PT Yodya Karya (Persero)

PT Yodya Karya (Persero) adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang bergerak di bidang konsultasi teknik konstruksi.


PT Yodya Karya (Persero)
yodyakarya.com
PT Yodya Karya (Persero) 

PT Yodya Karya (Persero) adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang bergerak di bidang konsultasi teknik konstruksi.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - PT Yodya Karya (Persero) atau Yodya Karya adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang bergerak di bidang konsultasi teknik konstruksi.

PT Yodya Karya (Persero)merupakan hasil nasionalisasi dari perusahaan N.V. Job & Sprey, beralamat di Jalan Cikini Raya No. 1, Jakarta Pusat.

Kegiatan utama PT Yodya Karya (Persero) pada waktu itu bergerak pada bidang jasa konsultasi untuk pekerjaan perencanaan dan pengawasan bangunan gedung.

PT Yodya Karya (Persero) beralamat kantor pusat di Jl. DI Panjaitan Kav 8, Cawang - Jakarta Timur 13340.

  • Sejarah


PT Yodya Karya (Persero) merupakan perusahaan konsultan perencana badan usaha milik negara (BUMN), hasil dari nasionalisasi perusahaan yang bergerak di bidang jasa konsultansi untuk pekerjaan perencanaan dan pengawasan bangunan gedung.

Didirikan pada tahun 1948 oleh Mr. Sprey, seorang berkebangsaan Belanda dan berkantor di Jalan Cikini Raya No. 1 - Jakarta Pusat.

Pada tanggal 16 April 1958, berdasarkan PP No. 23 tahun 1958, N.V. Job & Sprey dinasionalisasikan oleh Pemerintah Republik Indonesia.

Kemudian dikukuhkan dengan PP No. 39 tahun 1970 menjadi Perusahaan Negara, yaitu dengan nama resmi P.N. Yodya Karya.

Empat belas tahun kemudian, tepatnya tahun 1972, perusahaan tersebut berubah menjadi perusahaan perseroan (PT) yang dikukuhkan dengan Akte Notaris Djojo Muljadi, SH No. 62 Tanggal 15 Maret 1972.

Langkah ini diambil dengan tujuan untuk lebih mengembangkan diri dalam berkarya di bidang jasa konsultan perencanaan.

PT Yodya Karya (Persero) memulai usahanya dengan modal kerja Rp. 12.000.000 (dua belas juta rupiah). Pemegang saham tunggal perusahaan ini adalah Departemen Keuangan Republik Indonesia dengan penasehat teknis Departemen Pekerjaan Umum Republik Indonesia.

Bertepatan dengan itu, diangkat Ir. Machmud Ali sebagai Direktur Utama menggantikan Prof. Dr. Ir. R. Roosseno (Direktur Utama PN Yodya Karya).

Di bawah kepemimpinan Ir. Machmud Ali, PT Yodya Karya (Persero) semakin berkembang dan berhasil menambahkan aset perusahaan berupa sebidang tanah dan didirikan kantor perusahaan di Jalan D.I. Panjaitan Kav. 8, Cawang - Jakarta Timur.

Roda perjalanan perusahaan menunjukkan kemajuan dari waktu ke waktu. Mulai dari kepemimpinan Ir. Machmud Ali, Ir. Wonargo Martowirono (1991), Ir. Soebianto Imam Rahayu (1996), Aries Sirait SE. MBA (2002) Ir. Muhammad Basir, MM (2014).

Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 41, tahun 2003, tentang Pelimpahan Kedudukan , Tugas dan Kewenangan Menteri Keuangan pada Perusahaan Perseroan (Persero), Perusahaan Umum (Perum) dan Perusahaan Jawatan (Perjan), maka sejak tanggal 14 Juli 2003 PT Yodya Karya (Persero) pengelolaannya dilimpahkan kepada Kementerian Negara Badan Usaha Milik Negara.

Pada tahun 2014 Menteri BUMN menunjuk / mengangkat Ir. Colbert Thomas Pangaribuan, MM sebagai Direktur Utama PT Yodya Karya (Persero) dibantu oleh Jusarwanto, SE, Ak. sebagai Direktur I dan Ir. Mohammad Ali Khairudin, Sp1 sebagai Direktur II , berdasarkan Surat Keputusan Meneg BUMN No. KEP-129/MBU/2008 tanggal 24 Juni 2008, tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota-Anggota Direksi Perusahaan Perseroan (Persero) PT Yodya Karya dan Keputusan menteri BUMN no. Kep-190/MBU/2014 tanggal 22 September 2014 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Direktur Utama PT Yodya Karya (Persero).

Di bawah kepemimpinan Ir. Colbert Thomas Pangaribuan, MM, perusahaan tetap mengembangkan bidang usaha Jasa Konsultansi untuk pekerjaan mulai Survei, Perancangan dan Perencanaan, Manajemen Proyek, Manajemen Konstruksi, Pengawasan/ Perencanaan pada Bidang Engineering maupun Bidang Jasa Non Konstruksi.

Gerak langkah PT Yodya Karya (Persero) tidak berhenti disitu saja. Sejak tahun 1980 perusahaan memutuskan untuk mengembangkan bidang usahanya pada bidangbidang enjiniring yang wawasannya lebih luas.

Dengan pengelolaan yang professional dari pihak manajemen serta didukung penuh oleh tenaga ahli yang handal, PT Yodya Karya (Persrero) menjadi salah satu perusahaan jasa konsultan yang cukup dikenal dan berkualitas di bidang: Pembangkit Listrik Tenaga Air, Jaringan Transmisi dan Distribusi Listrik, Jalan Raya, Jalan Toll, Jembatan, Lapangan Terbang, Pelabuhan Laut beserta prasarananya, Jalan Kereta Api, Pencetakan Sawah dan Irigasi Pertanian serta Irigasi lainnya, Pengembangan daerah rawa, tambak beserta prasarananya, Perencanaan Pengembangan Kota, Wilayah dan Daerah, Pengembangan Prasarana Kota dan Pedesaan (Air Bersih, Drainase, Limbah, Sampah, Jalan Kota / Desa, Prasarana Pemukiman dan Pasar), Pengembangan Kawasan Pemukiman dan Rekreasi, Analisa mengenai dampak lingkungan, Pelatihan Lapangan dan Laboratorium untuk MekanikaTanah, beton dan geoteknik, Penelitian dan Pengembangan Teknologi, Konsultansi Bidang Industri Jasa Konstruksi dan Quality Assurance.

Kemajuan perusahaan selama ini didukung oleh Kondisi hubungan kerja yang baik dengan sejumlah Pemberi Tugas, disertai dengan pelayanan teknis dan administratif yang profesional.

Hal ini tampak dengan semakin dipercayanya PT Yodya Karya (Persero) menangani proyek-proyek monumental, baik proyek-proyek-proyek pemerintah maupun proyek-proyek swasta.

Dalam melaksanakan tugasnya, perusahaan bekerja sendiri maupun bekerjasama dengan perusahaan asing, apakah itu sebagai "leading firm" maupun sebagai "associated firm".

Pekerjaan yang ditangani diantaranya di bidang Tata Kota dan Sanitasi, Bangunan Kantor dan Industri, Daya dan Energi Listrik, Irigasi dan Pelabuhan.

Dalam kerjasamanya dengan Konsultan Asing PT Yodya Karya (Persero) telah bekerjasama dengan perusahaan Asing dalam proyeknya sebagai berikut : Jerman, Belanda, Amerka Serikat, Korea, Australia, Philipina, Hongkong, Swiss, Selandia Baru, Jepang, Perancis, Inggris, Italia dan Denmark

PT Yodya Karya (Persero) terus berkembang dengan tetap berpegang pada core bisnisnya, yaitu Jasa Konsultansi untuk pekerjaan mulai Survei, Perancangan dan Perencanaan, Manajemen Proyek, Manajemen Konstruksi, Pengawasan pada Bidang Engineering maupun Bidang Non Engineering.

Didukung pula dengan keberadaaan Tenaga Ahli Profesional dan Peralatan yang mengikuti perkembangan Teknologi serta berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan memuaskan serta dapat dapat dipertanggung jawabkan.

Baca: PT. Surveyor Indonesia (Persero)

Baca: PT. Garam (Persero)

Kantor Jl. DI Panjaitan Kav 8, Cawang - Jakarta Timur 13340.
Kantor Jl. DI Panjaitan Kav 8, Cawang - Jakarta Timur 13340. (olx.co.id)

  • Visi dan Misi


Visi PT Yodya Karya (Persero) :

"Menjadi Perusahaan Konsultan Enjiniring Yang Handal"

Misi PT Yodya Karya (Persero) :

  • Menyediakan produk jasa konsultan Enjiniring yang bermutu tinggi berbasis teknologi dengan layanan terbaik bagi pelanggan
  • Membangun citra dan mengembangkan profesionalisme usaha berdasarkan Good Corporate Governance dan standar sistem manajemen internasional (ISO, OHSAS, SMK3, SNI, COSO dan MBCfPE)
  • Memberikan manfaat dan nilai tambah kepada pemegang saham, karyawan dan masyarakat sekitar

  • Semoboyan dan Budaya


Moto PT Yodya Karya (Persero) :

"Datang dengan Solusi"

Dengan semboyan/slogan tersebut, diharapkan perusahaan terus tumbuh dan berkembang sejalan dengan Visi dan Misi Perusahaan.

Budaya Perusahaan PT Yodya Karya (Persero) :

I WIN'S

  • I=Integrity

Integritas, mengedepankan kejujuran, spiritual, komitmen dan bermartabat.

Menyampaikan data atau informasi secara transparan, tepat waktu dan benar.

Tidak menyalahgunakan jabatan, wewenang dan aset perusahaan.

Obyektif dalam memandang atau menilai setiap masalah dan berlaku adil dalam melaksanakan kewajiban dan hak.

Berani menyampaikan dan menerima pendapat.

  • W=Winning Spirit

Semangat untuk menang, pantang menyerah dan berjiwa militansi.

Insan Yodya Karya mempunyai semangat untuk menang dalam segala kondisi. Berjiwa militansi dalam mengerjakan pekerjaan, dan menjalankan aktifitas di setiap lini.

Memiliki daya juang yang tinggi dan semangta pantang menyerah.

Menyerahkan seluruh potensi dan daya upaya dalam mengemban tugas dan tanggung jawab.

Memanfaatkan setiap peluang dan mengendalikan setiap resiko.

  • I=Innovation

Inovasi, kreatif dan mampu menciptakan sesuatu yang baru.

Insan Yodya Karya selalu mempunyai inovasi-inovasi dalam bekerja dengan menciptakan sesuatu yang baru dalam setiap langkah pekerjaannya.

Menjadi insan pembelajar yang mandiri serta aktif menyumbangkan pikiran untuk kemajuan perusahaan.

Proaktif mengidentifikasikan potensi dan mencegah timbulnya masalah serta mampu menemukan solusi efektif dan efisien.

Mampu meningkatkan kualitas produk dan layanan melalui penyumbangan teknologi dan metode yang unggul.

  • N=Nascent

Pembaharuan menuju lebih baik.

Selalu melakukan pembaharuan untuk tujuan yang lebih baik bagi perusahaan.

  • S=Smart

Kecerdasan spiritual, intelektual dan emosional.

Bekerja dengan cerdas, konsep yang jelas, sistematis dan terukur dengan berpedoman kepada Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) serta Rencara Kerja Jangka Panjang Perusahaan (RJPP).

Berperilaku hemat untuk memperoleh sebesar-besarnya keuntungan bagi perusahaan dengan memperhitungkan cost/benefit dalam setiap tindakan.

Memiliki komitmen terhadap keberhasilan unit kerja nya sendiri dan unit kerja lain untuk pencapaian target perusahaan

  • Struktur Organisasi


Dewan Komisaris PT Yodya Karya (Persero) :

Komisaris Utama

IR. Adang Saf Ahmad, CES

Komisaris Independen

Marojahan Budiman Napitupulu, SE

Dewan Direksi PT Yodya Karya (Persero) :

Direktur Utama

Ir. Colbert Thomas Pangaribuan, MM.

Direktur

Ir. Delta Hatmantari S.

Struktur organisasi PT Yodya Karya (Persero) :

sttukturr
Struktur organisasi PT Yodya Karya (Persero).

(Tribunnewswiki.com/Haris)



Nama PT Yodya Karya (Persero)
Alamat (pusat) Jl. DI Panjaitan Kav 8, Cawang - Jakarta Timur 13340
Kontak (021) 819 4038, Fax. (021) 819 3519
Email kantorpusat@yodyakarya.com
Jenis BUMN/Persero
Bidang/industri Konstruksi
Situs yodyakarya.com
Direktur utama Ir. Colbert Thomas Pangaribuan, MM.


Sumber :


1. yodyakarya.com


Penulis: Haris Chaebar
Editor: Putradi Pamungkas






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2020 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved