FILM - Jarhead (2005)

Film Jarhead bercerita kisah hidup Swofford, saat ia mengabdi di masa Perang Teluk. Jarhead adalah istilah slang yang digunakan untuk merujuk ke Marinir Amerika Serikat.


FILM - Jarhead (2005)
imdb.com
Film Jarhead (2005). 

Film Jarhead bercerita kisah hidup Swofford, saat ia mengabdi di masa Perang Teluk. Jarhead adalah istilah slang yang digunakan untuk merujuk ke Marinir Amerika Serikat.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Jarhead adalah film drama perang tahun 2005 asal Amerika Serikat yang didasarkan pada memoar tentara marinir Amerika Serikat, Anthony Swofford tahun 2003, disutradarai oleh Sam Mendes, dibintangi oleh Jake Gyllenhaal sebagai Swofford bersama Jamie Foxx, Peter Sarsgaard, Lucas Black dan Chris Cooper.

Film Jarhead menceritakan kisah hidup Swofford, saat ia mengabdi di masa Perang Teluk. Jarhead adalah istilah slang yang digunakan untuk merujuk ke Marinir Amerika Serikat.

Jarhead dirilis pada 4 November 2005, oleh Universal Pictures.

Setelah dirilis, film ini menerima tinjauan beragam dan mayoritas hal negatif di box office, meraup 96 juta dollar Amerika Serikat dibandingkan dengan anggaran 72 juta Amerika Serikat.

Terlepas dari tanggapan yang tak bagus tentang Jarhead, film ini melahirkan serangkaian empat film berikutnya.

Baca: FILM - Lucky Chan-sil (2020)

jargf
Film Jarhead.

  • Plot atau Sinopsis


Pada tahun 1989, Anthony "Swoff" Swofford, yang ayahnya bertugas dalam Perang Vietnam, menghadiri pelatihan Korps Marinir AS sebelum ditempatkan di Camp Pendleton. Mengklaim bahwa ia bergabung dengan militer karena ia "tersesat dalam perjalanan ke perguruan tinggi", Swofford mendapati waktunya di Camp Pendleton sulit, dan berjuang untuk berteman.

Sementara Swofford berpura-pura sakit untuk menghindari tanggung jawabnya, seorang "lifer", Staf Sersan Sykes, memperhatikan potensinya dan memerintahkan Swofford untuk mengikuti kursus Scout Sniper-nya.

Setelah pelatihan yang melelahkan, kursus Scout Sniper ditinggalkan dengan delapan kandidat, di antaranya Swofford, sekarang seorang penembak jitu, dan teman sekamar Swofford, Kopral Alan Troy yang menjadi pengintainya. Ketika Irak menginvasi Kuwait, unit Swofford dikerahkan ke Semenanjung Arab sebagai bagian dari Operasi Desert Shield.

Bersemangat untuk bertempur, Marinir mendapati diri mereka bosan dengan pelatihan perbaikan, latihan terus-menerus, dan monoton rutin yang memberi makan kebosanan mereka, dan mendorong mereka untuk berbicara tentang pacar dan istri yang tidak setia yang menunggu mereka di rumah.

Mereka bahkan membuat papan buletin yang berisi foto-foto dan catatan singkat yang menceritakan perfidies apa yang telah dilakukan para wanita.

Swofford mendapatkan alkohol yang tidak sah dan mengatur pesta Natal dadakan, mengatur agar Fergus menutupi arlojinya sehingga ia dapat merayakannya.

Fergus secara tidak sengaja membakar tenda sambil memasak beberapa sosis dan menyalakan peti suar, membangunkan seluruh kamp dan membuat marah Sersan Sykes, yang menurunkan Swofford dari kopral tombak ke kopral menjadi pribadi dan menempatkannya pada detail "pembakaran sampah".

Hukuman, dikombinasikan dengan panas, kebosanan, dan kecurigaan Swofford atas perselingkuhan pacarnya, membuat Swofford mengalami gangguan mental, sampai pada titik di mana ia mengancam Fergus dengan senapan, kemudian memerintahkan Fergus untuk menembaknya sebagai gantinya.

Kemudian, Operasi Badai Gurun dimulai dan Marinir dikirim ke perbatasan Arab Saudi-Kuwait. Swofford belajar dari Sykes bahwa Troy menyembunyikan catatan kriminalnya saat mendaftar dan akan diberhentikan ketika unit kembali ke rumah.

Troy menjadi jauh dari teman-temannya. Mengetahui bahwa Troy tidak akan diizinkan untuk mendaftar ulang, Marinir menyerangnya dengan besi branding USMC yang panas, menandainya sebagai salah satu milik mereka. Menyusul serangan udara yang tidak disengaja dari pasukan bersahabat, Marinir maju melalui padang pasir, tidak menghadapi musuh di darat.

Marinir berbaris melalui Highway of Death, berserakan dengan kendaraan yang terbakar dan tubuh hangus tentara Irak yang mundur, setelah kampanye pemboman.

Marinir kemudian melihat sumur minyak yang terbakar di kejauhan, tersulut hanya beberapa saat sebelumnya dengan menarik kembali warga Irak, dan mereka berusaha menggali lubang tidur ketika hujan minyak mentah jatuh dari langit. Sebelum mereka bisa selesai, Sykes memerintahkan pasukan untuk bergerak melawan angin.

Menjelang akhir perang, Swofford dan Troy akhirnya diberi misi sniping. Letnan Kolonel Kazinski, komandan batalion mereka, memerintahkan mereka untuk membunuh setidaknya satu dari dua perwira tinggi Pengawal Republik Irak di lapangan udara terdekat.

Pada detik terakhir sebelum Swofford menembak, Mayor Lincoln memotong mereka untuk memanggil serangan udara. Swofford dan Troy protes, tetapi ditolak dan terlihat kecewa saat pesawat menghancurkan lapangan udara Irak.

Perang berakhir tanpa Swofford menembakkan senjatanya. Selama monolog, Swofford menyadari bahwa semua pelatihan dan upayanya untuk mencapai status elit sebagai penembak jitu laut tidak ada artinya dalam peperangan modern.

Setelah kembali ke rumah, Marinir berpawai melalui sebuah kota dalam perayaan kemenangan yang periang. Swofford kembali ke rumah untuk keluarga dan pacarnya tetapi menemukan bahwa dia memiliki pacar baru. Fowler terlihat bersama seorang pelacur di sebuah bar, sekarang sebagai Kopral Lance, Kruger di ruang dewan perusahaan, Escobar sebagai karyawan supermarket, Cortez sebagai ayah dari tiga anak, dan Sykes melanjutkan pelayanannya sebagai sersan pertama dalam Perang Irak.

Kemudian, Swofford mengetahui kematian Troy selama kunjungan mendadak dari Fergus. Dia menghadiri pemakamannya, bersatu kembali dengan beberapa teman lamanya dan kemudian mengenang tentang efek perang.

Baca: FILM - Independence Day (1996)

  • Trailer


Trailer film Jarhead (2005) :

  • Poster


Poster film Jarhead (2005) :

Poster film Jarhead.
Poster film Jarhead. (imdb.com)

Pemeran

  • Jake Gyllenhaal sebagai Anthony Swofford
  • Scott MacDonald sebagai D.I. Kuskus
  • Peter Sarsgaard sebagai Alan Troy
  • Jamie Foxx sebagai Staf Sersan. Sykes
  • Lucas Black sebagai Chris Kruger
  • Brian Geraghty sebagai Fergus O'Donnell
  • Jacob Vargas sebagai Juan Cortez
  • Laz Alonso sebagai Ramon Escobar
  • Evan Jones sebagai PFC Dave Fowler
  • Chris Cooper sebagai Letnan Kolonel Kazinski
  • Dennis Haysbert sebagai Mayor Lincoln
  • John Krasinski sebagai Kopral Harrigan

Baca: FILM - Lucky Chan-sil (2020)

  • Detail Produksi


Judul : Jarhead

Genre : Drama

Rilis : 4 November 2005

Negara : Amerika Serikat

Bahasa : Inggris

Sutradara : Sam Mendes

Penulis cerita : William Broyles Jr.

Produser : Douglas Wick, Lucy Fisher

Pemeran : Jake Gyllenhaal, Peter Sarsgaard, Lucas Black, Jamie Foxx

Musik : Thomas Newman

Sinematografi : Roger Deakins

Editor : Walter Murch

Perusahaan produksi/distributor : Red Wagon Entertainment, Neal Street Productions/Universal Pictures

Durasi : 123 menit

Biaya : 72 juta dollar Amerika Serikat

Pendapatan : 96,9 juta dollar Amerika Serikat

Baca: FILM - Universal Soldier: Day of Reckoning (2012)

  • Kritik dan Pencapaian


Film Jarhead mendapatkan respon beragam dari kritikus film dan gagal di box office dengan pendapatan 96,9 juta dollar Amerika Serikat dari biaya produksi hanya 72 juta dollar Amerika Serikat. (1)

Di situs Rotten Tomatoes, film Jarhead memperoleh approval rating 61 % dari 199 ulasan.

Kesimpulan dari Rotten Tomatoes, “Film Jarhead tentang skor Perang Teluk pertama dengan pertunjukan dan sinematografinya tetapi tidak memiliki dorongan emosional.” (2)

Pada Metacritic, film Jarhead memiliki skor rata-rata 58 dari 100, berdasarkan 40 ulasan. (3)

Roger Ebert memberikan film Jarhead dengan tiga setengah dari empat bintang, mengatakan karena penggambarannya yang unik tentang Marinir Perang Teluk yang memerangi kebosanan dan perasaan terisolasi daripada kombatan dan lawan.

Film Jarhead dilanjutkan dengan sekuel yakni Jarhead 2: Field of Fire.

(Tribunewswiki.com/Ris)



Judul Jarhead
Genre Drama perang
Rilis 4 November 2005
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Sutradara Sam Mendes
Penulis cerita William Broyles Jr.
Produser Douglas Wick, Lucy Fisher
Pemeran Jake Gyllenhaal, Peter Sarsgaard, Lucas Black, Jamie Foxx
Durasi 123 menit
Biaya 72 juta dollar Amerika Serikat
Pendapatan 96,9 juta dollar Amerika Serikat


Sumber :


1. www.boxofficemojo.com
2. www.rottentomatoes.com
3. www.metacritic.com


Penulis: Haris Chaebar
Editor: Ekarista Rahmawati Putri




ARTIKEL REKOMENDASI



KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2020 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved