Anindyo Baskoro (Nino RAN)

Anindyo Baskoro atau yang akrab disapa dengan nama Nino adalah penyanyi, aktor, dan produser musik kelahiran Jakarta, 21 November 1987.


zoom-inlihat foto
ninooo11.jpg
Instagram/@ninokayam
Anindyo Baskoro - Nino RAN

Anindyo Baskoro atau yang akrab disapa dengan nama Nino adalah penyanyi, aktor, dan produser musik kelahiran Jakarta, 21 November 1987.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Anindyo Baskoro atau yang akrab disapa dengan nama Nino adalah penyanyi, aktor, dan produser musik kelahiran Jakarta, 21 November 1987.

Nama Nino pertama kali dikenal sebagai salah satu pentolan grup musik RAN, yaitu sebagai vokalis utama bersama dengan Rayi Putra (Rayi) sebagai vokalis dan rapper juga Astano Andoko (Asta) sebagai gitaris.

Nama grup musik tersebut diambil dari gabungan nama-nama personil RAN sendiri, yakni Rayi, Asta, dan Nino.

Pria berusia 33 tahun sempat menjalin hubungan dengan aktris ternama Pevita Pearce pada tahun 2010, namun keduanya tidak berakhir bersama.

Nino bersama trio produser LaleIlmanino meraih penghargaan dalam kategori Produser Rekaman Terbaik dalam AMI Award 2018 dan Pencipta Lagu Tema Terbaik dalam Piala Citra 2019. (1)

Baca: Vidi Aldiano

Baca: Afgansyah Reza

  • Perjalanan Karier


Karier benyanyi Nino dimulai ketika ia duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA) Al-Izhar Pondok Labu Jakarta.

Mulanya, Rayi bersama Asta yang sudah mulai bermusik sejak SMA, membentuk band yang diberi nama F.R.D. (Funk Rap Disco) bersama teman-temannya yang lain.

Band besutan Rayi dan Asta ini kemudian menjuarai berbagai lomba, namun selepas SMA, band mereka vakum karena beberapa personil yang harus melanjutkan pendidikan ke luar negeri.

Ketika berencana untuk mengikuti Indonesian Song Festival 2006 yang digelar oleh JakTV, Rayi dan Asta lantas menggaet Nino untuk bergabung.

Saat itu, Nino merupakan adik kelas Rayi dan Asta di sekolah menengah.

Tidak lama kemudian, Rayi, Asta, dan Nino membuat sebuah band yang diberi nama RAN pada 3 Agustus 2016.

Band mereka mengusung musik dengan tema ringan, easy listening, dan bertema riang.

Keberuntungan berpihak pada ketiga pemuda ini kala itu, karena tidak butuh waktu lama, nama RAN langsung mencuri perhatian publik.

Akhir tahun 2007, RAN merilis album debut mereka yang bertajuk RAN For Your Life, album ini sukses diterima oleh pasar musik Indonesia.

Lagu-lagu yang menjadi hit dari album ini, yaitu Pandangan Pertama, Nothing Last Forever, dan Selamat Pagi yang kemudian ramai diputar pada acara musik di radio maupun televisi.

Sukses dengan album pertama, RAN mulai mengerjakan album kedua yang dirilis pada tahun 2009 bertajuk Friday.

RAN memberi kejutan pada album kedua ini dengan menggandeng Sheila (penyanyi asal Malaysia) untuk berkolaborasi dalam lagu Tunjukkan Cintamu.

Sejak saat itu nama RAN semakin melejit, namun mereka tidak berhenti berkarya dan kembali menelurkan album ketiga di tahun 2011 yang diberi nama HOP3.

Pada tahun 2010, RAN terpilih sebagai Duo/Group Penyanyi Favorit oleh Nickelodeon Kids Choice Award.

Kemudian pada tahun 2011, RAN digaet untuk ikut serta dalam album A Tribute to KLA Project dan nama grup musik ini pun semakin naik seiring berjalannya waktu.

Hingga 2020, RAN telah memiliki lima album, yakni album keempat yang dirilis pada tahun 2013 bertajuk Hari Baru dan album kelima yang dirilis pada tahun 2016 yang diberi judul dengan nama grup musik mereka sendiri, yaitu RAN(1)

Laleilmanino

Pada tahun 2013, Nino bersama kedua temannya, yakni Lale dan Ilman dari grup musik Maliq & D'essentials membentuk sebuah trio produser, komposer, dan pencipta lagu.

Trio ini mulanya dibentuk karena obrolan iseng dan kekaguman akan Yovie Widianto sebagai seorang pencipta lagu.

Alasan lain hadirnya trio produser ini didasari oleh rasa prihatin mereka yang timbul karena kurangnya apresiasi pecinta musik Indonesia terhadap pencipta musik.

Laleilmanino memiliki niat untuk mengingatkan pendengar bahwa dibalik lagu-lagu yang didengar setiap hari, ada sosok pencipta lagu juga di sana.

Laleilmanino sendiri mengusung musik yang berasal dari gabungan kompleksitas kord dan gaya sophisticated dari Lale dan Ilman dengan melodi dan lirik dari Nino yang sederhana dan mudah dinyanyikan sehingga bersatu padu menjadi lagu pop yang apik.

Lagu pertama garapan trio produser ini adalah lagu Surat Izin Mencinta yang dinyanyikan oleh Bastian Steel.

Kemudian, Laleilmanino mulai memproduseri dan menciptakan beberapa lagu untuk Rio Febrian, Angle Pieters, Maudy Ayunda, AMPM, Acha Septriasa, Andira, Rizky Febian, hingga Marion Jola.

Tidak hanya lagu ataupun single, trio Laleilmanino ini bahkan memproduseri penuh album Persona milik Vidi Aldiano dan album Kereta Kencan milik HiV!.

Meskipun trio ini masih terhitung sebentar menjalani karier di bidang ini, mereka telah memperoleh prestasi atas karyanya.

Lagu mereka yang berjudul Hanya Engkau Yang Bisa yang dinyanyikan oleh Armand Maulana berhasil meraih penghargaan AMI Awards serta masuk dalam nominasi Anugrah Planet Muzik Awards. (4)

Hingga tahun 2020, ketiganya telah membuat lebih dari 70 judul lagu untuk penyanyi dan grup musik, termasuk yang belum dirilis.

Pada tahun ketujuh karier mereka ini jumlahnya bisa mencapai 100 judul lagu. (3)

Baca: Glenn Fredly

Baca: Teuku Adifitrian (Tompi)

  • Kehidupan Pribadi


Pria bernama lengkap Anindyo Baskoro ini lahir di Jakarta pada 21 November 1987.

Nino lahir dari pasangan Umar Kayam (Alm) dan Sita Aripurnami.

Sulung dari 4 bersaudara ini memiliki, satu adik perempuan Nurani Pertiwi, dan dua adik laki-laki yang kembar, yakni Sunjoyo Jatmiko dan Sanjaya Waskito.

Nino menamatkan pendidikan sekolah menengahnya di SMA Al-Izhar Pondok Labu Jakarta.

Kemudian ia melanjutkan pendidikan tingginya ke Universitas Pelita Harapan dengan mengambil konsentrasi di bidang Desain Komunikasi Visual (DKV).

Pria dengan tinggi badan 168 cm ini diketahui sering menjalin hubungan dengan banyak perempuan, perempuan-perempuan yang pernah dekat dengannya tidak main-main, mereka berasal dari kalangan selebritis hingga akademisi.

Perempuan-perempuan tersebut antara lain Pevita Pearce, Milka Anisya, Ana Octarina, Merdianti Octavia, Marion Jola, dan kini Nino sedang berpacaran dengan Della Dartyan. (5)

(Tribunnewswiki.com/Ron)



Nama Anindyo Baskoro (Nino)
Lahir Jakarta, 21 November 1987
Pekerjaan Penyanyi, Produser, & Aktor
Grup Musik RAN
Instagram @ninokayam


Sumber :


1. www.google.com
2. m.kapanlagi.com
3. pophariini.com
4. www.medcom.id
5. www.wowkeren.com


Penulis: Ronna Qurrata Ayun
Editor: Putradi Pamungkas






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved