Pemerintah Nepal Tutup Jalur Pendakian Gunung Everest, Mata Pencaharian Warga Lokal Terancam

Mengikuti kebijakan pemerintah Nepal yang menutup sejumlah spot wisata, termasuk basecamp pendakian Gunung Everest, warga lokal merasa terancam


zoom-inlihat foto
nepal-tutup-jalur-pendakian-ke-gunung-everest.jpg
PRAKASH MATHEMA / AFP
Nepal tutup jalur pendakian ke Gunung Everest, mata pencaharian warga lokal terancam Foto: Para pria berjalan di jalur pendakian yang sepi selama lockdown yang diberlakukan pemerintah sebagai tindakan pencegahan terhadap coronavirus COVID-19, di Namche Bazar di wilayah Everest, sekitar 140 Km di timur laut Kathmandu pada 25 Maret 2020.


Mengikuti kebijakan pemerintah Nepal yang menutup sejumlah spot wisata, termasuk basecamp pendakian Gunung Everest, warga lokal merasa terancam

TRIBUNNEWSWIKI.COM - Sebuah kota di Himalaya, tepatnya di Khumjung resmi ditutup untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.

Khumjung, sebuah kota perbukitan di Himalaya yang seharusnya ramai menjelang masuknya musim pendakian Gunung Everest, gunung tertinggi di dunia, tutup mengikuti kebijakan negara Nepal yang menutup sejumlah spot wisata.

Tutupnya kota Khumjung ini mengancam mata pencaharian warga lokal sekitar yang dikenal dengan nama Sherpa / orang-orang Sherpa.

Baca: Fakta Erupsi Gunung Semeru, Status Waspada Level 2, Kondisi Masih Aman Terkendali

Gunung Everest 4567
Sebuah pedesaan di kaki Gunung Everest  (PRAKASH MATHEMA / AFP)

Belum Ada Kasus

Penutupan kota tempat pendakian Gunung Everest yang mempunyai tinggi 8.848 meter (29.029 kaki) ini dilakukan untuk mengantisipasi masuknya pandemi virus corona ke Nepal.

Kendati sementara tidak ada kasus yang dilaporkan di dalam kota tersebut, pegunungan Himalaya resmi ditutup.

Tutupnya Himalaya mencakup perbatasan dan perjalanan udara dari berbagai negara.

Baca: Masyarakat Tak Perlu Khawatir, Letusan Gunung Merapi Berskala Kecil, Tak Ada Awan Panas

Gunung Everest 9090
Sebuah pemandangan menunjukkan sepinya jalan dengan toko-toko dan restoran yang tertutup selama lockdown yang diberlakukan pemerintah sebagai tindakan pencegahan terhadap coronavirus COVID-19, di Lukla gerbang utama ke wilayah Everest, sekitar 140 km timur laut Kathmandu pada 28 Maret , 2020. (PRAKASH MATHEMA / AFP)

Mengancam Mata Pencaharian

Sejumlah tali dan pick terlihat masih digantung di rumah-rumah di Khumjung yang memiliki atap batu berwarna hijau.

Hostel-hostel dan sejumlah kedai teh di wilayah yang sering digunakan para pendaki melakukan aklimatisasi (penyesuaian fisiologis / adaptasi terhadap suatu ketinggian tertentu) ini mulai kosong.





Halaman
12
Penulis: Dinar Fitra Maghiszha
Editor: Putradi Pamungkas






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2020 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved