinus.ac.id/
Logo Universitas Dian Nuswantoro (Udinus)

Universitas Dian Nuswantoro adalah perguruan tinggi swasta berakreditasi institusi A di Semarang, Indonesia. Rektor Universitas Dian Nuswantoro saat ini adalah Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko M. Kom. Kampus Dian Nuswantoro terletak di Jalan Imam Bonjol 207, Pendrikan Kidul, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Universitas Dian Nuswantoro adalah perguruan tinggi swasta berakreditasi institusi A di Semarang, Indonesia.

Berdiri sejak tahun 1990, rektor Universitas Dian Nuswantoro saat ini adalah Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko M. Kom.

Kampus Dian Nuswantoro terletak di  Jalan Imam Bonjol 207, Pendrikan Kidul, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Universitas Dian Nuswantoro sekarang memiliki 5 fakultas, yakni Fakultas Ilmu Komputer ( STMIK Dian Nuswantoro) Fakultas Ekonomi (STIE Dian Nuswantoro) Fakultas Bahasa dan Sastra (STBA Dian Nuswantoro) Fakultas Kesehatan Masyarakat (STKES Latitude Nuswantoro) Fakultas Teknik. 

Baca: Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

 

 

  • Sejarah


Pada tahun 1986, sebuah lembaga pelatihan komputer IMKA didirikan dan berlokasi di kota Semarang.

Karena ketekunannya dalam membuka dan menciptakan peluang pasar serta ketahanannya dalam menghadapi berbagai kendala, IMKA berhasil mengembangkan dan menyebar ke beberapa kota besar di Jawa, Semarang, Surakarta, Yogyakarta, Surabaya, Bandung, dan Jakarta.

Selain itu, karena kaliber dan kualitas pendidikan yang baik, pada tahun 1989, IMKA diangkat sebagai Ketua Subkonsorsium Komputer, Pengawas dan Penguji Ujian Nasional Pendidikan Komputer.

Pada 30 September 1993, IMKA juga memperoleh akreditasi dari NCC (The National Computing Centre) di London,  dengan akreditasi ini, IMKA memiliki wewenang untuk mengajar dan menerbitkan Sertifikat Internasional.

Pakar komputer dari IMKA dengan beberapa ilmuwan kemudian mendirikan Yayasan Dian Nuswantoro yang terkandung dalam Akta Notaris Siswadi Aswin, SH, No. 18 tanggal 18 Juli 1990.

Menurut Keputusan Menteri Pendidikan No. 0686 / O / 1990 tanggal 12 Desember , 1990 yayasan diizinkan untuk mengelola Manajemen Informasi Akademi Yayasan dan Komputer Dian Nuswantoro juga dikenal sebagai AMIK Dian Nuswantoro.

Kuliah pertama dihadiri oleh 54 siswa, dengan keyakinan bahwa pendidikan tinggi harus dikembangkan menuju sistem kepentingan nasional, yang mendorong Yayasan untuk merumuskan serangkaian kebijakan mengenai perubahan bentuk Akademi menjadi Sekolah Menengah.

Kemudian, berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan No. 10 / D / O / 1994, tanggal 3 Maret 1994, Dian AMIK Nuswantoro secara resmi berubah menjadi Sekolah Tinggi Informatika dan Manajemen Komputer (STMIK) Dian Nuswantoro.

Pada tahun 2001, Dian STMIK Nuswantoro menempati ruang seluas 20.000 m2 dengan berbagai bangunan megah, laboratorium komputer canggih dan difasilitasi, siswa aktif lebih dari 9.000 orang, dan telah lulus 1.106 dengan gelar Sarjana Komputer dan 2.994 Ahli Komputer.

Tanpa prestasi apa pun, mungkin semuanya tidak dapat dicapai dalam waktu sesingkat itu. Pengembangan program pendidikan terus dilakukan.

Pada tanggal 1 Juni 1999, Departemen Manajemen Informasi (D3) dan Teknik Informatika (D3) mendapatkan status lumpuh dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan No. 273 / Dikti / Kep / 1999.

Selanjutnya, pada 27 Juni 2000, berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan No. 210 / Dikti / Kep / 2000, Departemen Manajemen Informasi (S1) dan Teknik Informatika (S1) juga menerima Status Lumped.

Pada 10 Agustus 2000, dengan Surat Keputusan No. 019 / BAN-PT / Ak-IV / VIII / 2000, kedua program studi Manajemen Informasi (S1) dan Teknik Informatika (S1) memperoleh Status Terakreditasi.

Melengkapi program studi yang ada, kemudian membuka Program Studi Akuntansi Komputer (D3) dengan Keputusan Menteri No. 66 / Dikti / Kep / 2000 tanggal 15 Maret 2000.

Menghadapi era globalisasi di mana persaingan bisnis semakin ketat, pada 22 Februari 1999 oleh Keputusan Menteri Pendidikan No. 26 / D / O / 99, Yayasan Dian Nuswantoro mendirikan Sekolah Tinggi Ekonomi (STIE) Dian Nuswantoro, dengan Program Studi seperti Manajemen S1 dan D3, S1 dan D3 Akuntansi dan Perpajakan D3.

Jumlah siswa yang diterima di kelas pertama tahun akademik 1999/2000 adalah sebanyak 187 orang dan pada tahun 2000/2001 menjadi 359 orang.

Menyadari pentingnya peran bahasa asing dalam semua aktivitas kehidupan manusia, pada 15 Maret 2000 Yayasan Dian Nuswantoro mendirikan Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA) Dian Nuswantoro.

Pembentukan Dian STBA Nuswantoro didasarkan pada Keputusan Menteri No. 27 / D / O / 2000, dengan kursus dalam Sastra Inggris (S1), Bahasa Inggris (D3), Bahasa Jepang (D3), dan Bahasa Cina (D3).

Dengan dibukanya Program Studi Bahasa Cina, itu berarti STBA Nuswantoro Dian adalah universitas ketiga di Indonesia yang memiliki program studi bahasa Cina, setelah Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Dharma Persada (Unsada) di Jakarta, yang keduanya dibuka sebelum 1965.

Jumlah siswa yang diterima di kelas pertama tahun akademik 2000/2001 adalah sebanyak 466 orang.

Pakar pendidikan dari Yayasan Dian Nuswantoro bersama dengan sekelompok dokter dan ahli kesehatan, mendirikan Yayasan Nuswantoro Latitude.

Yayasan ini kemudian didirikan sebagai Sekolah Tinggi Kesehatan (STKES) Latitude Nuswantoro, yang merupakan salah satu pelopor perguruan tinggi kesehatan di Indonesia.

Pembentukan Lintang STKES Nuswantoro disahkan oleh Menteri Penerbitan Keputusan 103 / D / O / 2000 tanggal 7 Juli 2000, dengan kursus seperti: Kesehatan Masyarakat (S1) dan Hiperkes (D3).

Untuk meningkatkan efisiensi dan kinerja manajemen perguruan tinggi, kami memulai tahun akademik 2001/2002 dengan empat perguruan tinggi di bawah Yayasan Dian Nuswantoro dan Yayasan Latitude Nuswantoro (STMIK-STBA STIE Dian Nuswantoro dan STKES Latitude Nuswantoro) yang kemudian digabung menjadi Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS) berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Indonesia No. 169 / D / O / 2001 tanggal 30 Agustus 2001.

Oleh karena itu, berdasarkan keputusan itu, Universitas Dian Nuswantoro sekarang memiliki 5 fakultas. , yaitu Fakultas Ilmu Komputer ( STMIK Dian Nuswantoro) Fakultas Ekonomi (STIE Dian Nuswantoro) Fakultas Bahasa dan Sastra (STBA Dian Nuswantoro) Fakultas Kesehatan Masyarakat (STKES Latitude Nuswantoro) Fakultas Teknik. Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS) terus berusaha untuk meningkatkan kaliber dan kualitas, agar perguruan tinggi predikat tumbuh pesat dan pada akhir 5 Juli 2002 UDINUS telah menambahkan dua (2) lebih banyak program studi, Teknik Industri di Fakultas Teknik oleh Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi No. 1336 / D / T / 2002, dan Program Pascasarjana Magister Komputer dengan surat keputusan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi No. 1322 / D / T / 2002.

Dan dengan harapan dukungan, berkah dan kerja sama semua pihak, baik pemerintah maupun warga negara, Universitas Dian Nuswantoro terus berpartisipasi dalam pembangunan bangsa sesuai dengan visi: Dumununging Ingsun Angrakso Nagoro.

Baca: Politeknik Negeri Semarang (Polines)

  • Visi dan Misi


Visi 

Universitas prioritas utama untuk dipilih dalam pendidikan dan kewirausahaan.

Misi

  • Menjadi universitas berkualitas tinggi
  • Menumbuhkan dan mengembangkan kreativitas dan inovasi sivitas akademika yang memberikan kontribusi yang baik bagi masyarakat, pemerintah, dan sektor bisnis.

Tentang Logo

Simbol Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS) adalah kombinasi dari huruf D dan N, yang disingkat Dian Nuswantoro.

Huruf N dilambangkan melengkung yang berarti Udinus akan selalu berdoa kepada Tuhan.

Lingkaran kuning keemasan di tengah memiliki makna harmoni, kemauan kuat, dan dinamika kehidupan.

Ini berarti bahwa dengan keharmonisan dan kemauan yang kuat dari civitas academica, UDINUS akan selalu siap untuk bergerak maju untuk mendukung pemerintah dalam mendidik bangsa.

Motto

Untuk Masa Depan Yang Lebih Baik

Sesanti (Slogan)

Dumununging Ingsun Angrakso Nagoro Nuswantoro

Baca: Universitas Diponegoro (Undip)

  • Program Studi


Fakultas Ilmu Komputer (d.h. STMIK Dian Nuswantoro)

  • Sarjana Informatika
  • Sarjana Sistem Informasi
  • Sarjana Desain Komunikasi Visual
  • Sarjana Ilmu Komunikasi 
  • Sarjana Film dan Televisi
  • Sarjana Animasi 
  • Diploma Teknologi Informasi
  • Diploma Jurnalistik Siaran

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (d.h. STIE Dian Nuswantoro)

  • Sarjana Manajemen
  • sarjana Akuntansi

Fakultas Ilmu Budaya (d.h. STBA Dian Nuswantoro)

  • Sarjana Bahasa Inggris 
  • Sarjana Bahasa Jepang
  • Manajemen hotel

Fakultas Kesehatan (d.h. STKES Lintang Nuswantoro)

  • Sarjana Kesehatan Masyarakat
  • Sarjana Kesehatan Lingkungan
  • Diploma Rekam Medis

Fakultas Teknik

  • Sarjana Teknik Elektro 
  • Sarjana Teknik Industri
  • Sarjana Teknik Biomedis

Pasca Sarjana

  • Magister Ilmu Komputer 
  • Doktor Ilmu Komputer
  • Magister Manajemen 

Baca: Universitas Budi Luhur

  • Kontak


Universitas Dian Nuswantoro

Kampus utama  : Jalan Imam Bonjol 207, Pendrikan Kidul, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah

Telepon:  (+6224) 3517261

Kampus Laom  : Jalan Nakula No. 5-11 Semarang

Telepon  (+6224) 3520165

 Fax. (+6224) 3569684, Semarang Kodepos 5013

Email:  sekretariat@dinus.id

Instagram: https://www.instagram.com/udinus_smg/

Twitter: @udinus_smg

(Tribunnewswiki.com/Ekarista)



Nama Kampus Universitas Dian Nuswantoro (Udinus)
Lokasi Jalan Imam Bonjol 207, Pendrikan Kidul, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah
Google Map https://goo.gl/maps/VkdKqycFQjkxnGGcA
   








KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2020 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved