FILM - Dinosaur (2000)

Film Dinosaur adalah film animasi ke-39 garapan Walt Disney.


FILM - Dinosaur (2000)
imdb.com
Film Dinosaur (2000) 

Film Dinosaur adalah film animasi ke-39 garapan Walt Disney.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Dinosaur adalah film petualangan animasi CGI tahun Amerika Serikat yang diproduksi oleh Walt Disney Feature Animation and The Secret Lab.

Film Dinosaur merupakan film animasi Disney ke-39.

Film Dinosaur bercerita tentang Iguanodon muda yang diadopsi dan dibesarkan oleh keluarga lemur di pulau tropis.

Setelah selamat dari hujan meteor yang menghancurkan, keluarga itu pindah ke rumah baru mereka dan berteman dengan kawanan dinosaurus di sepanjang jalan saat dalam perjalanan ke "Nesting Grounds".

Film Dinosaur dirilis pada 19 Mei 2000 untuk tinjauan beragam dari kritikus film yang memuji animasi dan soundtrack, tetapi mengkritik cerita karena kurangnya orisinalitas.

Film ini meraup lebih dari 349 juta dollar Amerika Serikat di seluruh dunia, menjadi film terlaris kelima pada tahun 2000.

Baca: FILM - The Dinosaur Project (2012)

Baca: FILM - The Man with the Iron Fists 2 (2015)

Dinosaur (2000)
Film Dinosaur (2000).

  • Plot atau Sinopsis


Di tempat pengembangbiakan, Carnotaurus memicu penyerbuan yang memaksa seorang ibu Iguanodon untuk meninggalkan sarangnya.

Satu perjalanan telur yang bertahan melalui beberapa medan sebelum mendarat di pulau yang jauh dihuni oleh lemur prasejarah.

Plio, putri pemimpin mereka, Yar, menamai bayi yang telah menetas Aladar dan membesarkannya sebagai putra angkatnya, meskipun Yar keberatan awal.

Bertahun-tahun kemudian, Aladar yang sudah dewasa dan lemur mengambil bagian dalam ritual perkawinan, di mana temannya Zini tidak dapat mencapai pasangan.

Beberapa saat setelah ritual berakhir, mereka terputus ketika meteor raksasa menabrak Bumi, menciptakan tsunami eksplosif yang menghancurkan pulau dan memusnahkan semua lemur.

Namun, Aladar, bersama dengan lemur, melarikan diri dan bertahan hidup dengan melompat melintasi laut menuju daratan.

Mereka melihat kembali ke rumah mereka yang hancur dan berduka karena kehilangan orang-orang yang mereka cintai sebelum memutuskan untuk pindah.

Saat melintasi daerah terlantar yang sepi, kelompok itu diserang oleh sekelompok Velociraptors.

Setelah melarikan diri dari mereka, keluarga bertemu kawanan dinosaurus besar yang dipimpin oleh dua Iguanodon bernama Kron, yang adalah pemimpin mereka, dan letnannya Bruton, yang sedang dalam perjalanan ke "Nesting Grounds".

Setelah istirahat kawanan untuk malam itu, Aladar dan lemur berteman dengan Baylene, seorang Brachiosaurus tua; temannya Eema, seorang Styracosaurus; dan Url, anjing peliharaannya yang mirip Ankylosaurus.

Keesokan paginya, kawanan mencapai danau yang tampaknya kering yang telah mereka andalkan untuk perjalanan masa lalu.

Kron memerintahkan kawanan untuk melanjutkan sampai Aladar dan teman-temannya menemukan air di bawah permukaan, sehingga menyelamatkan kawanan dari dehidrasi.

Malamnya, saudara perempuan Kron, Neera, terkesan oleh Aladar, mulai menjalin hubungan dengannya.

Baca: FILM - Chhapaak (2020)

Baca: FILM - S.W.A.T.: Firefight (2011)

film Dinosaur (2000)Dinosaur (2000)Dinosaur (2000)
Film Dinosaur (2000).

Sementara itu, dua Carnotaurus mengikuti jejak kawanan dan mulai memburu mereka untuk makanan.

Bruton dan Iguanodon mencari air, tetapi diserang oleh Carnotaurs. Bruton berhasil melarikan diri, tetapi pengintai itu terbunuh.

Bruton memperingatkan Kron, di mana ia mengevakuasi kawanan, meninggalkan Aladar, lemur dan dinosaurus tua di belakang sementara Carnotaurs sedang mengejar.

Saat badai malam, kelompok itu bertemu Bruton, yang ditinggalkan oleh Kron, sebelum berlindung di sebuah gua.

Tak lama setelah itu, Carnotaurus memasuki gua dan menyerang kelompok itu, tetapi Bruton mengorbankan dirinya saat ia bertarung melawan dinosaurus.

Aladar dan teman-temannya melarikan diri dan menjelajah lebih dalam ke gua, tetapi entah bagaimana mencapai jalan buntu.

Mereka menghancurkan jalan buntu dan tiba di Nesting Grounds di sisi lain. Saat menjelajah, Eema menemukan tembok besar batu-batu besar yang menghalangi pintu masuk asli ke lembah.

Menyadari bahwa kawanan itu tidak akan pernah berhasil, Aladar bergegas pergi sendirian untuk menyelamatkan mereka, meskipun ia dikejar oleh Carnotaurus di sepanjang jalan.

Aladar segera menyusul dengan Kron, Neera, dan kawanan dan menyarankan cara yang lebih aman ke lembah, tetapi Kron egois menolak untuk mendengarkan.

Kron kehilangan kesabaran dan serangannya, tetapi Neera menghentikan saudaranya membunuh Aladar dan datang untuk membantu yang terakhir.

Kawanan itu akhirnya berbalik melawan Kron dan meninggalkannya, memutuskan untuk membiarkan Aladar membawa mereka ke Nesting Grounds dengan cara yang lebih aman.

Ketika mereka bersiap untuk pergi, Aladar, Neera, dan kawanan menemukan diri mereka terpojok oleh Carnotaurus.

Namun, Aladar menggalang Neera dan kawanan untuk berdiri bersama dan mereka kembali melawan predator. Namun, Carnotaurus mengejar Kron yang mencoba memanjat tebing.

Ketika Kron mencapai setetes, ia menyadari bahwa Aladar benar dan mencoba membela diri melawan Carnotaurus.

Saat bersiap untuk menghabisi Kron, Neera menyelamatkan kakaknya, tetapi dengan cepat kewalahan. Aladar bertarung melawan Carnotaurus sampai tebing di bawahnya pecah, membuat theropod anjlok hingga mati. Kron meninggal karena lukanya.

Sekarang sebagai pemimpin baru, Aladar memimpin kawanan ke Nesting Grounds. Beberapa waktu kemudian, generasi baru dinosaurus menetas dan di antaranya adalah anak-anak Aladar dan Neera.

Lemur menemukan lebih banyak jenisnya dan kelompok semua memulai kehidupan baru bersama di rumah baru mereka.

  • Trailer


Trailer film Dinosaur (2000) :

  • Poster


Poster film Dinosaur (2000) :

Poster film Dinosaur (2000).
Poster film Dinosaur (2000). (imdb.com)

  • Pengisi suara
    • D. B. Sweeney sebagai Aladar
    • Alfre Woodard sebagai Plio
    • Ossie Davis sebagai Yar
    • Max Casella sebagai Zini
    • Evan Sabara sebagai Young Zini
    • Hayden Panettiere sebagai Suri
    • Samuel E. Wright sebagai Kron
    • Julianna Margulies sebagai Neera
    • Peter Siragusa sebagai Bruton
    • Joan Plowright sebagai Baylene
    • Della Reese sebagai Eema


  • Detail Produksi


Judul : Dinosaur

Genre : Petualangan animasi

Rilis : 19 Mei 2000

Negara : Amerika Serikat

Bahasa : Inggris

Sutradara : Ralph Zondag, Eric Leighton

Penulis cerita: John Harrison, Robert Nelson Jacobs

Produser : Pam Marsden

Pengisi suara : D. B. Sweeney, Alfre Woodard, Ossie Davis, Max Casella, Hayden Panettiere, Samuel E. Wright, Julianna Margulies, Peter Siragusa, Joan Plowright, Della Reese

Musik : James Newton Howard

Sinematografi : David Hardberger, S. Douglas Smith

Editor : H. Lee Peterson

Perusahaan produksi/Distributor : Walt Disney Pictures, Walt Disney Feature Animation, The Secret Lab/Buena Vista Pictures

Durasi : 82 menit

Biaya: 127,5 juta dollar Amerika Serikat

Pendapatan : 349,8 juta dollar Amerika Serikat (1)

  • Pencapaian dan Kritik


Film Dinosaur mendapat ulasan beragam dan sukses secara komersial.

Di situs Rotten Tomatoes, film Dinosaur memiliki approval rating 64% berdasarkan 123 ulasan dengan skor rata-rata 6.1/10.

Kesimpulan dari Rotten Tomatoes berbunyi: "Meskipun plot Dinosaur bersifat generik dan membosankan, animasi komputer yang memukau dan latar belakang yang terperinci sudah cukup untuk membuat film ini layak dilihat." (2)

Pada situs Metacritic, film Dinosaur memiliki skor rata-rata 56 dari 100, berdasarkan 32 kritik, menunjukkan review beragam. (3)

Roger Ebert memberi film Dinosaur dengan tiga bintang dari empat, memuji visualnya yang luar biasa tetapi mengkritik keputusan untuk membuat adegan binatang berbicara, yang ia merasa menjadikan film tersebut tak realistis. (4)

Mark Caro dari Chicago Tribune menulis: "Dinosaur ini cukup mudah untuk diikuti, dan layarnya tidak pernah membosankan. Tetapi untuk sebuah cerita yang terjadi sekitar 65 juta tahun yang lalu, Dinosaur sangat bergantung pada bagian-bagian daur ulang baru." (5)

(Tribunnewswiki.com/Haris)



Judul Dinosaur
Genre Petualangan animasi
Rilis 19 Mei 2000
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Sutradara Ralph Zondag, Eric Leighton
Penulis cerita John Harrison, Robert Nelson Jacobs
Produser Pam Marsden
Pengisi suara D. B. Sweeney, Alfre Woodard, Ossie Davis, Max Casella, Hayden Panettiere, Samuel E. Wright, Julianna Margulies, Peter Siragusa, Joan Plowright, Della Reese
Perusahaan produksi/distributor Walt Disney Pictures, Walt Disney Feature Animation, The Secret Lab/Buena Vista Pictures
Durasi 82 menit
Biaya 127,5 juta dollar Amerika Serikat
Pendapatan 349,8 juta dollar Amerika Serikat


Sumber :


1. www.boxofficemojo.com
2. www.rottentomatoes.com
3. www.metacritic.com
4. www.rogerebert.com
5. www.chicagotribune.com


Penulis: Haris Chaebar
Editor: Ekarista Rahmawati Putri




ARTIKEL REKOMENDASI



KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2020 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved