Erupsi Gunung Berapi Taal Filipina, Ribuan Warga Dievakuasi, Ada Potensi Tsunami

Gunung Berapi Taal di Filipina mengalami Erupsi yang menyebabkan ledakan awan panas dengan tinggi sekitar 65 kilo meter.


zoom-inlihat foto
erupsi-gunung-taal-filipina.jpg
Aaron Favila/Asosiasi Press Filipina
Gunung Berapi Taal di Filipina mengalami Erupsi, ribuan warga Filipina melakukan Evakuasi


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Gunung Taal di Filipina mengeluarkan gumpalan abu panas yang sangat besar hari Minggu, (12/1/2020).

Gunung Taal, gunung berapi ke-2 paling aktif di Filipina, mengalami erupsi setinggi 65 kilometer di sebelah selatan Filipina.

Erupsi gunung berapi ini berpotensi menyebabkan 52 gempa bumi dan keluarnya abu vulkanik di beberapa wilayah di Filipina.

Ledakan asap panas yang keluar dari gunung api ini menyebabkan beberapa wilayah mengalami getaran tanah yang kuat di sekitar gunung berapi dan di daerah kota Agoncillo, Provinsi Batangas, Filipina.

Suara ledakan dari Gunung Berapi Taal juga terdengar sampai ke pemukiman warga di daerah bawah gunung berapi.

Baca: Waspada Erupsi Gunung Berapi, Ini Langkah yang Harus Kamu Ketahui Saat Terjadi Letusan

Baca: Hari Ini dalam Sejarah: Gempa dan Tsunami di Jepang, Tewaskan 5.233 dan Sebabkan Kebakaran Besar

Dikutip dari New York Times, Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina menaikkan level bahaya Gunung Berapi Taal dari skala 4 ke skala 5 yang mengindikasikan akan adanya erupsi besar yang akan datang dari gunung berapi tersebut.

Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina memperingatkan terjadinya erupsi yang akan menyebabkan tsunami, mereka juga menghimbau warga di sekitar gunung berapi melakukan tindakan pencegahan akan adanya gelombang besar dari danau di sekitar gunung berapi.

Sekitar 6000 orang yang tinggal di pulau di dekat Gunung Berapi Taal dievakuasi menggunakan kapal ke daerah yang lebih aman di Batangas, Minggu pagi.

Sekitar sepuluh ribu warga diperintahkan untuk melakukan evakuasi dari area berbahaya, Ikatan Pers Filipina melaporkan bahwa tidak ada laporan kerusakan atau korban yang luka-luka akibat erupsi Gunung Taal.

Pihak berwenang dari Bandara Internasional Manila melaporkan bahwa penerbangan dari dan ke Filipina untuk sementara di tutup karena adanya Erupsi dari Gunung Taal.

Penerbangan sementara ditutup akibat adanya awan panas yang besar dari Gunung Taal yang terlihat di sekitar bandara dan di sekitar rute penerbangan.

Erupsi Gunung Taal
Awan panas setinggi 65 km yang terjadi setelah terjadinya Erupsi Gunung Taal, Filipina.

Evakuasi yang terjadi akibat Erupsi Gunung Taal melibatkan sekitar 200.000 warga.

Pemerintah untuk sementara memerintahkan sekolah, kantor-kantor pemerintahan, kantor bisnis dan para pedagan untuk tutup.

Senin pagi (13/1/2020)  Badan Penanggulangan dan Pencegahan Resiko Bencana Filipina melaporkan bahwa aktifitas Gunung Berapi Taal yang erupsi bisa menyebabkan 52 gempa vulkanik.

Gunung Berapi Taal merupakan gunung berapi paling aktif ke-2 di Filipina dan juga gunung yang menarik wisatawan.

Filipina juga dikenal sebagai negara yang rawan dilanda bencana di dunia, bahkan Filipina sering diserang oleh 20 angin topan pertahunnya.

Filipina mendapat julukan negara paling sering dilanda bencana karena keberadaannya di Lingkaran Api Pasifik (Pasific Ring of Fire) yang merupakan daerah rawan gempa bumi dan letusan gunung berapi yang mengelilingi cekungan Samudra Pasifik. (TribunnewsWiki.com/Restu)





ARTIKEL REKOMENDASI



KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2023 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved