Pulau Kanawa

Pulau Kanawa adalah pulau kecil dengan pemandangan alam yang eksotis dan merupakan salah satu destinasi pariwisata favorit di Labuan Bajo, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT).


zoom-inlihat foto
kanawa1.jpg
hardrockfm.com
Pulau Kanawa

Pulau Kanawa adalah pulau kecil dengan pemandangan alam yang eksotis dan merupakan salah satu destinasi pariwisata favorit di Labuan Bajo, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT).




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Pulau Kanawa adalah pulau kecil dengan pemandangan alam yang eksotis dan merupakan salah satu destinasi pariwisata favorit di Labuan Bajo, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pulau yang memiliki luas sekitar 32 hektar ini berjarak kurang lebih 15 kilometer dari Labuan Bajo, Ibukota Manggarai Barat.

Pulau Kanawa dikenal juga dengan sebutan pintu gerbang Pulau Komodo karena semua kapal yang menuju ke Pulau Komodo pasti akan melewati pulau ini.

Pulau Kanawa memiliki keindahan alam dan kehidupan bawah laut yang sangat mempesona.

Pantai dengan pasir putih dan air laut biru yang jernih memungkinkan para pengunjung untuk menikmati ekosistem laut yang beragam seperti terumbu karang dan aneka jenis ikan.

Bahkan ketika pengunjung menginjakan kaki di dermaga Kanawa, mereka bisa melihat berbagai jenis hewan laut seperti hiu kecil dan terumbu karang yang indah tanpa harus menyelam. (1)

Baca: Pulau Padar

Baca: Pantai Tangsi (Pink Beach Lombok)

  • Aktivitas dan Daya Tarik


Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Pulau Kanawa.

Wisatawan bisa menghabiskan hari dengan bersantai di atas hammock, berkemah, bermain voli pantai, dipijat di pantai, trekking ke bukit, snorkeling, menyelam, atau menikmati pemandangan langit di malam hari.

Pulau Kanawa yang memiliki alam bawah laut yang indah dan airnya yang jernih bak kaca, menjadi salah satu spot snorkeling dan diving yang cukup lengkap.

Berbagai terumbu karang dan koral serta biota laut kecil hingga besar juga dapat ditemukan di spot snorkeling Pulau Kanawa.

Biota laut besar yang ada di pulau ini, di antaranya Ikan Pari Manta, Ikan Hiu Paus, Mola-Mola, dan Giant Parrot Fish.

Wisatawan juga bisa berenang di sekitar pulau dan kalau beruntung, Anda bisa bertemu biota laut tersebut selagi snorkeling.

Terlebih, berbagai biota laut besar tersebut tidak agresif, jadi cukup aman untuk berenang dengan mereka di perairan yang sama.

Pesona bawah laut yang menawan ini bisa dinikmati dengan jarak 10 meter dari bibir pantai.

Di sisi kanan pantai ini masih terdapat sisa ganggang merah yang membuat Pulau Kanawa sekilas tampak berwarna pink.

Pulau ini sangat cocok bagi yang ingin menikmati suasana damai dan tenang.

Pulau Kanawa juga menawarkan suasana lain terutama buat yang ingin santai, bisa sekedar berjemur di pantainya.

Cara terbaik untuk menikmati pulau ini adalah dengan bermalam, karena tidak cukup hanya semalam untuk menikmati keindahannya juga berbagai aktivitas yang bisa dilakukan di sini. (3)

Baca: Pulau Rubiah

  • Lokasi dan Akses


Pulau Kanawa terletak di kawasan wisata Labuan Bajo, telatnya berada di Desa Badjo, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Untuk menuju Pulau Kanawa dari Labuan Bajo, pengunjung bisa menggunakan kapal gratis fasilitas antar jemput dari pengelola Kanawa Beach Bungalows.

Jam operasional untuk menjemput setiap hari pukul 12.00 dari Labuan Bajo menuju Kanawa dan Jam 08.00 untuk mengantar dari Kanawa menuju Labuan Bajo.

Pengunjung juga bisa menggunakan kapal sewaan yang tersedia di Labuan Bajo, jika tiba di atas pukul 12.00 waktu setempat. (1)

Baca: Pulau Tabuhan Banyuwangi

  • Fasilitas dan Retribusi


Fasilitas

Untuk akomodasi, ditempat ini sudah terdapat fasilitas penginapan Kanawa Beach Bungalows dengan berbagai pilihan yang dapat disesuaikan dengan keinginan dan kemampuan pengunjung.

Oleh karena tempat ini menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan, maka Anda harus memesannya jauh hari sebelum berlibur ke tempat ini.

Paket penginapan yang tersedia sudah termasuk makan pagi dan fasilitas antar jemput Labuan Bajo-Kanawa pulang pergi.

Untuk makanan di daerah wisata ini juga sudah tersedia restoran dengan aneka ragam menu baik menu, baik dalam negeri maupun luar negeri.

Retribusi

Untuk harga tiket masuk ke Pulau Kanawa Labuan Bajo, pengunjung akan dikenai biaya retribusi sebesar Rp 50.000,-.

Namun, harga tersebut belum termasuk biaya menyewa kapal untuk menyebrang, menyewa alat snorkeling, ataupun menyewa penginapan yang ada di sekitar bibir pantai.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Anda perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 400.000,- s/d Rp 600.000,-.

Untuk melakukan kegiatan snorkeling, Anda dapat menyewa peralatan yang disediakan.

Biaya yang harus Anda keluarkan untuk sewa peralatan yang ada sebesar Rp50.000,- per hari.

Pulau Kanawa Labuan Bajo juga memiliki dive center bagi pengunjung yang memiliki izin menyelam. (4)

(Tribunnewswiki.com/Ron)



Nama Pulau Kanawa
Lokasi Badjo, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur
Google Maps https://goo.gl/maps/Cqy1tGM5jh16uXQZ8
   








KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2020 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved