PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) adalah sebuah BUMN Indonesia yang bergerak di bidang pariwisata.


PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)
itdc.co.id
PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) 

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) adalah sebuah BUMN Indonesia yang bergerak di bidang pariwisata.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) adalah sebuah BUMN Indonesia yang bergerak di bidang pariwisata.

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau ITDC berdiri dengan nama Bali Tourism Development Corporation (BTDC) yang mengelola area komersial Nusa Dua menjadi destinasi wisata dunia di Indonesia.

Saat ini PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) mendapatkan hak untuk mengelola Kawasan Pariwisata Nusa Dua, Bali dan Mandalika, Lombok.

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) beralamat kantor pusat di Menara BCA lantai 39 Jl. MH Thamrin No. 1, Jakarta Pusat, 10310 Indonesia.

Baca: PT Perkebunan Nusantara III (Persero)

  • Sejarah


PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero), yang biasa disebut sebagai Perusahaan Pengembangan Pariwisata Indonesia (ITDC), adalah perusahaan milik negara yang berspesialisasi dalam pengembangan dan pengelolaan kompleks pariwisata terintegrasi.

Selama lebih dari 45 tahun, ITDC telah memimpin andalannya, The Nusa Dua, sebuah kompleks wisata terkenal di dunia di Bali selatan, yang selama bertahun-tahun tetap menjadi tujuan wisata pulau yang paling diminati oleh banyak merek perhotelan kelas atas.

Nusa Dua dimulai pada tahun 1974 ketika ITDC mengambil alih apa yang merupakan daerah pantai yang tidak produktif dengan upaya menciptakan kawasan wisata mewah, yang akan terus menarik demografi kelas atas para pelancong internasional dan konvensi dan pameran skala besar, seperti Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018, diadakan di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) yang bergengsi.

Pengembangan The Nusa Dua, adalah proyek pariwisata pertama Bank Dunia untuk Indonesia, bertindak sebagai katalis untuk pariwisata Bali sambil memberikan orang Bali dan orang Indonesia di seluruh kepulauan yang legendaris ini dengan tolok ukur untuk tujuan masa depan.

Destinasi baru tersebut sekarang berjalan dengan baik berkat ITDC. Hari ini, ITDC telah lebih dipercayakan dengan pengembangan The Mandalika di sepanjang garis pantai selatan pulau tetangga Lombok, Bali.

Dengan keahliannya selama puluhan tahun sebagai pengembang pariwisata yang disegani, ITDC adalah organisasi ideal negara ini untuk proyek besar ini, yang telah dipuji sebagai tujuan catatan terintegrasi Indonesia berikutnya, dilengkapi dengan fasilitas dan daya tarik berstandar internasional yang diatur dalam budaya yang berbeda dan lingkungan alami yang tiada taranya.

Mandalika adalah contoh dari komitmen pemerintah Indonesia untuk industri pariwisata saat ini dengan tujuan untuk menjadi penghasil devisa negara yang tertinggi.

Bersamaan dengan pemerintah, ITDC adalah mitra yang cocok dengan pengalaman langsung hampir lima dekade, untuk menciptakan tujuan wisata yang direncanakan di seluruh negeri.

Dalam rangka usaha pengembangan Pariwisata Bali, Pemerintah dengan bantuan UNDP pada tahun 1971 memprakarsai sebuah studi tentang Pariwisata Bali yang dilaksanakan oleh SCETO, sebuah konsultan dari Prancis.

Kawasan Pariwisata Nusa Dua lahir karena kebutuhan objektif akan kamar yang bermutu, bagi wisatawan yang diperkirakan akan terus meningkat jumlahnya dari tahun ke tahun.

Salah satu dari rekomendasi studi tersebut, menyarankan agar di Bali dibangun lebih banyak hotel bertaraf internasional, untuk menampung wisatawan asing.

Pada waktu itu yaitu pada tahun 1975 di Bali, diperkirakan hanya ada 1800 kamar yang dibangun di Kuta dan Sanur, yang bertaraf Internasional, sedangkan menurut studi sampai tahun 1980 diperlukan sekitar 3800 – 4700 kamar hotel standard internasional.

Pola dasar rencana induk Pariwisata Bali, sebagaimana direkomendasikan tim SCETO adalah suatu pembangunan ekonomi, di mana taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat ditingkatkan tanpa mengorbankan nilai-nilai kebudayaan serta struktur sosial kehidupan masyarakat Bali dan lingkungan hidup.

Rekomendasi SCETO direspon Pemerintah Indonesia dengan mendirikan BTDC yang diberikan hak mengelola kawasan Nusa Dua melalui PP No 27 tahun 1972.

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) berkantor pusat di Menara BCA lantai 39 Jl. MH Thamrin No. 1, Jakarta Pusat.
PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) berkantor pusat di Menara BCA lantai 39 Jl. MH Thamrin No. 1, Jakarta Pusat. (sewakantor-update.com)

Baca: PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (Persero)

  • Visi, Misi dan Budaya


Visi PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) :

“Untuk menjadi Pengembang destinasi wisata kelas dunia..”

Misi PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) :

  • Mengembangkan destinasi wisata terpilih bekerja sama dengan Pemerintah dan masyarakat.
  • Mengembangkan sumber daya manusia yang berkualitas dalam manajemen destinasi.
  • Menjadikan ekuitas merek Perusahaan sebagai ikon promosi tujuan wisata Indonesia melalui kerja sama dengan lembaga internasional.
  • Bersinergi dengan BUMN lain dalam pengembangan destinasi pariwisata.

Nilai Korporat PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) :

  • FOKUS PELANGGAN

Memberikan layanan terbaik yang memenuhi atau melampaui harapan dan menambah nilai bagi pelanggan eksternal dan internal

  • INOVASI

Membuat peningkatan berkesinambungan dan menciptakan terobosan produk dan layanan baru untuk menyesuaikan tuntutan dinamika bisnis dan memberikan nilai tambah bagi perusahaan

  • PROFESIONAL

Bertanggung jawab untuk melakukan tugas dengan kompetensi terbaik dan komitmen tinggi untuk pencapaian tujuan perusahaan.

  • KERJASAMA TIM

Kolaborasi sinergis dengan antusiasme yang dapat dipercaya, saling menghormati dan mendukung untuk mencapai tujuan yang telah disepakati.

  • INTEGRITAS

Tim berperilaku paling jujur, memenuhi komitmen, dan bertindak secara konsisten dengan norma, kebijakan, dan kode etik perusahaan

Lini Bisnis PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) :

  1. Destinasi: Nusa Dua dan Mandalika
  2. Investor Aset
  3. Penyedia Utilitas
  4. Manajemen Destinasi
Sirkuit Mandalika, dikelola oleh PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC).
Sirkuit Mandalika, dikelola oleh PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC). (Kompas.com)

Baca: PT Perkebunan Nusantara II (Persero)

  • Struktur Organisasi


Dewan Komisaris PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) :

Presiden Komisaris

Dadang Rizki Ratman

Komisaris

Lalu Gita Ariadi

Ir. Zainal Mutaqin, MM

Komisaris Independen

Dr. Donny Aldian, SpM MARS

Direksi PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) :

Presiden Direktur

Abdulbar M Mansoer

Direktur Keuangan dan Strategi Pemasaran

Nusantara Suyono

Direktur Pengembangan

Edwin Darmasetiawan

Direktur Konstruksi dan Operasi

A A Ngurah Wirawan

(Tribunnewswiki.com/Haris)



Nama PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)
Alamat (pusat) Menara BCA lantai 39 Jl. MH Thamrin No. 1, Jakarta Pusat, 10310 Indonesia
Kontak Head Office (021) 8064 2791 / Nusa Dua Office (0361) 771010 / Mandalika Office (0370) 65027777
Jenis BUMN/Persero
Bidang/industri Pariwisata
Situs itdc.co.id
Direktur utama Abdulbar M Mansoer


Sumber :


1. itdc.co.id


Penulis: Haris Chaebar
Editor: Ekarista Rahmawati Putri






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2020 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved