Lisosom

Lisosom merupakan organel sel berupa kantong terikat membran yang berisi enzim hidrolitik yang berfungsi untuk mengontrol pencernaan intraseluler dalam berbagai kondisi.


zoom-inlihat foto
ilustrasi-sakit-perut.jpg
SRIPOKU.COM/ANTON
Ilustrasi pencernaan

Lisosom merupakan organel sel berupa kantong terikat membran yang berisi enzim hidrolitik yang berfungsi untuk mengontrol pencernaan intraseluler dalam berbagai kondisi.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Lisosom merupakan organel sel berupa kantong terikat membran yang berisi enzim hidrolitik yang berfungsi untuk mengontrol pencernaan intraseluler dalam berbagai kondisi.

Bentuk lisosom agak bulat dibatasi oleh sistem membran tunggal dengan diameter sekitar 1,5 mikron dan letak lisosom berada di dekat badan golgi. 

Lisosom pertama kali ditemukan pada tahun 1950 oleh seorang ilmuwan bernama Cristian De Duve dan ditemukan pada semua sel eukariotik.

Lisosom sendiri berasal dari kata Lyso yang berarti 'Pencernaan' dan 'Soma' yang berarti Tubuh.

Lisosom yaitu organel pencernaan pada sel hewan.

Lisosom juga terdapat dalam sel tumbuhan tapi pada sel tumbuhan dikenal dengan nama Vakuola yang mempunyai fungsi untuk mencerna dan menyimpan senyawa organik yang dihasilkan Tumbuhan. (1)

Baca: Hipotalamus

Baca: Talamus

 

  • Struktur Bagian


Bagian lisosom terdiri dari (1) :

1. Membran Lisosom

Membran Lisosom adalah membran yang melindungi lisosom dari kebocoran dam enzim yang berada didalamnya tidak keluar dan memakan isi sel dan juga sebagai bagian pemisah dimana enzim pencernaan disimpan.

Membran Lisosom memiliki ketebalan sekitar 9 nm dan memiliki kandungan berupa karbohidrat netral, asam N-asetilmuramat dan hexoamina. Untuk menyediakan pH bagi enzim didalam lisosm, membran lisososm memiliki pompa proton yang bernaman pompa H+ yang menggunkan energi dari hidrolisis ATP.

2. Enzim-Enzim Hidrolitik

Enzim hidrolitik pada lisosom diantaranya yaitu:

  • Enzim Fosfatase yang merupakan enzim yang paling mendominasi pada lisosom. Contoh enzim fosfatase yaitu Acid phosphatase bersubstrat Phosphomonoesterus, dan Acid phosphodiesterase bersubstrat phosphodiesters. 
  • Enzim nuklease yaitu enzim yang terdiri dari Acid Ribonuclease bersubstrat RNA dan Acid Deoxyribinuclease bersubstrat DNA.
  • Enzim Protease yaitu enzim yang terdiri dari Cathepsin bersubstrat protein, enzim peptidase bersubstrat peptida, dan Collagenase bersubstrat collagen.

  • Fungsi


Berikut adalah fungsi lisosom dalam tubuh makhluk hidup (2) :

Fungsi Lisosom pada tubuh manusia 

  • Lisosom berfungsi dalam mencerna cadangan makanan apabila terjadi kekurangan makanan.
  • Lisosom berfungsi dalam mencerna makanan hasil fagositosis & pinositosis.
  • Lisosom berfungsi sebagai Autolisis yaitu Lisosom bisa menghancurkan sebuah organel sel yang rusak dalam keadaan fisiologis tertentu pada jaringan tubuh yang disebut dengan Autofagi.
  • Lisosom berfungsi dalam menetralkan zat yang sifatnya Karsinogen, yaitu zat yang menyebabkan kanker.
  • Lisosom berfungsi dalam menghancurkan zat yang terdapat di luar sel, csalah satunya untuk menghancurkan dinding sel telur sperrma yang mengeluarkan enzim pada saat terjadinya fertilisasi.

Fungsi Lisosom pada Tumbuhan & Hewan

  • Lisosom berfungsi dalam memproses pencernaan makanan & benda asing yang masuk ke dalam sel pada tubuh seekor hewan. Contohnya adalah Seekor ular memangsa seekor hewan yang ukurannya lebih besar dari tubuh ular tersebut. Karena Lisosom pada tubuh ular
  • Dapat berperan ketika terjadinya proses pengausan atau pengrusakan organel sel contohnya proses rusaknya kloroplas pada tumbuhan yang sudah tua.

  • Klasifikasi


Lisosom dapat diklasifikasikan menjadi 2 jenis utama yaitu (2) :

  1. Lisosom Primer merupakan jenis lisosom yang masih belum dipergunakan dalam proses pencernaan ataupun dalam proses hidrolisis.
  2. Lisosom Sekunder merupakan jenis lisosom primer yang telah dipergunakan dalam proses pencernaan atau hidrolisis, dan telah menyatu dengan membran fagosom.

Pada Lisosom Sekunder juga memiliki 2 fungsi, yaitu memiliki keterkaitan untuk bekerja sama yang erat di dalam sel adalah :

  • Heterolisosom terbentuk dari suatu fungsi Lisosom Primer, Fargosom atau Endosom yang terjadi bila substrat yang dicerna berasal dari luar sel.
  • Autolisosom terbentuk dari suatu fungsi Lisosom Primer dengan Sitosegresom yang terjadi pada saat substrat yang dicerna merupakan dari substrat intraseluler yang dibatasi oleh membran (sitosegresom).

(TRIBUNNEWSWIKI.COM/Kaa)



Nama Lisosom
Fungsi Mengontrol pencernaan intraseluler dalam berbagai kondisi.
   


Sumber :


1. www.pelajaran.co.id
2. rumus.co.id


Penulis: Ika Wahyuningsih
Editor: Putradi Pamungkas




ARTIKEL REKOMENDASI



KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2020 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved