Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta

Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta adalah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta.


zoom-inlihat foto
universitas-pembangunan-nasional-veteran-yogyakarta.jpg
upnyk.ac.id
Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta

Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta adalah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta atau UPN “Veteran” Yogyakarta adalah sebuah institusi pendidikan berbentuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang terletak di Yogyakarta.

Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta berdiri pada 15 Desember 1958.

 Setelah menjadi Perguruan Tinggi Swasta (PTS), per 6 Oktober 2014 Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta kembali berbentuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta saat ini dipimpin oleh Rektor bernama Dr. Mohamad Irhas Effendi, M.S.

Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta beralamat Jl. Ring Road Utara No.104, Ngropoh, Condongcatur, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55283, Indonesia.

  • Sejarah


Universitas Pembangunan Nasional (UPN) "Veteran" semula adalah suatu lembaga pendidikan tinggi yang didirikan atas prakarsa para pejuang kemerdekaan R.I dengan nama Akademi Pembangunan Nasional (APN) "Veteran" yang didirikan dikota Yogyakarta, berdasarkan Surat Keputusan Mentri Urusan Veteran nomor: 139/Kpts/1965, tanggal 2 Oktober 1958.

Dalam rangka peningkatan APN "Veteran"' berdasarkan Surat Keputusan Menteri Urusan Veteran dan Demobilisasi nomor: 140/Kpts/1965, tanggal 30 Juli 1965, APN "Veteran" berubah namanya menjadi Perguruan Tinggi Pembangunan Nasional (PTPN) "Veteran".

Pada tahun 1965 atas usul beberapa anggota Veteran yang berdomisili di luar Yogyakarta terjadi pengintegrasian dari beberapa Perguruan Tinggi, yaitu Universitas Veteran Nasional Surakarta menjadi PTPN "Veteran" cabang Surakarta, akademi Perusahaan Veteran Surabaya menjadi PTPN "Veteran" cabang Surabaya.

Kemudian pada tahun 1967 menyusul Akademi Tekstil, Akademi Bank dan Akademi Tatalaksana Pelayaran Niaga "Jos Soedarso" yang bernaung di bawah Lembaga Pendidikan Kader Pembangunan (LPKP) yaitu suatu lembaga pendidikan yang diusahakan dan diasuh oleh para anggota Veteran di Jakarta, menjadi PTPN "Veteran" cabang Jakarta, dengan Surat Keputusan Menteri Urusan Veteran dan Demobilisasi nomor: 09/Kpts/Menvet/1967 tanggal 21 Februari 1967. Dengan demikian PTPN "Veteran" tersebar di empat kota besar yaitu Yogyakarta sebagai pusatnya, sedangkan Surakarta, Surabaya dan Jakarta merupakan cabang-cabangnya.

Dalam perkembangan selanjutnya PTPN "Veteran" Surakarta yang hanya terdiri dari 2 (dua) Fakultas yaitu Fakultas Geografi dan Fakultas Kedokteran, berdasarkan Surat Keputusan Menhankam/Pangab nomor: Skep/B/503/V/1973 tanggal 22 Meni 1973, Fakultas Geografi dihapuskan, sehingga PTPN "Veteran" cabang Surakarta tinggal 1 (satu) fakultas, yaitu Fakultas Kedokteran, inipun akhirnya pada tahun 1975 bergabung dengan Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta.

LPKP yang semula menaungi ketiga Akademi yaitu Akademi Tekstil, Bank dan Tatalaksana Pelayaran Niaga "Jos Soedarso" di Jakarta, adalah suatu Lembaga yang berbadan Yayasan yang didirikan oleh anggota-anggota Veteran Pejuang Kemerdekaan, dengan tujuan:

1. Untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada para Veteran Pejuang Kemerdekaan, alat-alat negara bebas tugas/pensiun dan tenaga-tenaga muda lainnya untuk memperdalam pengetahuan dalam rangka pembangunan masyarakat Indonesia.

2. Mempersiapkan tenaga-tenaga ahli kader pembangunan yang berjiwa patriotik, sejiwa dengan makna pola pembangunan semesta, menuju masyarakat Indonesia yang sentosa adil dan makmur.

Dengan dihapuskannya Departemen Transmigrasi, Veteran dan Demobilisasi, yang semula adalah Departemen Urusan Veteran dan Demobilisasi, pengelolaan PTPN "Veteran" selanjutnya bernaung di bawah Departemen Pertahanan Keamanan/ABRI.

Dalam rangka pengembangan PTPN "Veteran", melalui Surat Keputusan Menhankam/Pangab nomor: Skep/1555/XI/1977 tanggal 5 November 1977, PTPN "Veteran" berubah namanya menjadi Unversitas Pembangunan Nasional "Veteran".

Berdasarkan Surat Keputusan bersama (SKB) anatara Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan Menteri Pertahanan Keamanan nomor: 0307/0/1994, Kep/10/XI/1994 tanggal 29 November 1994, UPN "Veteran" terhitung mulai tanggal 1 April 1995, mengalami perubahan dari status Kedinasan menjadi Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Dengan perubahan tersebut UPN "Veteran" yang semula pembinaannya bernaung di bawah Departemen Hankam, beralih tanggung jawab pembinaannya ke Yayasan Kejuangan Panglima Besar Sudirman (YKPBS) sesuai dengan Surat Keputusan Menhankam nomor: Kep/03/II/1993 tanggal 27 Februari 1993.

Pada 6 Oktober 2014 Universitas Pembangunan Nasional 'Veteran' Yogyakarta kembali menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yang diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia ke-6, Bapak Prof Dr Susilo Bambang Yudhoyono di Surabaya.

Baca: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN SUKA)

Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta.
Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. (Tribunnews.com)

  • Visi, Misi dan Tujuan


Visi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta :

Menjadi Universitas Pionir Pembangunan yang dilandasi jiwa bela negara di era global

Misi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta :

  • Menghasilkan lulusan yang berdaya saing global dan berjiwa bela negara melalui pembelajaran berkualitas
  • Mengembangkan konsepsi ilmu pengetahuan, teknologi, sains dan kemanusiaan melalui Pengembangan Program Studi/proses belajar mengajar dan pengayaan keilmuan
  • Meningkatkan kualitas penelitian melalui program terencana, terintegrasi dan berkelanjutan
  • Meningkatkan kualitas pengabdian kepada masyarakat melalui penguatan kerjasama antar institusi pendidikan, industri serta pemerintah
  • Mengembangan tata kelola universitas yang baik melalui manajemen mandiri, modern dan berkelanjutan dalam bidang SDM, keuangan, Sarana dan Prasarana serta TIK yang terintegrasi

Tujuan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta :

"Untuk Menunjang pembangunan nasional melalui bidang Pendidikan tinggi dalam rangka terciptanya sumberdaya manusia yang unggul di era global dengandilandasi jiwa bela negara"

Tujuan Strategis

  1. Peningkatan kualitas lulusan yang memiliki daya saing global dan berjiwa bela negara melalui pembelajaran berkualitas
  2. Peningkatan kuantitas dan kualitas program studi dalam rangka penguatan bidang Tridharma PT UPNVY dan berkontribusi bagi terciptanya sumberdaya manusia yang unggul serta menunjang pembangunan nasional
  3. Peningkatan kualitas penelitian yang berorientasi kualitas luaran dan daya saing bangsa, serta mendukung proses pembelajaran dan pengabdian kepada masyarakat.
  4. Peningkatan kualitas pengabdian kepada masyarakat melalui Perluasan dan peningkatan kualitas kerjasama eksternal dalam rangka meningkatkan kualitas proses pembelajaran serta pengembangan IPTEKS
  5. Pengembangan sistem manajemen universitas berdasarkan prinsip-prinsip good university governance dan nilai-nilai institusi dalam rangka menciptakan dan meningkatkan kualitas pelaksanaan Tridharma perguruan tinggi

  • Mars


Berikut mars Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta :

Mahasiswa UPN “Veteran” Bersatu padu bernaung di bawah panji

Junjung tinggi sumpah mulia patuh setia pada Negara

Semangat tetap menyala, berjuang gigih demi cita

Menunaikan bakti Negara Bagi Nusa dan Bangsa

Logo Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. (upnyk.ac.id)

Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta
Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta (upnyk.ac.id)

Berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta No: 481/UN62/II/2016, tentang

Logo Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” ditetapkan lambang Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta dengan bentuk dan makna sebagai berikut:

a. Berbentuk persegi lima cembung dengan warna dasar kuning dengan kode warna 255-255-0. Mengandung makna: Senantiasa dapat mengikuti perkembangan tuntutan zaman dalam kiprahnya di dunia pendidikan sekaligus sebagai pengawal, pendukung dan pengikut seluruh makna yang terkandung di dalam logo UPN “Veteran” Yogyakarta.

b.  Bunga melati berwarna putih dengan kode warna 255-255-255 yang sedang mekar dengan dua kelopak yang telah mekar. Mengandung makna:

1) Sebagai lambang kepribadian bangsa yang suci, bersih dan agung serta harum merebak sepanjang masa.

2) Lima kelopak bunga yang menguncup bersatu, melambangkan kejiwaan Pancasila.

3) Dua kelopak bunga yang terbuka, melambangkan penuntutan ilmu serta membaktikan diri kepada masyarakat.

c. Nyala api yang berkobar di kiri kanan. Mengandung Makna: Melambangkan semangat yang tinggi dan pantang menyerah serta kemauan yang menyala-nyala guna mencapai tujuan.

d. Tumpuan nyala api berteras tiga warna hitam dengan kode warna 0-0-0. Mengandung makna: Melambangkan Tridarma Perguruan Tinggi.

e. Pita berwarna putih dengan kode warna 255-255-255 dengan sesanti “WIDYA MWAT YASA’’. Mengandung makna: Menuntut ilmu untuk didarmabaktikan bagi pembangunan bangsa dan negara.

f. Topi Baja berwarna hijau dengan kode warna 0-135-50 berbintang satu bersudut lima berwarna kuning dengan kode warna 255-255-0. Mengandung makna: Melambangkan perwujudan dari UPN “Veteran” Yogyakarta sebagai monumen aktif Veteran RI serta upaya pewarisan nilai-nilai 45 kepada generasi muda.

g. Tulisan melingkar Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Mengandung makna: Sebagai suatu Perguruan Tinggi, UPN “Veteran” merupakan suatu tempat pendadaran kader-kader dengan tujuan di kemudian hari mengamal baktikan ilmunya demi kepentingan dan kemajuan bangsa dan negara Indonesia.

  • Program Studi


Program Studi di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta :

Sarjana (S1)

1. Fakultas Teknologi Mineral (FTM)

  • Teknik Geologi
  • Teknik Pertambangan
  • Teknik Perminyakan
  • Teknik Geofisika
  • Teknik Lingkungan
  • Teknik Metalurgi
  • Teknik Geomatika

2. Fakultas Teknologi Industri (FTI)

  • Teknik Kimia
  • Teknik Industri
  • Teknik Informatika
  • Sistem Informasi
  • Teknik Kimia (D-3)

3. Fakultas Fakultas Pertanian (FAPERTA)

  • Agroteknologi
  • Agribisnis
  • Ilmu Tanah

4. Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)

  • Manajemen
  • Akuntansi
  • Ekonomi Pembangunan

5. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)

  • Hubungan Internasional
  • Administrasi Bisnis
  • Ilmu Komunikasi
  • Hubungan Masyarakat

Pascasarjana (S2)

  • Magister Teknik Pertambangan
  • Magister Teknik Geologi
  • Magister Teknik Perminyakan
  • Magister Mitigasi Kebencanaan
  • Magister Teknik Industri
  • Magister Agribisnis
  • Magister Manajemen
  • Magister Ilmu Ekonomi

Program Doktoral (S3)

  • Program Doktoral Teknik Geologi

  • Organisasi


Struktur organisasi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta :

Pimpinan

Rektor : Dr. Mohamad Irhas Effendi, M.S

Plt. Wakil Rektor Bidang Akademik : Dr. Ir. Suharsono, M.T

Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan : Dr. Drs.Susanta, M.Si

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama : Dr. Ir.Singgih Saptono, M.T

Dekanat

Dekan Fakultas Teknologi Mineral : Dr. Ir. Suharsono, M.T.

Dekan Fakultas Teknologi Industri : Ir. Tjukup Marnoto, M.T., Ph.D

Dekan Fakultas Pertanian : Partoyo, S.P., M.P., Ph.D.

Dekan Fakultas Ekonomi : Dr. Drs. Winarno, M.M.

Dekan Fakultas FISIP : Dr. Dra, Machya Astuti Dewi, M.Si.

Ketua Lembaga

Ketua Lembaga Pengembangan, Pembelajaran dan Penjamin Mutu (LP3M) : Dr. Meilan Sugiarto, S.Sos, M.Si

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) : Dr. Ir. Heru Sigit Purwanto, M.T

  • Kontak


Kantor Pusat Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta :

Jl. SWK 104 (Lingkar Utara), Condongcatur, Yogyakarta 55283

Telepon : 0274 486733

Email : info@upnyk.ac.id

Kantor Unit II Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta :

Jl. Babarsari 2 Yogyakarta

Telepon : 0274 486733

Email : info@upnyk.ac.id

PMB Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta

(Tribunnewswiki.com/Ris)



Nama Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta
Alamat Jl. Ring Road Utara No.104, Ngropoh, Condongcatur, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55283, Indonesia.
Google Map google.com/maps/place/Universitas+Pembangunan+Nasional+
Situs upnyk.ac.id
Rektor Dr. Mohamad Irhas Effendi, M.S


Sumber :


1. upnyk.ac.id


Penulis: Haris Chaebar






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

Tribun JualBeli
© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved