RSPAU Dr. S. Hardjolukito

RSPAU Dr. S. Hardjolukito adalah rumah sakit umum yang berada dibawah otoritas Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara, Republik Indonesia.


zoom-inlihat foto
rspau-dr-s-hardjolukito-logo.jpg
rspauhardjolukito.com
RSPAU Dr. S. Hardjolukito

RSPAU Dr. S. Hardjolukito adalah rumah sakit umum yang berada dibawah otoritas Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara, Republik Indonesia.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - RSPAU Dr. S. Hardjolukito atau Rumah Sakit Pusat Angkatan Udara Dr. S. Hardjolukito adalah sebuah rumah sakit yang terletak di Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

RSPAU Dr. S. Hardjolukito adalah rumah sakit umum yang berada dibawah otoritas Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara, Republik Indonesia.

RSPAU Dr. S. Hardjolukito beralamat di Jl. Raya Blok O Janti, Lanud Adisutjipto, Ringroad Timur, Karang Janbe, Banguntapan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55198, Indonesia.

  • Sejarah


Rumah Sakit Pusat Angkatan Udara dr. S. Hardjolukito dan Rumah Sakit Tipe - B Kemenkes RI adalah salah satu Pelaksana Teknis Diskesau yang bertanggung jawab langsung kepada Diskesau.

Berawal dari bangunan sederhana di bentuk TPS (Tempat Pengobatan Sementara) pada tahun 1945 yang berada di dalam area Lanud Adisutjipto.

Dalam perjalanan waktu pada tanggal 9 april 1990 TPS dengan penambahan beberapa bangunan ruang pemeriksaan dan perawatan serta pendukung lainnya secara resmi diubah menjadi Rumah Sakit TNI angkatan Udara “ dr. Suhardi Hardjolukito “ yang bertepatan dengan hari ulang tahun TNI AU (Rumah Sakit Tingkat IV / Tipe D).

Tepat pada tanggal 1 Maret 2004 Status RSAU dr. S. Hardjolukito yang berlokasi didalam kompleks perkantoran Lanud Adi Sutjipto telah dinaikan menjadi Rumah Sakit Tingkat III dengan Skep KASAU nomor : Kep/5/III/2004 tanggal 1 Maret 2004.

Tanggal 29 Mei 2006 secara bertahap kegiatan dukungan dan pelayanan kesehatan RSAU dr.S. Hardjolukito dipindahkan ke bangunan yang baru yang berlokasi di Jln. Raya Janti Blok “O” dan dilanjutkan peresmian penggunaannya pada tanggal 2 Agustus 2007 oleh Kepala Staf Angkatan Udara. Selanjutnya seiring dengan perjalanan waktu, tepatnya tanggal 22 Januari 2009 ditetapkan menjadi Rumah Sakit Tingkat II dengan dasar Perkasau no : 8/I/2009 tentang peningkatan Status RSAU dr. S. Hardjolukito dari Tk. III ke Tk. II.

Tidak membutuhkan waktu yang lama RSAU dr. S. Hardjolukito di tingkatkan kembali menjadi Rumah Sakit Pusat TNI AU dengan keluarnya Perpres No 10 tahun 2009 dengan Perkasau no : 93 /X / 212. Dimana tanggal 22 Oktober Operasional RSPAU dr. S. Hardjolukito diresmikan oleh Kepala Staf Angkatan Udara dengan Ka RSPAU pertama adalah Marsekal Pertama TNI dr. Hari Haksono.Sp.THT- KL., Sp.KP. (12 September 2012 s/d 29 Januari 2013).

Baca: RST Wijayakusuma (Purwokerto)

gedunrspau
Gedung RSPAU Dr. S. Hardjolukito.

  • Visi dan Misi


Visi RSPAU Dr. S. Hardjolukito :

Menjadi Rumah Sakit rujukan TNI ANGKATAN UDARA yang mampu melaksanakan kegiatan dukungan operasi dan memberikan kwalitas pelayanan kesehatan secara propfesional di wilayah Indonesia khususnya Jawa Tengah dan DIY.

Misi RSPAU Dr. S. Hardjolukito :

  • Menjamin pelayanan Prima yang berkualitas dan paripurna bagi anggota TNI AU/TNI, PNS dan keluarga serta Masyarakat Umum.
  • Mengembangkan SDM yang profesional dan kompeten di bidang pelayanan kesehatan dan keselamatan pasien serta kesehatan penerbangan pada khususnya secara berkesinambungan.
  • Menyelenggarakan pengembangan pendidikan dan latihan, penelitian bidang kesehatan guna menunjang dukungan kesehatan dan pelayanan kesehatan yang optimal.
  • Meningkatkan sarana prasarana dan pemeliharaan peralatan serta materiil penunjang lainnya, membangun kerjasama bidang kesehatan, pelayanan masyarakat dan Diklat litbangkes lainnya.

Motto RSPAU Dr. S. Hardjolukito :

Melayani dengan Profesional, Amanah dan Sepenuh Hati

  • Sarana dan Prasarana


Untuk saran dan prasaran yang harus dipenuhi misalnya Tempat Tidur pasien harus 400 TT, secara bertahap pada tahun 2012 sudah ada penambahan sebanyak 100 TT hasil dari pengadaan Yanmasum serta bantuan dari APBN sebanyak 30 sehingga berjumlah menjadi 215.

Bangunan yang diharapkan dapat menampung 400 TT sudah dibangun pada tahp I yaitu 1 ( satu ) gedung dengan 3 lantai dengan pembagian Lantai 1 sebagai ruang poliklinik ( Jantung, Cath Lab, Lasik, BMD, ESWL, Gama Camera, Fluroskopi, dll ), Lantai 2 sebagai ruang perawatan Bedah dan Lantai 3 di peruntukan untuk Ruang perawatan Penyakit Dalam.

Dalam memenuhi kebutuhan 400 TT sudah di bangunkan satu bangunan yang sama seperti pada tahap 1 serta direncanakan satu lagi bangunan yang sama. Sudah dibangunkan pula bangunan Ruang Jenazah pada akhir tahun 2013 dan pada akhirnya pembangunan tahap III akan dibangunkan pada Tahun Anggaran 2014.

Bangunan RSPAU Dr. S. Hardjolukito berada pada lahan seluas 4,480 Ha dengan luas bangunan 4000 M 2. RSPAU dr. S. Hardjolukito memiliki Layanan klinik rawat jalan Poliklinik Gilut , Poliklinik Penyakit Dalam ,Poliklinik Anak ,Poliklinik Bedah ,Poliklinik Obsgyn ,Poliklinik Saraf ,Poliklinik Mata, Poliklinik THT , Poliklinik Kulmin , Poliklinik Umum/Air crew, Poliklinik Urologi, Poliklinik Jantung ,Poliklinik Orthopaedi , Rehabmedik ,Poliklinik Paru , Poliklinik Jiwa , Poliklinik Akupunktur , Poliklinik Bedah Mulut, Poliklinik Bedah Saraf, Poliklinik Onkologi dan Poliklinik VCT.

Untuk Rawat Inap RSPAU dr. S.Hardjolukito saat ini memiliki 6 ( enam ) bangsal, bangsal kebidanan, bangsal penyakit Anak, bangsal bedah kelas III, bangsal Bedah kelas 1 dan 2, bangsal Penyakit dalam kelas 1 dan 2 serta ruang ICU/ICCU/NICU/PICU.Beberapa bangunan di dirikan pada tahun 2013 dengan dana non APBN hasil Yanmasum meliputi:PembangunanRuang Rekam Medis dan SIM RS, Ruang tunggu VIP, penjernih air yang merupakan sumbangan dari KASAU, Pengadaan CCTV, Pemeliharaan Ipal, Ruang pelayanan apotik di UGD, Instalasi Gizi dengan standar Kemenkes RI. Pengadaan ruang tunggu Apotik, Pengadaan Mobil Dinas 1 Unit.

Fasilitas Umum yang ada di RSPAU dr. S. Hardjolukito adalah lahan parkir yang memadai, Layanan ATM, Pemulasaraan Jenazah, Kantin “Melati” Koperasi RSPAU dr. S. Hardjolukito.

Personel

Personel RSPAU dr. S. Hardjolukito saat ini berjumlah 452 orang dengan rincian sebagai berikut : Dokter 58 orang, Perawat 160 orang, Farmasi 12 orang , Tenaga Non Keperawatan 67 dan Tenaga Non Kesehatan 131 orang. Adapun Jadwal praktek Dokter dan pelayanan lainnya adalah sesuai dengan jam dinas yang berlaku.

Jadwal Praktek Dokter

Para Dokter RSPAU dr. S. Hardjolukito menjalankan kegiatannya menyesuaikan dengan jam kerja yang berlaku di TNI AU dan juga melayani pasien bila keadaan darurat.

Jadwal Pelayanan lainnya

Jadwal Pelayanan lainnya juga menyesuaikan dengan jam kerja yang berlaku di TNI AU yaitu senin sampai dengan jumat.

Jam Besuk : Senin sampai Sabtu | Pukul 11:00 - 13:00 dan 17:00 - 19:00 WIB

Baca: RST dr. Soedjono

  • Kerjasama


Kerjasama RSPAU Dr. S. Hardjolukito :

  1. Kerja sama pendidikan dengan RSUP dr. Sardjito Yogyakarta dan Fakultas Kedokteran UGM
  2. Kerja Sama dengan PT. MPS SEWON Yogyakarta sebagai Rumah Sakit Rujukan dari Poliklinik PT. MPS ( PPK 1 ).
  3. Naskah Kesepakatan Bersama RSPAU dr.S.Hardjolukito dengan Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto Tentang Pelayanan Kesehatan .
  4. Kerjasama RSPAU dr.Hardjolukito dengan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Isti Ekatana Upaweda TA 2012 tentang PKL Stie IEU Yogyakarta.
  5. Kerjasama RSPAU dr.S.Hardjolukito dengan AMA Yayasan Pura Kumala Yogyakarta TA 2012 tentang PKL AMA Yayasan Pura Kumala Yogyakarta.
  6. Kerjasama RSPAU dr.S.Hardjolukito dengan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Madani Yogyakarta TA 2011 tentang PKL Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Madani Yogyakarta .
  7. Kerjasama Dokter Part Timer dengan RSPAU dr.S.Hardjolukito.
  8. Kerjasama antara RSPAU dr Suhardi Hardjolukito dengan Polteknik Kemenkes Palembang tanggal 27-2-2013.
  9. Perjama RSPAU dr Suhardi Hardjolukito dengan Stikes Surya Global Yokyakarta tanggal 3-12-2012.
  10. Perjama RSPAU dr Suhardi Hardjolukito dengan Polteknik Kesehatan Permata Indonesia tanggal 30-12-2012.
  11. Perjama RSPAU dengan sekolah tinggi Ilmu Kesehatan Widya Husada tanggal 2-1-2012.
  12. Dan banyak lagi PKS dengan Universitas lainnya.

  • Pelayanan


Pelayanan RSPAU Dr. S. Hardjolukito :

  • IGD
  • Instalasi Rawat Inap
  • Instalasi Rawat Jalan
  • Bangsal Kebidanan (Ruang Merpati)
  • Ruang ICU/ICCU/NICU/PICU (Ruang Elang)
  • Bangsal Kelas 1 dan VIP (Ruang Cendrawasih)
  • Bangsal Penyakit Dalam kelas 1 dan 2 (Ruang Merak)
  • Bangsal Anak (Ruang Parkit)
  • Bangsal Bedah kelas 1 dan 2 (Ruang Camar)
  • Bangsal Bedah Kelas III (Ruang Kutilang)
  • Bangsal Penyakit Dalam Kelas 2 dan 3 (Ruang Murai)

Baca: RSI Sultan Agung Semarang

  • Organisasi


Kepala RSPAU Dr. S. Hardjolukito : Marsma TNI dr. Djunadi MS., Sp.KP.

(Tribunnewswiki.com/Ris)



Nama RSPAU Dr. S. Hardjolukito
Alamat Jl. Raya Blok O Janti, Lanud Adisutjipto, Ringroad Timur, Karang Janbe, Banguntapan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55198, Indonesia
Kontak Telp. +62 274 444702 / Fax : +62 274 444706
Email rsau.hardjolukito@yahoo.co.id
Situs rspauhardjolukito.com
Direktur Marsma TNI dr. Djunadi MS., Sp.KP.


Sumber :


1. rspauhardjolukito.com


Penulis: Haris Chaebar
Editor: Ekarista Rahmawati Putri






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2020 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved