Wabah Covid-19, Turis dari Korea Selatan & 2 Negara Ini Dilarang Masuk Indonesia Mulai 8 Maret 2020

Covid-19 ditemukan di Indonesia, pemerintah Indonesia berlakukan larangan masuk dan trasit bagi wisman asal atau dari Korea Selatan, Iran, dan Italia.


zoom-inlihat foto
virus-coronaaaaa2.jpg
Kompas.com, Hai.Grid.id
Gambar mikroskop elektron transmisi menunjukkan coronavirus baru yang muncul dari permukaan sel manusia. Covid-19 ditemukan di Indonesia, pemerintah Indonesia berlakukan larangan masuk dan trasit bagi wisman asal atau dari Korea Selatan, Iran, dan Italia.


Covid-19 ditemukan di Indonesia, pemerintah Indonesia berlakukan larangan masuk dan trasit bagi wisman asal atau dari Korea Selatan, Iran, dan Italia.

TRIBUNNEWSWIKI.COM - Pemerintah memberlakukan larangan transit dan masuk bagi wisatawan mancanegara pasca-ditemukannya kasus Covid-19 di Indonesia.

Tak hanya itu, melonjaknya angka penderita di berbagai negara turut menyumbang alasan pemerintah memberlakukan peraturan tersebut.

Larangan transit dan masuk tersebut dikhususkan untuk para wisatawan / turis yang berasal atau seusai melakukan perjalanan di Korea Selatan, Iran dan Italia.

Dipilihnya ketiga negara tersebut berdasarkan data dari WHO yang menunjukkan ketiga negara tersebut menyumbang angka penderita Covid-19 terbanyak setelah China.

Baca: Virus Corona (Coronavirus)

Baca: Proaktif Tangani Virus Corona, Pemerintah Indonesia Siapkan 137 Rumah Sakit Rujukan Covid-19

Bentuk Virus Corona di dalam tubuh manusia yang dilihat melalui mikroskop canggih
Bentuk Virus Corona di dalam tubuh manusia yang dilihat melalui mikroskop canggih (Kompas.com)

Hal tersebut diperjelas oleh pernyataan Menteri Luar Negeri, Retno LP Marsudi, seperti yang diberitakan Kompas.comKamis (5/3/2020)

"Indonesia terus memantau laporan perkembangan virus Covid-19 di dunia yang dikeluarkan oleh WHO," jelas Retno dalam keterangan tertulis, Kamis (5/3/2020).

"Sesuai laporan terkini WHO, saat ini terdapat kenaikan signifikan kasus Covid di luar Tiongkok, terutama di tiga negara yaitu Iran, Italia, dan Korea Selatan," lanjutnya.

Oleh karena itu pemerintah melarang seluruh kedatangan, baik yang berasal maupun transit, dari beberapa kota di Iran, Italia, dan Korea Selatan dengan keterangan sebagai berikut:

  • Iran: larangan berlaku bagi turis yang tiba dari Teheran, Qom, dan Gilan;
  • Italia: larangan berlaku bagi mereka yang datang dari Lombardi, Vento, Emilia Romagna, Marche, dan Piedmont; dan
  • Korea Selatan: larangan transit dan masuk berlaku untuk turis yang berasal dari Kota Daegu dan Provinsi Gyeongsangbuk-do.

Tak hanya itu, larangan masuk atau transit ke Indonesia juga berlaku bagi pendatang atau travelers yang dalam 14 hari terakhir melakukan perjalanan di wilayah tersebut.

Meskipun demikian, kebijakan tersebut bersifat sementara dan akan dievaluasi sesuai dengan perkembangan situasi terkait wabah Covid-19.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (tengah) didampingi Menko PMK Muhadjir Effendy (kiri) dan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly (kanan) memberikan keterangan pers seusai menggelar rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu (2/2/2020). Pemerintah Indonesia memberlakukan larangan masuk ke Indonesia terhadap pendatang dari China daratan atau yang sudah berada di China daratan selama 14 hari dan melarang perjalanan Warga Negara Indonesia (WNI) ke China serta menghentikan kebijakan bebas visa kunjungan bagi warga negara China untuk mencegah masuknya Virus Corona ke Indonesia.
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (tengah) didampingi Menko PMK Muhadjir Effendy (kiri) dan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly (kanan) memberikan keterangan pers seusai menggelar rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu (2/2/2020). Pemerintah Indonesia memberlakukan larangan masuk ke Indonesia terhadap pendatang dari China daratan atau yang sudah berada di China daratan selama 14 hari dan melarang perjalanan Warga Negara Indonesia (WNI) ke China serta menghentikan kebijakan bebas visa kunjungan bagi warga negara China untuk mencegah masuknya Virus Corona ke Indonesia. ((KOMPAS/ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A))










KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2020 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved