Hari Ini Dalam Sejarah, 1 Mei 1926, Ford Otomotif Co Umumkan Kebijakan 5 Hari Kerja Pertama Kalinya

Pada 1 Mei 1926, Perusahaan Ford Otomatif Company mengumumkan kebijakan 5 hari kerja, 40 jam seminggu dengan upah 5$ per hari.


zoom-inlihat foto
ford-otomatif-company-456.jpg
Wikimedia
Pada 1 Mei 1926, Perusahaan Ford Otomatif Company mengumumkan kebijakan 5 hari kerja, 40 jam seminggu dengan upah 5$ per hari.

Pada 1 Mei 1926, Perusahaan Ford Otomatif Company mengumumkan kebijakan 5 hari kerja, 40 jam seminggu dengan upah 5$ per hari.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Pada 1 Mei 1926, perusahaan Ford Motor Company menjadi salah satu perusahaan pertama di Amerika Serikat yang menerapkan sistem 5 hari kerja, 40 jam per minggu.

Kebijakan ini diterapkan untuk para buruh di pabrik-pabrik otomotifnya.

Pada bulan Agustus 1926, kebijakan ini diperluas ke cabang kantor Ford.

Diketahui, perusahaan mobil Ford milik Henry Ford ini berbasis di Detroit, Amerika Serikat.

Sebelumnya, perusahaan ini dinilai melanggar aturan tenaga kerja.

Tahun 1914, di tengah meluasnya pengangguran dan keresahan tenaga kerja, perusahaah Ford dengan berani mengumumkan kebijakan baru membayar para buruh pabrik khususnya buruh laki-laki dengan upah minimum 5$ per delapan jam sehari.

Angka ini meningkat dari upah sebelumnya yakni 2,34 $ per hari dengan waktu (9) sembilan jam kerja.

Berita ini kemudian mengejutkan banyak orang dalam industri tersebut di mana upah 5$ per hari adalah hampir dua kali lipat dari upah yang dihasilkan para buruh otomotif.

Langkah perusahaan ini dinilai cemerlang bagi sebagian pengamat.

Pasalnya, perusahaan dengan segera juga ikut meningkat produktivitas kerja dalam perakitan.

Perusahaan juga dinilai semakin memperkuat rasa loyalitas serta kebanggaan di antara para buruh Ford.

Keputusan mengurangi jam kerja dari enam menjadi lima hari kerja pada awalnya dibuat tahun 1922.

Dilansir artikel The New York Times, Maret 1922, dikutip History org, putra Henry Ford yang menjabat sebagai presiden perusahaan, Edsel Ford mengemukakan bahwa "Setiap orang membutuhkan lebih dari satu hari seminggu untuk istirahat dan rekreasi ... Perusahaan Ford selalu berusaha mempromosikan (kehidupan) yang ideal bagi para karyawannya. Kami percaya bahwa untuk hidup dengan baik, setiap pria harus punya lebih banyak waktu luang yang dihabiskan bersama keluarganya," katanya.

Henry Ford mengatakan: "Sudah saatnya untuk melepaskan diri dari gagasan bahwa waktu luang untuk buruh adalah 'waktu yang hilang' untuk pengusaha."

Namun demikian, menurut pengakuan Ford sendiri, bahwa jam kerja lima hari juga diterapkan untuk meningkatkan produktivitas.

Meskipun waktu pekerja dalam pekerjaan menurun, mereka diharapkan untuk mengeluarkan lebih banyak tenaga saat berada di pabrik.

Berkat kebijakan tersebut, pabrik-pabrik di seluruh negeri, dan dunia, segera mengikuti jejak Ford.

Seketika itu, hari kerja Senin-Jumat menjadi praktik standar di setiap industri. [1]

Baca: Hari Ini dalam Sejarah 1 Mei 1886: Aksi May Day Pertama, Puluhan Ribu Buruh Unjuk Rasa di Chicago

Mobil Ford model T tahun 1910
Mobil Ford model T tahun 1910 (Wikimedia)

Ford Motor Company adalah sebuah produsen mobil asal Amerika Serikat yang didirikan oleh Henry Ford di Dearborn, dekat Detroit, Michigan.

Perusahaan ini didirikan pada 16 Juni 1903.

Ford menjual mobil dan kendaraan komersial dengan merek Ford dan mobil mewah dengan merek Lincoln.

Ford juga memiliki produsen SUV Brazil, Troller, dan dan produsen mobil kencang FPV.

Usaha pertama Henry Ford untuk memiliki perusahaan mobil dengan namanya sendiri dimulai pada Henry Ford Company tanggal 3 November 1901, yang kemudian menjadi Cadillac Motor Company pada 22 Agustus 1902, setelah Ford meninggalkan perusahaan tersebut.

Ford Motor Company didirikan di sebuah pabrik yang diubah pada tahun 1903 dengan modal $28.000 dari 12 investor, beberapa diantaranya adalah John dan Horace Dodge (yang kemudian mendirikan perusahaan mobil mereka sendiri (Dodge Brothers Motor Vehicle Company).

Pada tahun-tahun awal perusahaan, mereka hanya dapat memproduksi beberapa unit kendaraan dalam sehari di pabrik di Mack Avenue di Detroit, Michigan.

Beberapa kelompok yang terdiri dari 2 atau 3 orang bekerja di setiap kendaraan, dirakit bagian per bagian dari suku cadang yang dibuat oleh perusahaan komponen yang berkontrak dengan Ford.

Dalam satu dekade, perusahaan ini memimpin dalam produksi dengan konsep jalur perakitan.

Henry Ford berusia 39 tahun ketika ia mendirikan Ford Motor Company, yang kemudian menjadi salah satu perusahaan terbesar dan paling menguntungkan di dunia, salah satu yang bertahan selama Depresi Besar.

Sebagai salah satu perusahaan yang dikontrol keluarga terbesar di dunia, Ford Motor Company tetap dikontrol oleh keluarga Ford selama lebih dari 100 tahun.

Setelah mobil modern pertama dibuat tahun 1886 oleh penemu berkebangsaan Jerman Karl Benz (Benz Patent-Motorwagen), banyak metode produksi yang lebih efisien dibutuhkan untuk membuat mobil lebih terjangkau bagi kalangan menengah, misalnya penemuan jalur perakitan berjalan pada 1913.

Pada tahun 1908, Ford memperkenalkan mesin pertama dengan kepala silinder removable, di Ford Model T. Tahun 1930, Ford memperkenalkan Model A, mobil pertama dengan penutup kaca di depan.

Ford meluncurkan mobil bermesin V8 dengan harga murah pertama pada tahun 1932.

Ford menawarkan paket keamanan Lifeguard pada tahun 1956, diantaranya termasuk deep-dish steering wheel, sabuk pengaman depan dan belakang, serta optional padded dash.

Lebih jauh lagi, Ford memperkenalkan kunci pintu child-proof pada mobilnya tahun 1957, dan pada tahun yang sama Ford juga memperkenalkan atap retractable pertama pada mobil. Pada tahun 1965, Ford juga memperkenalkan lampu pengingat sabuk pengaman.

Tahun 1980-an, Ford memperkenalkan beberapa kendaraan yang sukses secara komersial di dunia.

Ford menggunakan slogan iklan "Have you driven a Ford, lately?" (Apakah anda telah mengendarai Ford ?) untuk membuat merk mereka tampak lebih modern.

Pada tahun 1990 dan 1994, Ford juga mengakuisisi Jaguar Cars dan Aston Martin. [2]

Baca: Hari Ini Dalam Sejarah, 30 April 1945 - Pemimpin Nazi, Adolf Hitler Bunuh Diri di Berlin, Jerman

Mobil Ford Lincoln MKS tahun 2013
Mobil Ford Lincoln MKS tahun 2013 (Wikimedia)

-

(TRIBUNNEWSWIKI.COM/Dinar Fitra Maghiszha)



Hari Ini Dalam Sejarah
Tanggal 1 Mei 1926
Peristiwa Ford Otomotif Company umumkan kebijakan 5 hari kerja, 40 jam seminggu
   








KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2020 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved