FILM - Nacho Libre (2006)

Nacho Libre adalah film yang bercerita tentang kisah Fray Tormenta alias Pendeta Sergio Gutiérrez Benítez, seorang imam Katolik Meksiko yang memiliki karir 23 tahun sebagai Luchador bertopeng dan berkompetisi untuk menghidupi panti asuhan yang dia pimpin.


FILM - Nacho Libre (2006)
imdb.com
Film Nacho Libre (2006). 

Nacho Libre adalah film yang bercerita tentang kisah Fray Tormenta alias Pendeta Sergio Gutiérrez Benítez, seorang imam Katolik Meksiko yang memiliki karir 23 tahun sebagai Luchador bertopeng dan berkompetisi untuk menghidupi panti asuhan yang dia pimpin.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Nacho Libre adalah film drama komedi olahraga tahun 2006 asal Meksiko-Amerika yang disutradarai oleh Jared Hess dan ditulis oleh Jared, Jerusha Hess dan Mike White.

Diperankan Jack Black, film Nacho Libre bercerita tentang kisah Fray Tormenta alias Pendeta Sergio Gutiérrez Benítez, seorang imam Katolik Meksiko yang memiliki karir 23 tahun sebagai Luchador bertopeng dan berkompetisi untuk menghidupi panti asuhan yang dia pimpin.

Film Nacho Libre diproduseri oleh Black, White, David Klawans dan Julia Pistor.

Film Nacho Libre dirilis pada 16 Juni 2006 oleh Paramount Pictures.

Nacho Libre menuai reaksi beragam dari para kritikus dan meraup 99,3 juta dollar Amerika Serikat di box office seluruh dunia.

Baca: FILM - Mekah Im Coming (2020)

naco
Film Nacho Libre (2006).

  • Plot atau Sinopsis


Orang tua Ignacio adalah seorang misionaris Lutheran Skandinavia dan seorang diaken Meksiko, yang keduanya meninggal ketika Ignacio masih bayi.

Sekarang seorang juru masak untuk panti asuhan Oaxaca di mana dia dibesarkan, Ignacio bermimpi menjadi seorang luchador, tetapi gulat dilarang keras oleh biara karena itu adalah dosa kesombongan. Ignacio sangat memperhatikan anak-anak yatim dan mencintai mereka dengan sepenuh hati, tetapi makanannya mengerikan karena ia tidak mampu membeli bahan-bahan berkualitas. Dia juga bergumul dengan perasaannya terhadap Sister Encarnación, seorang biarawati yang mengajar di panti asuhan.

Suatu malam, ketika mengumpulkan sekantong keripik tortilla yang disumbangkan untuk anak-anak yatim, Ignacio dirampok dari keripik oleh pencuri jalanan bernama Steven. Setelah perkelahian antara keduanya, Ignacio memutuskan untuk mengabaikan aturan biara dan menjadi seorang luchador untuk menghasilkan uang. Dia meyakinkan Steven untuk bergabung dengannya dengan janji imbalan jika mereka menang, dan keduanya bergabung dengan kompetisi lokal sebagai mitra tag.

Ignacio mengubah namanya menjadi "Nacho" untuk menjaga kerahasiaan identitasnya, sementara Steven mengadopsi nama "Esqueleto" (Skeleton). Mereka dikalahkan di pertandingan pertama mereka, tetapi tetap dibayar, karena setiap pegulat berhak atas sebagian dari total pendapatan. Mereka terus bergulat setiap minggu, dengan Ignacio menggunakan gajinya untuk membeli dan menyiapkan makanan yang lebih baik untuk anak-anak yatim.

Meskipun kalah mereka menjadi populer dengan kerumunan karena keunikan mereka. Ignacio terbiasa kehilangan beberapa perkelahian, tetapi setelah beberapa saat, ia secara bertahap menjadi jengkel dengan kekalahan yang konsisten. Steven membawanya ke gipsi air yang menyuruh Ignacio naik ke sarang elang, membelah telur dan menelan kuning telur, mengklaim bahwa ia akan mendapatkan kekuatan elang.

Ignacio menyelesaikan tugas, tetapi masih kehilangan beberapa pertarungan berikutnya, membuatnya frustrasi. Dia meminta nasihat dari juara luchador Ramses, tetapi Ramses sia-sia dan tidak berminat untuk membantu calon pegulat.

Baca: FILM - The Host (2006)

film ncao
Film Nacho Libre (2006).

Rahasia Ignacio akhirnya terpapar ke seluruh biara ketika jubahnya terbakar di gereja, memperlihatkan kostum gulatnya.

Dia mengakui bahwa dia adalah Nacho dan memberi tahu mereka bahwa dia berniat bertarung di battle royale antara delapan luchadores untuk mendapatkan hak mengambil Ramses, dan hadiah uang tunai, yang akan dia gunakan untuk membeli bus untuk anak yatim. Tapi pegulat Silencio yang gerakan khasnya adalah melempar orang memenangkan pertandingan setelah menanduk Ignacio; Nacho berada di posisi kedua. Diasingkan dari biara, Ignacio pergi untuk tinggal di hutan belantara di dekatnya.

Keesokan paginya, Steven datang untuk memberitahunya bahwa Silencio telah terluka (oleh Steven) dan tidak bisa bertarung, yang berarti bahwa Nacho - sebagai finisher kedua - menerima hak untuk melawan Ramses. Ignacio dan Steven setuju untuk bergabung lagi. Malam itu, Ignacio mengirim pesan melalui Steven ke Encarnación, menjelaskan rencananya dan mengakui cintanya padanya.

Meskipun kesulitan awal, Nacho melakukannya dengan baik di pertandingan. Ketika kerumunan mulai mendukung Ignacio, Ramses resor untuk selingkuh. Nacho hampir dikalahkan - memang, dibiarkan terbuka - oleh Ramses, ketika Encarnación memasuki arena bersama anak-anak yatim. Dengan kegembiraan dan inspirasi, Nacho berdemonstrasi dan mengalahkan Ramses dengan teknik selam udara.

Ignacio menjadi pegulat profesional dan, sesuai dengan kata-katanya, membeli bus untuk anak yatim dengan uang hadiahnya. Film ditutup dengan Ignacio, Steven dan Sister Encarnación membawa anak-anak dalam kunjungan lapangan ke kota Monte Albán.

  • Trailer


Trailer film Nacho Libre (2006) :

  • Poster


Poster film Nacho Libre (2006) :

Poster film Nacho Libre (2006).
Poster film Nacho Libre (2006). (imdb.com)

  • Pemeran
    • Jack Black sebagai Ignacio / Nacho
    • Troy Gentile sebagai Young Ignacio
    • Ana de la Reguera sebagai Sister Encarnación
    • Héctor Jiménez sebagai Steven / Esqueleto
    • Raja Perak sebagai Ramses
    • Carla Jimenez sebagai Cándida
    • Richard Montoya sebagai Guillermo
    • Enrique Munoz sebagai Manajer Ramses
    • Moisés Arias sebagai Juan Pablo
    • Donald Chambers sebagai Silencio
    • Darius Rose sebagai Chancho
    • Peter Stormare sebagai Kaisar
    • Diego Eduardo Gomez sebagai Chuy
    • Human Tornado sebagai El Snowflake
    • Mascarita Dorada sebagai salah satu dari Los Duendes


  • Detail Produksi


Judul : Nacho Libre

Genre : Komedi

Rilis : 16 Juni 2006

Negara : Meksiko, Amerika Serikat, Jerman

Bahasa : Inggris

Sutradara : Jared Hess

Penulis cerita : Jared Hess, Jerusha Hess, Mike White

Produser : Jack Black, David Klawans, Julia Pistor, Mike White, Ricardo Del Río

Pemeran: Jack Black, Héctor Jiménez, Ana de la Reguera

Sinematografi : Javier Perez

Editor : Billy Weber

Perusahaan produksi/distributor : Nickelodeon Movies, Black & White, HH Films/Paramount Pictures

Durasi : 92 menit

Biaya : 35 juta dollar Amerika Serikat

Pendapatan : 99,3 juta Amerika Serikat

  • Pencapaian dan Kritik


Film Nacho Libre mendapatkan sambutan beragam dan sukses komersial dengan mendapatkan 99,3 juta Amerika Serikat. (1)

Di situs Rotten Tomatoes film ini memperoleh approval rating 40% dan peringkat rata-rata 5.1/10.

Kesimpulan dari Rotten Tomatoes menyatakan, “Kadang-kadang lucu, tetapi humor di film Nacho Libre  terkadang ofensif.” (2)

Metacritic memberi film ini dengan skor 52 berdasarkan 36 ulasan, yang mengindikasikan tinjauan beragam.

Menurut Roger Ebert dari Chicago Tribunne, “Diperlukan beberapa upaya untuk membuat komedi Jack Black yang tidak berhasil, tetapi Nacho Libre bisa melakukannya.” (3)

Sekuel dari film Nacho Libre belum terlaksana karena Paramamount belum berniat melanjutkan cerita lanjut film ini.

(Tribunnewswiki.com/Haris)



Judul Nacho Libre
Genre Komedi
Rilis 16 Juni 2006
Negara Meksiko, Amerika Serikat, Jerman
Bahasa Inggris
Sutradara Jared Hess
Penulis cerita Jared Hess, Jerusha Hess, Mike White
Produser Jack Black, David Klawans, Julia Pistor, Mike White, Ricardo Del Río
Pemeran Jack Black, Héctor Jiménez, Ana de la Reguera
Perusahaan produksi/distributor Nickelodeon Movies, Black & White, HH Films/Paramount Pictures
Durasi 92 menit
Biaya 35 juta dollar Amerika Serikat
Pendapatan 99,3 juta Amerika Serikat


Sumber :


1. boxofficemojo.com
2. www.rottentomatoes.com
3. www.rogerebert.com


Penulis: Haris Chaebar
Editor: Natalia Bulan Retno Palupi




ARTIKEL REKOMENDASI



KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2020 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved